Integration Of Moral Education On Implementation of The 2013 Curricuum In Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan

Penulis

  • Dina Raniati Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Tumiran Tumiran Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.21111/educan.v7i1.9088

Kata Kunci:

Integrasi, Pendidikan Akhlak, Kurikulum 2013, Madrasah Aliyah

Abstrak

Kurikulum merupakan hal yang penting dalam setiap satuan pendidikan. Sebagaimana dalam judul “Integrasi Pendidikan Akhlak Dalam Penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan”. Penelitian ini bertujuan agar kita dapat mengetahui kesesuaian kurikulum 2013 yang berbasis karakter ini dalam proses menyatukan pendidikan akhlak yang ada disekolah tersebut. Selanjutnya dalam pembahasan ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, diantaranya melalui observasi langsung kesekolah, melakukan wawancara kepada narasumber dan melalui dokumentasi sebagai data pendukung yang dapat digunakan oleh peneliti. Dalam hal yang menjadi pembahasan peneliti, bahwa integrasi merupakan hal yang menghubungkan, mengkaitkan, menyatukan suatu hal dengan objek tertentu. Dengan demikian integrasi pendidikan akhlak dalam menerapkan kurikulum 2013 merupakan hal yang harus ada dan lazim dalam dunia pendidikan. Karena pada dasarnya setiap pembelajaran tentu saja sangat berkaitan dengan pendidikan akhlak. Adapun mata pelajaran yang diterapkan pada madrasah ini berjumlah 21 yang akan menjadi ilmu untuk siswa/siswi MAS Miftahussalam Medan tersebut. Pendidikan memiliki tujuan untuk menjadikan insan yang memiliki kepribadian yang baik. Sasaran yang dituju adalah Madrasah Aliyah, dimana seperti yang kita ketahui bahwa madrasah memiliki kekhususan yang kurikulumnya terdapat pelajaran-pelajaran tentang keIslaman. Maka demikian kurikulum 2013 sudah diterapkan dengan baik disekolah ini. Sebagaimana dalam tujuan pendidikan pada Madrasah Aliyah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan yang luas, kepribadian yang baik, memiliki akhlakul karimah yang mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Referensi

Refrensi Aini, Noer Aida. Nurjanah, Euis. & Efendi, Riqwan Muhamad. “ Strategi dan Implementasi Nilai-nilai Akhlak dalam Integrasi Pendidikan di SDS Inklusi Azaddy Jatinangor”. Pedagogie Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol.2, No. 1, 2021. Ainun, Nur Afidiah., dkk. 2018. “Mengenal Aqidah dan Akhlak Islam” . Lampung :CV.IQRO. Bafadhol, Ibrahim. ’‘Pendidikan Akhlak Dalam Persfektif Islam”. Jurnal Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam, Vol 6, No.2, 2017. Harahap, Riduan Muhammad. “Integrasi Ilmu Pengetahuan: Perspektif Filsafat Pendidikan Islam”. Jurnal Hibrul’ulama, Vol.1, No.1, 2019. Harimulyo, Syamsi Muhammad, dkk. “Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Risalatul Mu’awanah dan Relevansinya” . Jurnal Penelitian Ipteks, Vol.6, No.1, 2021. Khoirunisa, Muqowim. “ Integrasi Pendidikan Akhlak Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Salamah Kota Jambi”. Al-Madrasah: Jurnal Ilmah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 6, No.3, 2022. Labsos. 2017. Dinamika Perkembangan Kurikulum di Indonesia. Jakarta: Labsos UNJ. Mailita, “Integrasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama, Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah Tahun 2016 Jilid 3: 1102-1108 ISBN 978-602-6483-40-9. Mukni’ah. 2016. Perencanaan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Muslim, Ahmad. Rohyatum, Baiq Ahmad & Iqbal, Muhammad. “ Implementasi Kurikulum 2013 di MA NW Nurul Ihsan Tilawah”. Jupe, Vol.3 No.3, 2018. Nasution, Meriyanti. Ritonga, Aidah Asnil. “Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Menurut Umar Bin Ahmad Baraja Dalam Kitab Al-Akhlaqi Lil Banin”.Tazkiya Jurnal Pendidikan Islam, Vol.9, No. 2, 2020. Nurjanah, Maya. “Integrasi Nilai-nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah”. Al-Qalam Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, Vol. 13, No.2. 2021. Rusdiyanto.”Integrasi Pendidikan dan Implementasinya Terhadap Lembaga di Indonesia”. Ta’limuna Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No.1, 2018. Samsu. 2017. “Metode Penelitian : (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: PUSAKA. Sentosa, A. Rosyid. Ahmad, Fahrial Rizky Raden Raden & Hamdani, Muhammad.“Imam Al-Ghazali’s Concept Of Learning in Character Development Learners”, Educan Jurnal Pendidikan Islam. Vol.6, No.2, 2022. Sundaram, Mohana Bhavitra. Seleman, Nor Sabirrah & Jasmi, Azmi Kamarul.“ Integrasi Akhlak dalam Pembelajaran Sains”, (Kamarul Azmi Jasmi : Universiti Teknologi Malaysia). 2018 Wahyuningsih, Sri. “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an”, Jurnal Mubtadiin, Vol.7 No.2, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-05

Cara Mengutip

Raniati, D., & Tumiran, T. (2023). Integration Of Moral Education On Implementation of The 2013 Curricuum In Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan. EDUCAN : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 7(1), 52–68. https://doi.org/10.21111/educan.v7i1.9088