دور قيادة رئيس المدرسة في ترقية الكفاءة العملية لمعلمي التربية الإسلامية

Penulis

  • Akrim - Maryat Universitas Darussalam Gontor
  • auji syahbudi Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/educan.v1i2.1426

Kata Kunci:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja Guru, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Tujuan dari penulisan skripsi ini ialah : (1) Untuk mengetahui  peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru PAI di SMP KUMI TARAKAN. (2) Untuk mengetahui kendala apa saja yang terdapat dalam melaksanakan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatan etos kerja guru PAI.Penelitian ini adalah penelitian lapangan, Penelitian ini termasuk penelitian (deskriptif kualitatif), untuk mendapat data yang diperlukan, penulis menggunakan metode obsevasi, wawancara, serta dokumentasi sehingga mendapatkan keterangan yang jelas mengenai peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru PAI di SMP KUMI TARAKAN. Sedangkan untuk mengelola data-data tersebut sehigga dapat mencapai pada kesimpulan yang sempurna maka penulis menggunakan (teori miles dan huberman) yaitu data reduction, yang berarti penelitian merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan kepada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya, data display (penyajian data) yaitu dengan uraian-uraian singkat dan pengambilan kesimpulan dari data terkumpul.            Dari hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa: 1) Bahwa adanya peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru PAI . adapun model kepemimpinan yang ada di SMP KUMI TARAKAN yaitu model kepemimpinan transformasional 2) Pelaksanaan penerapan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru PAI terdapat dalam pengarahan, perencanaan, evaluasi yang terlaksana dalam perkumpulan mingguan, bulanan, tahunan ataupun dalam persiapan menghadapi kegiatan penting sekolah seperti pembentukan panitia ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), ujian nasional (UN) bagi siswa kelas IX, ataupun Panitia penerimaan siswa baru dan Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru PAI, ialah sarana prasarana sekolah, lingkungan sekolah dan masyarakat sekolah yaitu dewan guru, dan wali siswa.

Referensi

Ambarita, Alben., Kepemimpinan Kepala Sekolah, Yogayakarta: Graha Ilmu, 2015

Asmara, Husna, Pengantar Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta: Ghalia, 1985

Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru (Surabaya: Usaha Nasional, 1994)

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Publisher, 1993

Heri, Musa, Pengantar Pendidikan, Yogyakarta: IRCISoD, 2007

Hidayah, Nurul, Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016)

Indrafachrudi, Soekarto, Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Baik, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1993

Kartono, Kartini, Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: Rajawali Press, 2005

Kusnandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007)

Mulyasa, E., Menjadi Kepala Sekolah Professional (Dalam Konteks Menyukseskan MBS Dan KBK) Cet. Kelima, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2005

Purwanto, M Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2000

Sagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2006

Soetopo, Hendiyat, dan Wasty Soemanto, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Pt. Bina Aksara, 1984

Surachmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung : Tarsito, 2003

Taniredja, Tukiran, Guru yang Profesional, (Bandung: Alfabeta, 2016)

Usman, Husaini, Manajemen Teori, Praktik Dan Riset Pendidikan, Cet. Pertama )Jakarta: Bumi Aksara, 2006(

Usman, Uzer, Menjadi Guru Professional, (Bandung : Remaja Karya 1990)

Widodo, Erna dan Mukhtar, Konstruksi Ke Arah Penelitian Deskriptif, Cet. I, )Yogyakarta: Avyrouz, 2000(

Zainuddin, Muhadi, Studi Kepemimpinan Islam, )Yogyakarta: Suka Press, 2012(

Zarkasyi, Abdullah Syukri, Bekal Untuk Pemimpin, )Ponorogo: Trimurti Press, 2015(

Zarkasyi, Abdullah Syukri, Mengajar Kehidupan Lewat Pesantren, )Ponorogo: Trimurti Press, 2009(

أحمد بن عبد المحسن Ø§Ù„Ø¹Ø³Ø§ÙØŒ مهارت القيادة ÙˆØµÙØ§Øª القائد، (القاهرة: المÙكرة الدعوية)

أكبر, كارني ØŒ بناء ÙƒÙØ§Ø¡Ø© ومهنية المدرس ÙÙŠ نظرية التربية الإسلامية، رسالة مقدّمة لنيل درجة الليسانس ÙÙŠ قسم تالتربية الإسلاميةكلية التربية، جامعة دار السلام كونتور، 2008

ححم ,أبو Ø§Ù„ÙØ¶Ù„ جمال الدين بن مكرم بن منظور، لسان العراب ج1ØŒ (بيروت: طبعة دار صادر)

علوان, عبداللّه ناصح ØŒ تربية الأولد ÙÙŠ الإسلام، (القاهرة: دارالسلام للطباعة والنشر والتوزيع والنرجمة، 2009) الطبعة الثانية والأربعون

ÙØ§Ù…وجى، محاولات رئيس المدرسة ÙÙŠ ترقية السلوك الديني للطلبة بالمدرسة الإعدادية منهاج المنى بدوÙÙˆ سمبي عرايون Ùونوروكو جاو السرقية العام الدراسي 1431/1432ه، رسالة مقدّمة لنيل درجة الليسانس ÙÙŠ قسم التربية الإسلامية كلية التربية، جامعة دار السلام كونتور، 2010

ÙØªØ­ÙŠ, محمد ØŒ موسوعة القيادة ÙÙŠ الإسلام، (مصر: الدار العالميّة، 2008)

كلا لدة, ظاهر ، الاتجاهات الحديثة للقيادة الإدارية، (عمان: دار زهران، 1997)

لويس, المعلو٠، المنجد ÙÙŠ اللغة والأعلام، الطبعة السبعة Ùˆ الثلاثون، بيروت: دار المشرق، 2002

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2017-12-27

Diterima

2018-01-03

Diterbitkan

2017-08-01

Cara Mengutip

Maryat, A. .-., & syahbudi, auji. (2017). دور قيادة رئيس المدرسة في ترقية الكفاءة العملية لمعلمي التربية الإسلامية. EDUCAN : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 1(2). https://doi.org/10.21111/educan.v1i2.1426