Metode Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini di Bustanul Athfal Aisiyah Mangkujayan Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.21111/educan.v1i2.1444Keywords:
Metode Pendidikan Akhlak, Anak Usia Dini.Abstract
Pendidikan akhlak sangatlah penting untuk diberikan sedini mungkin. Karena saat usia dini adalah waktu yang tepat untuk memberikan rangsangan yang positif kepada anak. Pendidikan akhlak harus ditanamkan pada usia dini karena penanaman akhlak pada usia dini menentukan perkembangan akhlak selanjutnya. Peneliti mengambil lokasi penelitian di Bustanul Athfal Aisiyah Mangkujayan Ponorogo dengan pertimbangan bahwa lembaga ini memiliki banyak sekali prestasi-prestasi dan perkembangan lembaga yang sangat cepat.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana metode pendidikan akhlak yang dipakai, 2) hasil dari pendidikan akhlak, 3)serta faktor yang menghambat dan juga faktor yang mendukung dalam proses pendidikan akhlak.Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dalam penelitian ini mendeskripsikan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi yang kemudian dideskripsikan sehingga dapat memberikan kejelasan tentang model pendidikan akhlak pada anak usia dini di Bustanul Athfal Aisiyah Mangkujayan Ponorogo.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan bahwa 1) Metode pendidikan akhlak yang dipakai di lembaga ini adalah dengan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat dan bercerita. Metode keteladanan yang diterapkan di lembaga ini contohnya guru menjadi teladan yang utama dalam hal ibadah. Contoh lain dalam hal keteladanan apabila ada sampah guru langsung mengambil sampah dan membuang ke tempat sampah. Sedangkan dalam hal pembiasaan contohnya pembiasaan sholat dhuha, pembiasaan dalam hal adab makan minum, pembiasaan adab di kamar mandi 2) Adapun hasil dari pendidikan akhlak secara umum sudah baik walaupun masih ada sebagian kecil sisiwa yang akhlaknya kurang baik akan tetapi semua guru selalu terus berusaha untuk membimbing mereka agar menjadi lebih baik lagi. Hasil dari pendidikan akhlak ini bisa dilihat dari adab mereka terhadap orang tua, guru, adab makan minum, adab di kamar mandi sudah baik. 3) Faktor yang menghambat dalam proses pendidikan akhlak diantaranya tidak sejalannya pendidikan atau pengajaran yang ada di sekolah dengan yang ada di rumah, , sedangkan faktor yang mendukung dalam proses pendidikan akhlak diantaranya adanya buku penghubung antara wali murid dan guru sehingga memudahkan orang tua untuk mengontrol anaknya, adanya parenting atau pelatihan.References
Amin, Ahmad. Etika (IlmuAkhlak), Jakarta: BulanBintang, 1975.
Asnelly,Ilyas, MendambakanAnakSoleh, Bandung: Mizan, 1996.
Daradjat. Zakiyah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1976.
Fakhrudin, Asef Umar, SuksesMenjadi Guru TK/PAUD, Yogyakarta: PustakaPelajar, 2010.
Helmawati, Pendidikan Keluarga Teoritis Dan Praktis, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Moleong, Lexy L. MetodologiPenelitianKualitatif, Bandung: PT. RemajaRosdakarya, 2015.
Muchtar, Heri Jauhari, Fikih Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Jauhari, Muhammad, Muhammad Rabbi, Akhquna terjemahan Dadang Sobar Ali, Bandung: Pustaka Setia, 2006.
Nashih, Ulwa Abdullah, PendidikanAnakDalamIslam ,Jakarta: PustakaAmami, 2003. cet 3.
Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat,, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1997.
Suyadi, MaulidyaUlfah. KonsepDasar PAUD, Bandung: PT. RemajaRosdakarya, 2015.
Suwito, Filsafat Pendidikan Akhlak,Yogyakarta: Belukar, 2004.
Suyanto, Slamet, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005.
Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Al-qur’an, Bandung: Alfabeta, 2009.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




