Policy Analysis of Islamic Education Curriculum in the Character Formation of Islamic

Authors

  • Rohmawati Itsnatun Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Fery Diantoro Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21111/educan.v6i1.6815

Keywords:

Kurikulum, PAI, Karakter Islami

Abstract

Artikel ini membahas tentang analisis kebijakan kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter islami yang dilatarbelakangi oleh pergeseran moral atau karakter anak di era milenial ini, pendidikan karakter islami sangat dibutuhkan peserta didik selama proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kebijakan kurikulum Pendidikan Agama Islam, bagaimana pembentukan karakter islami pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori analisis deskriptif. Adapun hasil yang didapat bahwa pergeseran moral di negara ini perlu perhatian khusus dari berbagai pihak termasuk lembaga pendidikan. Pendidikan karakter merupakan suatu usaha pendidik dalam menanamkan nilai-nilai moral dan akhlak yang baik dengan tujuan peserta didik dapat mengimplentasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan pada hakikatnya adalah memanusiakan manusia menjadi lebih baik, dengan melalui kebijakan kurikulum Pendidikan Agama Islam sekolah berperan penting dalam pembentukan karakter islami peserta didik. Oleh karena itu, pembentukan karakter islami tidak dapat dipisahkan dari kurikulum Pendidikan Agama Islam. Kurikulum merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan pendidikan serta pedoman dalam melaksanakan pembelajaran. Karakter islami tersebut adalah karakter religius, jujur, peduli sekitar, berjiwa sosial dan lain sebagainya. Selama proses pembelajaran pendidikan karakter ini perlu dibiasakan misalnya masuk ke dalam kelas mengucapkan salam, berdoa sebelum belajar dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh pendidik.

References

Ainiyah, Nur, dan Nasar Husain Hadi Pranata Wibawa. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ulum vol 13, no. 1 (2013). Anwar, Syaiful, dan Agus Salim. “Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Bangsa Di Era Milenial.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam vol 9, no. 2 (2018). Arif, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2002. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002. Daulay, Haidar Putra. Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2009. Dirman. Karakteristik Peserta Didik Dalam Rangka Implementasi Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014. Fauzan, Ayup Lateh, dan Fatkhul Arifin. “Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Indonesia Dan Thailand ‘Studi Kebijakan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum 2008 Di Tingkat SMA.’” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam vol 14, no. 2 (2019). Fitri, Agus Zainal. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam dari Normatif-Filosofis ke Praktis. Bandung: Alfabeta, 2013. Gunawan, Heri. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta, 2012. Gunawan, Iman. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2013. Hermawan, Iwan. “Konsep Nilai Karakter Islami Sebagai Pembentuk Peradaban Manusia.” SAJIEM Vol 1, no. 2 (2020). Hidayat, Ahmad Wahyu. “Studi Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Model Kurikulum 2013.” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman vol 6, no. 2 (2020). Hikmah, Mariatul. “Urgensi Kurikulum Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Madania vol 9, no. 1 (2019). Juwariyah. Pendidikan Karakter Perspektif Pendidikan Islam. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Khoiruddin, Moh. “Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam Di Lembaga Pendidikan Islam.” JOIES: Journal of Islamic Education Studies Vol 1, no. 1 (2016). Kusairi, Bustimi Mustofa, dan Susiati Alwy. “Implementasi Pengembangan Kurikulum Pai Berbasis Pendidikan Karakter di SMP Al Azhar Kediri.” Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) Vol 2, no. 1 (2019). Maas, Piki Hilman. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SD Islam Al Azhar 36 Bandung.” Atthulab vol 4, no. 1 (2019). Muslich, Mansur. Pendidikan Karakter : Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011. Nawali, Ainna Khoirun. “Hakikat, Nilai-Nilai Dan Strategi Pembentukan Karakter (Akhlak) Dalam Islam.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam vol 1, no. 2 (2018). Pakpahan, Poetri Leharia, dan Umi Habibah. “Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa.” Tafkir: Interdisciplinary Journal Of Islamic Education Vol 2, no. 1 (2021). Pradika, Ayu Ratih Rizki. “Kebijakan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 7, no. 1 (2020). Prasetya, Regy, Budi Febriyanto, dan Ari Ryanto. “Implementasi Hidden Curicculum Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Proceeding UM Surabaya vol 1, no. 1 (2020). Supiana, dan Rahmat Sugiharto. “Pembentukan Nilai-nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Terpadu Ar-roudhloh Cileunyi Bandung Jawa Barat).” Jurnal Educan vol 1, no. 1 (2017). Suwandi, dan Hendro Widodo. “Penerapan Kurikulum PAI Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa Mts Al-Khairiyah Pulokencana.” Jurnal IDEAS Vol 7, no. 3 (2021). Tanzeh, Ahmad. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras, 2009. Wafi, Abdul. “Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Edureligia vol 1, no. 2 (2017). Yunani, Yuyun, dan Sumadi. “Pembiasaan Nilai-Nilai Islami Dan Keteladanan Guru Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam vol 4, no. 1 (2016).

Downloads

Published

2022-01-10

How to Cite

Itsnatun, R., & Diantoro, F. (2022). Policy Analysis of Islamic Education Curriculum in the Character Formation of Islamic. EDUCAN : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 6(1), 27–43. https://doi.org/10.21111/educan.v6i1.6815