IMPLEMENTASI CHARACTER BUILDING DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO (Perspektif Pendidikan Islam)

Authors

  • Anip Dwi Saputro Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Dohan Sulistiyo Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Nurul iman Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.21111/educan.v1i2.1443

Keywords:

Character building, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi character building berdasarkan perspektif Pendidikan Agama Islam dalam menunjang belajar mengajar. Peneliti juga mengkaji bagaimana para guru menerapkan character building kepada peserta didiknya serta mengetahui faktor penghambat dan pendukungnya. Adapun metode yang digunakan yakni metode kualitatif dengan  menggunakan pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini berada di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini bahwasannya perspektif character building di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo memunculkan penanaman karakter berupa nilai religius, nilai kdisiplinan, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, nilai kejujuran, dan nilai cinta Tanah Air. Sebaliknya faktor penghambatnya adalah pribadi siswa yang heterogen dan kebiasaan lama murid yang masih terbawa hingga SMA. Sedangkan faktor pendukungnya adalah fasilitas berupa tenaga-tenaga pengajar yang mampu mencerminkan pendidikan character building berupa berjabat tangan di gapura sekolah setiap pagi dengan semua guru, membaca al-Qur’an ketika sebelum pembelajaran, dan lain sebagainya.

References

A, Doni, Koesoma. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Arifin, M. 2009. Ilmu Pendidikan Islam; Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta

Dalyono. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Drajat, Zakiah. 1997. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang

Echols, John, M. dan Shadily Hassan. 1993. Kamus Inggris Indonesia.Jakarta: Gramedia

Effendi, Mukhlison. 2008. Islam Pendidikan.Ponorogo: STAIN Ponorogo Press

Gunawan, Adi, W. 2007. Apakah IQ Anak Bisa Ditingkatkan?Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kholifah, Siti. 2011. Program dalam Membentuk Karakter siswa di SMAN 1 Plarak Bantul Yogyakarta. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga

Karnadi. 2007. Sejarah dan Budaya. Jakarta: Media Presindo

Labib, M, Zainul. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter dan Pengaruhnya.Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta

Lickona Thomas dan Matthew Davidson, Smart & Good High School: Intregrating Excellence and Ethics for Success in Schools, Work, and Beyond. Cortland: Center for 4th and 5th Rs, 2004.

Moleong, Lexy, J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muhaimin.2004. Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muin, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik&Praktik.Yogyakarta: ar-Ruzz Media

Mulyasa, E. 2011.Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mursi, Abdul, Hamid. 1997. SDM yang Produktif: Pendekatan al-Qur’an dan Sains. Jakarta: Gema Insani

Naim, Ngainun. 2012. Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: ar-Ruzz Media

Nizar, Syamsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam; Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis.Jakarta: Ciputat Pers

Pasiak, Taufik. 2007. Manajemen Kecerdasan, Memberdayakan IQ, EQ, SQ untuk Kesuksesan Hidup.Bandung: Mizan

Poerwadarminta.2003. Kamus Umum Bhs. Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka

P, Pius, Abdillah dan al-Barry M. Dahlan. 1994. Kamus Ilmiyah Populer Lengkap. Surabaya: Arkola

Priansa, Juni, Doni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: CV. Alfabeta

Raco J, R. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Grasindo

Ramayulis. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Samani, Mukhlash dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana, Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Supardi, 2006.Metode Penelitian. Mataram: Yayasan Cerdas Press

Downloads

Published

2017-08-01

How to Cite

Saputro, A. D., Sulistiyo, D., & iman, N. (2017). IMPLEMENTASI CHARACTER BUILDING DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO (Perspektif Pendidikan Islam). EDUCAN : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 1(2). https://doi.org/10.21111/educan.v1i2.1443