Sistem Pendidikan Pesantren Modern Studi Kasus Pendidikan Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo

Moh. Ismail

Abstract


Pendidikan sebagai usaha meningkatkan kualitas hidup manusia baik secara
lahiriyah maupun bathiniyah, individu maupun sosial harus dilandaskan pada
sistem yang terencana dengan baik dan diikuti dengan penerapan kurikulum
yang tepat dan benar. Hal itu dimaksudkan agar tercapai tujuan pendidikan
yang diinginkan dan sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu
keberasilan proses pendidikan sangat tergantung pada kurikulum yang
digunakannya, walaupun tidak menampik pentingnya peranan aspek-aspek
pendidikan yang lainnya.
Mengingat peranan kurikulum dalam sebuah sistem pendidikan begitu
vital, maka setiap lembaga pendidikan harus mampu menerapkan serta
mensistematikan suatu bentuk kurikulum yang dinilai mampu membawa kepada
suatu kondisi pendidikan yang ideal. Kondisi yang menggambarkan hakekat
tujuan pendidikan yang sebenarnya dalam membentuk individu yang
berkemampuan secara intelektual, skill dan moral serta mampu menunjukkan
eksistensinya sebagai sebuah lembaga pendidikan yang mampu bertahan di setiap
perkembangan zaman tanpa harus melepas identitas aslinya sebagai lembaga
pendidikan yang konsisten menjaga tradisi-tradisi lama.


Keywords


Pesantren, Modern, Kurikulum, kurikulum tersembunyi, Profesionalisme, Guru

Full Text:

DOWNLOAD


DOI: http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v6i1.553

Article Metrics

Abstract view : 141 times
DOWNLOAD - 390 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.