Implementation of Santri Grouping to Improve the Result of Memorization of The Qur'an in Diniyah School Tahfidz Insan Madani Ponorogo

Authors

  • Qosdi Hanifah Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Nurul Iman Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Azid Syukroni Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21111/educan.v6i1.6734

Keywords:

grouping, learning outcomes, students

Abstract

AbstrakMengajarkan kepada anak-anak yang statusnya merangkap menjadi siswa di sekolah umum untuk menghafalkan Al-Qur’an bukanlah perkara yang mudah. Disamping harus melaksanakan tugas dan mematuhi aturan di dalam sekolahnya, mereka dibimbing untuk menghafal Al-Qur’an walaupun sedikit demi sedikit. Dalam upaya menumbuh kembangkan potensi sumber daya anak di lingkungan masyarakat, Taman Tahfidz Insan Madani Ponorogo memfasilitasi anak-anak dengan diadakannya tahfidz Al-Qur’an. Adapun sistem yang digunakan adalah sistem pengelompokan santri. Hal ini bertujuan untuk mengelompokkan santri sesuai dengan putensi kemampuan hafalan yang dimilikinya.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Untuk mengetahui dan implementasi pengelompokan santri untuk meningkatkan hasil hafalan Al-Qur’an di Madin Tahfidz Insan Madani Ponorogo. Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dari penerapan pengelompokan santri untuk meningkatkan hasil hafalan Al-Qur’an di Madin Tahfidz Insan Madani Ponorogo. Untuk mengetahui hasil implementasi pengelompokan santri untuk meningkatkan hasil hafalan Al- Qur’an di Madin Tahfidz Insan Madani Ponorogo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dan model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan yang terdiri dari 4 tahapan yang harus dilalukan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Madrasah Diniyah Tahfidz Insan Madani sudah melaksanakan 2 kali ujian hafalan al-Qur’an dan meluluskan 10 santri dengan capaian hafalan dari Surat An-Naba’ sampai dengan Surat Al-Insyiqaq. 2) Hasil hafalan santri lebih kuat dan terjaga dengan menggunakan metode yang digunakan yaitu metode talaqqi dan menggunakan teknik klasikal individual. 3) Bacaan hafalan santri lancar meskipun masih ada santri yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.Kata Kunci: pengelompokan, hasil belajar, santri AbstractTeaching children whose status is concurrently as students in public schools to memorize the Qur'an is not an easy matter. Besides having to carry out their duties and obey the rules in their school, they are guided to memorize the Qur'an even if little by little. In an effort to develop the potential of children's resources in the community, Taman Tahfidz Insan Madani Ponorogo facilitates children by holding tahfidz Al-Qur'an. The system used is a student grouping system. It aims to group students according to their memorization abilities.This research was conducted with the following objectives: To find out and implement the grouping of students to improve the results of memorizing the Qur'an at Madin Tahfidz Insan Madani Ponorogo. To find out the inhibiting and supporting factors of the application of grouping students to improve the results of memorizing the Qur'an at Madin Tahfidz Insan Madani Ponorogo. To find out the results of the implementation of grouping students to improve the results of memorizing the Qur'an at Madin Tahfidz Insan Madani Ponorogo.This research uses descriptive qualitative research. Data collection techniques used in this study were observation, interviews and documentation. While the data analysis techniques in this study using data analysis techniques and the Miles and Huberman model include: data reduction, data presentation, and conclusion drawing and which consists of 4 stages that must be passed, namely: data collection, data reduction, data and drawing conclusions or verification.The results of this study can be concluded as follows: 1) Madrasah Diniyah Tahfidz Insan Madani has carried out 2 examinations of memorizing the Qur'an and graduated 10 students with memorization achievements from Surat An-Naba 'to Surat Al-Insyiqaq. 2) Students' memorization results are stronger and maintained by using the method used, namely the talaqqi method and using individual classical techniques. 3) The students' memorization readings are fluent even though there are still students who have not been able to read the Qur'an properly and correctly. 

Author Biographies

Nurul Iman, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Fakultas Agama Islam

Azid Syukroni, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Fakultas Agama Islam

References

Abu, Basyier. 2017. Samudara Al-Fatihah. Surabaya: PT. Elba Fitrah Mandiri Sejahtera Alawiyah Wahid, Wiwi. 2013. Cara Cepat Bisa Menghafal Al-qur’an, Jogjakarta: Diva Press Amali Herry, Bahirul, 2021. Agar Orang Sibuk Bisa Menghafal Al-Qur’an, Yogyakarta: Pro-U Media Bahri, Syaiful. 2008. Buku Pedoman Qiro’ati Materi Pendidikan Guru Pengajar Al- Qur’an. Blitar: Ponpes Nurul Iman. Imron, Ali. 2015.Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara Lexy Moleong, 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Nawabudin, Abdur Rabi, 1991. Teknik Menghafal Al-Qur’an, Bandung: CV Sinar Baru Nurrita. Teny. 2018. Pengembangan Media P N Fadlilah, ”Strategi Guru Tahfidz Dalam Membina Hafalan Al- Qur’an Santri di Pondok Pesantren Al- Fattahiyah”, Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, hal, 163-165. Sutopo, Hedyat. 1983. Keunikan Intelegensia Manusia, Surabaya: Usaha Nasional. Tafsir, Ahmad, 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2022-02-05

How to Cite

Hanifah, Q., Iman, N., & Syukroni, A. (2022). Implementation of Santri Grouping to Improve the Result of Memorization of The Qur’an in Diniyah School Tahfidz Insan Madani Ponorogo. EDUCAN : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 6(1), 18–26. https://doi.org/10.21111/educan.v6i1.6734