ÙÙŠ تطوير انضباط الطلاّب (Full day School) نظام المدرسة على المنهج المتكامل
DOI:
https://doi.org/10.21111/educan.v1i2.1425Kata Kunci:
full day school, disiplin, pendidikan agama islamAbstrak
Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini ialah : 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem Full day school di SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan 2) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan kedisiplinan peserta didik sistem Full day School di SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sistem Full day school dalam pengembangan kedisiplinn peserta didik di SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan.Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, untuk mendapat data yang diperlukan, penulis menggunakan metode obsevasi, wawancara, serta dekomentasi sehingga mendapatkan keterangan yang jelas mengenai dasar pemikiran dan pelaksanaan sistem Full day school di SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan. Sedangkan untuk mengelola data-data tersebut sehigga dapat mencapai pada kesimpulan yang sempurna maka penulis menggunakan teori miles dan huberman yaitu reduksi data, yang berarti penelitian merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan kepada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya, display data atau penyajian data yaitu dengan uraian-uraian singkat dan pengambilan kesimpulan dari data yang terkumpul yaitu verifikasi data.              Dari hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa: 1) Bahwa pelaksanaan sistem Full day School di SMP IT Al-Ikhlas Mantren dengan menggunakan integrasi kurikulum Kementrian Pendidikan dengan kurikulum Kementrian Keagamaan. Dalam pelaksanaanya diisi dengan kegiatan yang dapat mengembangkan karakter peserta didik, tidak hanya dengan kegiatan akademik akan tetapi dengan kegiatan pembiasaan, kegiatan extrakulikuler seperti kepramukaan dan tahfidz Al-Qur’an. 2) Dalam pengembangan kedisiplinan siswa di SMP IT Al-Ikhlas dengan menggunakan kegiatan pembelajaran di kelas dengan mata pelajaran dan kegiatan ektrakulikler. Mata pelajaran yang mengembangkan kedisiplinan siswa ialah Matematika, Bahasa Jawa dan Ilmu Pendidikan sosial sedangkan kegiatan yang mengembangkan kedisiplinan siswa ialah kegiatan Pembiasaan, Kepramukaan, dan Tahfidz Qur’an. 3) Faktor yang mempengaruhi sistem Full day School dalam pengembangan kedisiplinan siswa SMP IT Al-Ikhlas, ialah sarana prasarana sekolah, lingkungan sekolah dan masyarakat sekolah yaitu siswa, dan wali siswa.Dari hasil penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah dan wakil kepala kesiswaan dan kegiatan untuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas program dan kegiatan dalam Full day school secara profesional dengan bekerjasama dengan guru ekstrakulikuler sehingga dapat membentuk kepribadian siswa yang positif.Referensi
Ø£ØÙ…د, أبو بكر بن عمرو بن عبج الخالق بن خالج بن عبيد الله العتكي المعرو٠بالبزار، مسند الالبزار باسم Ø§Ù„Ø¨ØØ± الوخار، Ø·.1 ØŒ ج.15 ØŒ (مدينة: مكتبة العلوم والØÙƒÙ…ØŒ 2009)
Ansari, Muhammad Iqbal, Strategi Sistem Full Day School dalam Membentuk Empati Siswa, (Jurnal Muallimuna, Nomer 1 Volume I: 2015).
Dalvi, Penerapan Manajemen Kurikulum Pada Sekolah Full Day Di Sdit Cahaya Hati Kota Bukittinggi, (Jurnal Tamwil, Nomor 1 Volume I: 2015).
Echols, dan Hassan Shadily, Kamus Bahasa Inggris, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008).
Fachrudin, Fachri, Wacana Full Day School Kemendikbud, pada berita Trimbunnews (Online) http://solo.tribunnews.com/2016/08/09/ini-maksud-dan-tujuan-full-day-school-yang-jadi-wacana-mendikbud-bukan-berarti-belajar-seharian
Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya, (Bandung, Alfabeta 2012).
Hunowu, Momy A., Konsep Full Day School Dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan, (Jurnal Irfani, Nomor 1, Volume XII: 2016)
Iftayani, Itsna dkk, Self Concept, Self Esteem And School System: The Study Of Comparation Between Fullday School And Halfday School In Purworejo, (Journal of Guidance and Counseling, Nomer 1 Volume VI: 2016).
Kandi, Rosmiyati Dewi, Pengamat Pendidikan Setuju Gagasan Full Day School pada berita CNN Indonesia (Online) http://www.cnnindonesia.com /nasional /20160808150440-20-149926/pengamat-setuju-gagasan-full-day-school-dengan-catatan/
Mustari, Mohamad, Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan, (Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2014)
Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Nomer 20 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia.
Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Nomer 20 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia. hlm.2
Saefudin, Full Day School Konsep dan Kurikulum Pembelajaran pada artikelnya (Online) http://www.jenterasemesta .or.id 2016/ 08/ full-day-school-konsep-dan- kurikulum.
Salahudin, Anas, Filsafat Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2011)
Setiyarini, Ida Nurhayati, Penerapan Sistem Pembelajaran Fun & Full Day School Untuk Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik Di Sdit Al Islam Kudus (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Nomor 2 Volume II: 2014).
Soapatty, Lisnawati, Pengaruh Sistem Sekolah Sehari Penuh Terhadap Prestasi Akademik Siswa Smp Jati Agung Sidoarjo (Jurnal Unessa Nomor 2 Volume 2 Tahun 2014).
Susiati, Purnama dkk, Pelaksanaan Full Day School Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Huda Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik, (Jurnal Studi Keislaman, Nomor 1 Volume I: 2015).
Tim Pengembang ilmu pedndidikan FIP-UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, (Imperial Bhakti, 2007).
##submission.downloads##
Telah diserahkan
Diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




