دور قيادة رئيس المدرسة ÙÙŠ ترقية Ø§Ù„ÙƒÙØ§Ø¡Ø© العملية لمعلمي التربية الإسلامية
DOI:
https://doi.org/10.21111/educan.v1i2.1426Kata Kunci:
Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja Guru, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Tujuan dari penulisan skripsi ini ialah : (1) Untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru PAI di SMP KUMI TARAKAN. (2) Untuk mengetahui kendala apa saja yang terdapat dalam melaksanakan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatan etos kerja guru PAI.Penelitian ini adalah penelitian lapangan, Penelitian ini termasuk penelitian (deskriptif kualitatif), untuk mendapat data yang diperlukan, penulis menggunakan metode obsevasi, wawancara, serta dokumentasi sehingga mendapatkan keterangan yang jelas mengenai peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru PAI di SMP KUMI TARAKAN. Sedangkan untuk mengelola data-data tersebut sehigga dapat mencapai pada kesimpulan yang sempurna maka penulis menggunakan (teori miles dan huberman) yaitu data reduction, yang berarti penelitian merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan kepada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya, data display (penyajian data) yaitu dengan uraian-uraian singkat dan pengambilan kesimpulan dari data terkumpul.           Dari hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa: 1) Bahwa adanya peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru PAI . adapun model kepemimpinan yang ada di SMP KUMI TARAKAN yaitu model kepemimpinan transformasional 2) Pelaksanaan penerapan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru PAI terdapat dalam pengarahan, perencanaan, evaluasi yang terlaksana dalam perkumpulan mingguan, bulanan, tahunan ataupun dalam persiapan menghadapi kegiatan penting sekolah seperti pembentukan panitia ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), ujian nasional (UN) bagi siswa kelas IX, ataupun Panitia penerimaan siswa baru dan Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru PAI, ialah sarana prasarana sekolah, lingkungan sekolah dan masyarakat sekolah yaitu dewan guru, dan wali siswa.Referensi
Ambarita, Alben., Kepemimpinan Kepala Sekolah, Yogayakarta: Graha Ilmu, 2015
Asmara, Husna, Pengantar Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta: Ghalia, 1985
Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru (Surabaya: Usaha Nasional, 1994)
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Publisher, 1993
Heri, Musa, Pengantar Pendidikan, Yogyakarta: IRCISoD, 2007
Hidayah, Nurul, Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016)
Indrafachrudi, Soekarto, Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Baik, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1993
Kartono, Kartini, Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: Rajawali Press, 2005
Kusnandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007)
Mulyasa, E., Menjadi Kepala Sekolah Professional (Dalam Konteks Menyukseskan MBS Dan KBK) Cet. Kelima, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2005
Purwanto, M Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2000
Sagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2006
Soetopo, Hendiyat, dan Wasty Soemanto, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Pt. Bina Aksara, 1984
Surachmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung : Tarsito, 2003
Taniredja, Tukiran, Guru yang Profesional, (Bandung: Alfabeta, 2016)
Usman, Husaini, Manajemen Teori, Praktik Dan Riset Pendidikan, Cet. Pertama )Jakarta: Bumi Aksara, 2006(
Usman, Uzer, Menjadi Guru Professional, (Bandung : Remaja Karya 1990)
Widodo, Erna dan Mukhtar, Konstruksi Ke Arah Penelitian Deskriptif, Cet. I, )Yogyakarta: Avyrouz, 2000(
Zainuddin, Muhadi, Studi Kepemimpinan Islam, )Yogyakarta: Suka Press, 2012(
Zarkasyi, Abdullah Syukri, Bekal Untuk Pemimpin, )Ponorogo: Trimurti Press, 2015(
Zarkasyi, Abdullah Syukri, Mengajar Kehidupan Lewat Pesantren, )Ponorogo: Trimurti Press, 2009(
Ø£ØÙ…د بن عبد Ø§Ù„Ù…ØØ³Ù† Ø§Ù„Ø¹Ø³Ø§ÙØŒ مهارت القيادة ÙˆØµÙØ§Øª القائد، (القاهرة: المÙكرة الدعوية)
أكبر, كارني ØŒ بناء ÙƒÙØ§Ø¡Ø© ومهنية المدرس ÙÙŠ نظرية التربية الإسلامية، رسالة مقدّمة لنيل درجة الليسانس ÙÙŠ قسم تالتربية الإسلاميةكلية التربية، جامعة دار السلام كونتور، 2008
ØØÙ… ,أبو Ø§Ù„ÙØ¶Ù„ جمال الدين بن مكرم بن منظور، لسان العراب ج1ØŒ (بيروت: طبعة دار صادر)
علوان, عبداللّه Ù†Ø§ØµØ ØŒ تربية الأولد ÙÙŠ الإسلام، (القاهرة: دارالسلام للطباعة والنشر والتوزيع والنرجمة، 2009) الطبعة الثانية والأربعون
ÙØ§Ù…وجى، Ù…ØØ§ÙˆÙ„ات رئيس المدرسة ÙÙŠ ترقية السلوك الديني للطلبة بالمدرسة الإعدادية منهاج المنى بدوÙÙˆ سمبي عرايون Ùونوروكو جاو السرقية العام الدراسي 1431/1432ه، رسالة مقدّمة لنيل درجة الليسانس ÙÙŠ قسم التربية الإسلامية كلية التربية، جامعة دار السلام كونتور، 2010
ÙØªØÙŠ, Ù…ØÙ…د ØŒ موسوعة القيادة ÙÙŠ الإسلام، (مصر: الدار العالميّة، 2008)
كلا لدة, ظاهر ØŒ الاتجاهات Ø§Ù„ØØ¯ÙŠØ«Ø© للقيادة الإدارية، (عمان: دار زهران، 1997)
لويس, المعلو٠، المنجد ÙÙŠ اللغة والأعلام، الطبعة السبعة Ùˆ الثلاثون، بيروت: دار المشرق، 2002
##submission.downloads##
Telah diserahkan
Diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




