Integration Of Moral Education On Implementation of The 2013 Curricuum In Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan
DOI:
https://doi.org/10.21111/educan.v7i1.9088Keywords:
Integrasi, Pendidikan Akhlak, Kurikulum 2013, Madrasah AliyahAbstract
Kurikulum merupakan hal yang penting dalam setiap satuan pendidikan. Sebagaimana dalam judul “Integrasi Pendidikan Akhlak Dalam Penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medanâ€. Penelitian ini bertujuan agar kita dapat mengetahui kesesuaian kurikulum 2013 yang berbasis karakter ini dalam proses menyatukan pendidikan akhlak yang ada disekolah tersebut. Selanjutnya dalam pembahasan ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, diantaranya melalui observasi langsung kesekolah, melakukan wawancara kepada narasumber dan melalui dokumentasi sebagai data pendukung yang dapat digunakan oleh peneliti. Dalam hal yang menjadi pembahasan peneliti, bahwa integrasi merupakan hal yang menghubungkan, mengkaitkan, menyatukan suatu hal dengan objek tertentu. Dengan demikian integrasi pendidikan akhlak dalam menerapkan kurikulum 2013 merupakan hal yang harus ada dan lazim dalam dunia pendidikan. Karena pada dasarnya setiap pembelajaran tentu saja sangat berkaitan dengan pendidikan akhlak. Adapun mata pelajaran yang diterapkan pada madrasah ini berjumlah 21 yang akan menjadi ilmu untuk siswa/siswi MAS Miftahussalam Medan tersebut. Pendidikan memiliki tujuan untuk menjadikan insan yang memiliki kepribadian yang baik. Sasaran yang dituju adalah Madrasah Aliyah, dimana seperti yang kita ketahui bahwa madrasah memiliki kekhususan yang kurikulumnya terdapat pelajaran-pelajaran tentang keIslaman. Maka demikian kurikulum 2013 sudah diterapkan dengan baik disekolah ini. Sebagaimana dalam tujuan pendidikan pada Madrasah Aliyah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan yang luas, kepribadian yang baik, memiliki akhlakul karimah yang mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.References
Refrensi Aini, Noer Aida. Nurjanah, Euis. & Efendi, Riqwan Muhamad. “ Strategi dan Implementasi Nilai-nilai Akhlak dalam Integrasi Pendidikan di SDS Inklusi Azaddy Jatinangorâ€. Pedagogie Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol.2, No. 1, 2021. Ainun, Nur Afidiah., dkk. 2018. “Mengenal Aqidah dan Akhlak Islam†. Lampung :CV.IQRO. Bafadhol, Ibrahim. ’‘Pendidikan Akhlak Dalam Persfektif Islamâ€. Jurnal Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam, Vol 6, No.2, 2017. Harahap, Riduan Muhammad. “Integrasi Ilmu Pengetahuan: Perspektif Filsafat Pendidikan Islamâ€. Jurnal Hibrul’ulama, Vol.1, No.1, 2019. Harimulyo, Syamsi Muhammad, dkk. “Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Risalatul Mu’awanah dan Relevansinya†. Jurnal Penelitian Ipteks, Vol.6, No.1, 2021. Khoirunisa, Muqowim. “ Integrasi Pendidikan Akhlak Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Salamah Kota Jambiâ€. Al-Madrasah: Jurnal Ilmah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 6, No.3, 2022. Labsos. 2017. Dinamika Perkembangan Kurikulum di Indonesia. Jakarta: Labsos UNJ. Mailita, “Integrasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama, Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah Tahun 2016 Jilid 3: 1102-1108 ISBN 978-602-6483-40-9. Mukni’ah. 2016. Perencanaan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Muslim, Ahmad. Rohyatum, Baiq Ahmad & Iqbal, Muhammad. “ Implementasi Kurikulum 2013 di MA NW Nurul Ihsan Tilawahâ€. Jupe, Vol.3 No.3, 2018. Nasution, Meriyanti. Ritonga, Aidah Asnil. “Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Menurut Umar Bin Ahmad Baraja Dalam Kitab Al-Akhlaqi Lil Baninâ€.Tazkiya Jurnal Pendidikan Islam, Vol.9, No. 2, 2020. Nurjanah, Maya. “Integrasi Nilai-nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyahâ€. Al-Qalam Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, Vol. 13, No.2. 2021. Rusdiyanto.â€Integrasi Pendidikan dan Implementasinya Terhadap Lembaga di Indonesiaâ€. Ta’limuna Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No.1, 2018. Samsu. 2017. “Metode Penelitian : (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: PUSAKA. Sentosa, A. Rosyid. Ahmad, Fahrial Rizky Raden Raden & Hamdani, Muhammad.“Imam Al-Ghazali’s Concept Of Learning in Character Development Learnersâ€, Educan Jurnal Pendidikan Islam. Vol.6, No.2, 2022. Sundaram, Mohana Bhavitra. Seleman, Nor Sabirrah & Jasmi, Azmi Kamarul.“ Integrasi Akhlak dalam Pembelajaran Sainsâ€, (Kamarul Azmi Jasmi : Universiti Teknologi Malaysia). 2018 Wahyuningsih, Sri. “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’anâ€, Jurnal Mubtadiin, Vol.7 No.2, 2021.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




