تقديم المصلحة على نصوص الشريعة عند نجم الدين الطوفي

Authors

  • Imam Kamaluddin
  • Dwi Langgeng Jauhari UNIDA Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/jicl.v2i1.4486

Abstract

AbstrakPermasalahan pengutaman maslahat atas nash ini muncul untuk pertama kalinyaoleh seorang ulama’ pada pertengahan abad ke VII yaitu Najmuddin At-Thuf yangberpendapat bahwa masalahat lebih kuat daripada dalil syar’i. Penelitian ini bertujuanuntuk: Menunjukkan aturan-aturan dalam penggunaan maslahat yang sudah banyakdisepakati oleh ulama’ terdahulu ataupun masa kini. Menungkap teori maslahat yangdibawa oleh Najmuddin At-Thuf. Mengkritisi beberapa kesalahan dalam teorinya danbeberapa dalil yang dikemukakan oleh Najmuddin At-Thuf yang cenderung menyelisihipara ulama’ mu’tabar.Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsinya iniadalah jenis penelitian kepustakaan atau penelitian literatur. Penelitian ini menunjukkanbahwa maslahat boleh digunakan sebagai dalil dalam agama Islam dengan syarat harusmelihat aturan-aturan ataupun batasan-batasan yang sudah banyak disepakati olehulama’ sejak periode salaf hingga masa kini. Sedangkan Najmuddin At-Thuf yang hiduppada masa abad ketujuh dan kedelapan adalah seorang pencinta ilmu banyak menimbailmu di berbagai negara, dialah orang yang pertama kali mengemukaan bahwa jika adadalil syar’i maupun ijma’ yang bertentangan dengan maslahat maka maslahat lebihdiutamakan. Meskipun Najmuddin At-Thuf memberikan beberapa aturan dalam teorimaslahatnya tetapi teorinya terlalu liberal sehingga banyak dari ulama’ yang menentangkonsep maslahatnya. Disamping konsep maslahatnya itu liberal dan berani sehinggabanyak ditentang, terdapat juga beberapa kerancuan dalam konsepnya dimana antarasatu pernyataan tidak konsisten dengan pernyataan yang lainnya, dan yang membuatkelemahan teori Thuf juga adalah tidak adanya contoh satupun dimana dalil syar’ibertentangan dengan maslahat, sehingga teori ini hanyalah teori yang tidak dapatdibuktikan secara nyata. Maka dari itu, umat islam pada zaman ini harus berhati-hatidengan konsep-konsep liberal yang seolah-seolah membangun agama tetapi sejatinyamenghancurkan agama.Kata Kunci: Maslahat, At-Thuf, Liberal, Syubhat Thuf.

References

لطوÙÙŠØŒ نجم الدين. .8991التعيين ÙÙŠ شرح الأربعين. مؤسسة الريان: بيروت.

آبادي، محمـد أبو الليث الخير. علوم الحديث. دار الشاكر: ماليزيا. .1102ص. 331

ابن حزم. .2041الإحكام من أصول الأحكام. دار Ø§Ù„Ø¢ÙØ§Ù‚ الجديدة: بيروت.

ابن عاشور، محمـد الطاهر. .4002مقاصد الشريعة الإسلامية. وزارة الأقا٠والشؤون

الإسلامية: قطر.

البوطي، محمـد سعيد رمضان. .0102ضوابط الـمصلحة ÙÙŠ الشريعة الإسلامية. دار

الÙكر: دمشق.

الجويني، أبو الـمعالي عبد الـملك بن عبد الله بن يوسÙ. البرهان. قطر. .9931

الجيزاني، محمـد بن حسين بن حسن. .9241معالـم أصول الÙقه عند أهل السنة

والجماعة. دار ابن الجوزي: الدمام.

حسان، حسين حامد. .1791نظرية الـمصلحة ÙÙŠ الÙقه الإسلامي. دار النهضة العربية:

القاهرة.

Ø®Ù„Ø§ÙØ¹ ،بد الوهاب. .8931مصادر التشريع الإسلامي ÙÙŠ ما لا نص Ùيه. دار القلم:

الكويت.

Ø®Ù„Ø§ÙØ¹ ،بد الوهاب. .0102علم أصول الÙقه. دار الكتب الإسلامية: جاكرتا.

الربيعة، عبد العزيز بن عبد الرحمن بن علي. .2041أدلة التشريع المختل٠ÙÙŠ الاحتجاج

بها. مؤسسة الرسالة: بيروت

Published

2024-01-22

How to Cite

Kamaluddin, I., & Jauhari, D. L. (2024). تقديم المصلحة على نصوص الشريعة عند نجم الدين الطوفي. Journal of Indonesian Comparative of Syari’ah Law, 2(1), 35–50. https://doi.org/10.21111/jicl.v2i1.4486