Pendidikan Islam dan Critical Pedagogy Paulo Freire: Upaya Pemberantasan Korupsi Sistemik
Islamic Education and Paulo Freire's Critical Pedagogy: Efforts to Eradiate Systemic Corruption
DOI:
https://doi.org/10.21111/educan.v9i1.13382Keywords:
korupsi sistemik, critical pedagogy, amar makruf nahi mungkar, transformasiAbstract
Korupsi di Indonesia diyakini telah menjadi bagian dari struktur sosial yang mengakar. ICW melaporkan bahwa angka kasus korupsi sepanjang 2023 mencapai angka tertinggi dalam lima tahun terakhir, dengan potensi kerugian negara mencapai Rp28,4 triliun. Korupsi merusak nilai-nilai integritas dan identitas suatu bangsa yang berujung pada penurunan kualitas perilaku manusia secara sistemik jika tidak diberantas. Upaya dalam bidang pendidikan Islam telah dilakukan melalui pendidikan karakter untuk membentuk individu yang menolak korupsi. Namun, upaya berbasis individu belum cukup untuk memberantas korupsi yang sistemik. Penelitian ini mengembangkan pendekatan pendidikan anti-korupsi yang tidak hanya membentuk moralitas individu, tetapi juga gerakan kolektif untuk melawan korupsi melalui integrasi teori Critical Pedagogy Paulo Freire dengan pendidikan Islam. Â Pendekatan ini melibatkan tiga tahap; 1) Kesadaran Tauhid bahwa Allah Maha Adil, Maha Bijaksana. Allah menciptakan sistem kehidupan alam semesta berdasar sunatullah yang bergerak menuju keseimbangan. Korupsi merusak sistem keseimbangan yang harus dinetralisir berdasar kaidah hukum 2) Muhasabah sebagai sarana dialogis reflektif untuk memahami konsekuensi atas setiap tindakan dan hubungan antara korupsi dengan individu serta menegaskan bahwa perubahan dimulai dari setiap individu 3) Islam mengajarkan individu untuk memberi kontribusi positif kepada masyarakat melalui amar makruf nahi mungkar. Pendidikan tidak berhenti pada moralitas individu, tetapi berlanjut pada ikhtiar kolektif untuk memberantas korupsi sistemik. ÂReferences
Abdur Rafi, A. F. 2006. Terapi penyakit korupsi: Dengan tazkiyatun nafs (penyucian jiwa). Republika. Retrieved from https://lib.ui.ac.id/detail?id=86328&lokasi=lokal
Fakih, M., Topatimasang, R., & Rahardjo, T. (Eds.). 2010. Pendidikan popular: Membangun kesadaran kritis. Jogjkarta: Insist Press.
Karianga, H. 2020. Law reform and improving asset recovery in Indonesia: Contemporary approach. Journal of Law, Policy and Globalization. https://doi.org/10.7176/JLPG/93-15
Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. 2015. Keteladanan pemimpin pemegang kekuasaan, kunci Indonesia bebas dari korupsi. Retrieved from https://setneg.go.id/baca/index/keteladanan_pemimpin_pemegang_kekuasaan_kunci_indonesia_bebas_dari_korupsi
Nuraini, L., Af’idah, I. N., & Nadliratul Afrida, F. 2024. Pendidikan karakter anti korupsi perspektif pemikiran Kiai Sahal: Implikasinya pada perguruan tinggi pesantren anggota IKPI. Purworejo, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah.
Puji Astuti, P. A. 2013. Politik korupsi: Kendala sistemik pemberantasan korupsi di Indonesia. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 2(1), 5–17. https://doi.org/10.14710/politika.2.1.2011.5-17
Putra, N. R., & Linda, R. 2022. Korupsi di Indonesia: Tantangan perubahan sosial. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 8(1), 13–24. Retrieved from https://jurnal.kpk.go.id/index.php/integritas
Ramli, S. 2017. MaqÄmÄt tasawuf dan terapi anti korupsi: Studi alternatif pemberantasan korupsi di Indonesia. Jurnal Studi Al-Qur’an, 13(2), 195–215. https://doi.org/10.21009/JSQ.013.2.05
Seregig, I. K., Suryanto, T., Hartono, B., Rivai, E., & Prasetyawati, E. (2019). Preventing the acts of corruption through legal community education. Journal of Social Studies Education Research, 9(2), 138–159. Retrieved from https://dergipark.org.tr/en/pub/jsser/issue/37944/438288
Solikin, N. (n.d.). Integrasi hukum Islam dalam pendidikan anti korupsi di Indonesia (Dissertation). Program Studi Dirasah Islamiyah pada Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.
Suryaningsi, S., & Mula, T. 2020. The review of corruption eradication in Indonesia based on the aspect of juridical, morality, and ideology of Pancasila. Awang Long Law Review, 2(2), 93–106. https://doi.org/10.5281/zenodo.3902201
Yudho, W., & Tjandrasari, H. 2017. Efektivitas hukum dalam masyarakat. Jurnal Hukum & Pembangunan, 17(1), 57. https://doi.org/10.21143/jhp.vol17.no1.1227
Rochman, A. (2018). The Values of Social Education in Scouting Activities in Darussalam Gontor Islamic Boarding School for Campus 2. EDUCAN : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 2(2), 138–162. https://doi.org/10.21111/educan.v2i2.3554
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




