Implementation of Face-to-Face Model in The Learning of Islamic Education During the Covid-19 Pandemic in Mts. Nurul Mannan Jember.

Authors

  • Ahmad Halid Universitas Islam Jember
  • Sakinatus Saniyyah

DOI:

https://doi.org/10.21111/educan.v6i1.6679

Keywords:

periodic face-to-face model and PAI learning

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of periodic face-to-face learning carried out during the COVID-19 pandemic as a way out of the ineffectiveness of online learning conducted previously in MTs. Nurul Mannan, Sukogidri Village, Ledokombo District, Jember Regency. And the research method used is descriptive qualitative with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of the study show that the regular face-to-face strategy is effective as an option for madrasas whose facilities and infrastructure do not support online learning, of course, while still complying with the health protocols recommended by the government.Of course, it is balanced with the efforts of educators in choosing the right method in order to achieve the desired learning objectives.

References

Abdul Wasik, Guru PAI MTs Nurul Mannan, Wawancara pada tanggal 18 Maret 2021 Akhiruddin, dkk. .Belajar dan Pembelajaran, (Gowa: CV. Cahaya Bintang Cemerlang. 2019) Aria Septi Anggaira. Integrasi Keilmuan dalam Menyongsong Merdeka Belajar.Tulungagung:Akademia Pustaka. Cetakan I. 2021 Arief S. Sadiman. Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan,dan Pemanfaatan. Jakarta : Rajawali.1990. Bening Wismawarin.25 September 2020.Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi, Solusi atau Masalah? (Online), Diakses 23 Agustus 2021. https://iap2.or.id/pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-solusi-atau-masalah/ Cepi Riyana. Kurikulum Pembelajaran. Diakses pada 29 Juli 2021. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196209061986011-AHMAD_MULYADIPRANA/PDF/Komponen_Pembelajaran.pdf Codemi Publication. Mengenal Ragam Metode Pembelajaran Online.25 Mei 2021. https://codemi.co.id/mengenal-ragam-metode-pembelajaran-online/ Gamal Thabroni, 19 Februari 2021. Evaluasi Pembelajaran, Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, dsb. Diakses 30 Agustus 2021. https://serupa.id/evaluasi-pembelajaran/ Haidir Dan Salim. Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif).Cetakan II. Medan: Perdana Publishing.2014 Helmi A. Khalili. “Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Nurul Mannan Desa Sukogidri Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018”, (Tesis, IAIN Jember, Jember, 2018) https://kbbi.kemdikbud.go.id/ Implementasi, KBBI daring, diakses pada 25 Agustus 2021. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/implementasi Kompasiana, 1 Juni 2021. Belajar Tentang Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Diakses 30 Agustus 2021. https://www.kompasiana.com/muhammad16813/60b62951d541df3ba81adb72/belajar-tentang-evaluasi-dan-penilaian-pembelajaran Lale Gadung Kembang, “Perbandingan Model Pembelajaran Tatap Muka Dengan Model Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Hasil Belajar Mata Pelajaran Ski (Studi Pada Siswa Kelas Viii) Mts Darul Ishlah Ireng Lauk Tahun Pelajaran 2019/2020” , (Tesis, UIN Mataram, Mataram,2020). Pintek, 12 Juli 2021. Aturan Metode Pembelajaran Tatap Muka dari Kemendikbud di Ajaran Baru 2021/2022!. Diakses 30 Agustus 2021. https://pintek.id/blog/metode-pembelajaran/ Pupu Saiful Rahmat. Strategi Belajar Mengajar. Urabaya:Scopindi Media Pustaka.2019 Rudi Ahmad Suryadi. 2018. Ilmu Pendidikan Islam.Cetakan I:Yogyakarta.DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV.BUDI UTAMA). Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2002), Sulihin Mustofa, dkk. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMA. Jakarta Selatan:2021 Taufiqur Rahman. Aplikasi Model-Model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang:CV.PILAR NUSANTARA.Cetakan I.2018 Tian Belawati. Pembelajaran Online. Cetakan I. (Banten:Universitas Terbuka, 2019) Zakky, “Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli, KBBI dan Secara Umum” 27 Agustus 2018. https://www.zonareferensi.com/pengertian-implementasi/ Zona Literasi.id. 5 rambu-rambu penyelenggaraan PTM terbatas dari Kemendikbudristek. 11 Agustus 2021. Diakses pada 30 Agustus 2021. https://zonaliterasi.id/5-rambu-rambu-penyelenggaraan-ptm-terbatas-dari-kemendikbudristek/

Downloads

Published

2022-01-08

How to Cite

Halid, A., & Saniyyah, S. (2022). Implementation of Face-to-Face Model in The Learning of Islamic Education During the Covid-19 Pandemic in Mts. Nurul Mannan Jember. EDUCAN : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.21111/educan.v6i1.6679