MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU
DOI:
https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1302Kata Kunci:
Manajemen Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru.Abstrak
Keberhasilan dalam dunia pendidikan dapat diukur dari berbagai aspek. Mulai dari kualitas murid, kualitas pendidik, suasana lingkungan sekolah, sampai system administrasi sekolah. Akan tetapi, factor utama yang paling mempengaruhi dinamika pendidikan di sekolah adalah pemimpin yang bertanggung jawab atas berjalannya miliu pendidikan, dalam hal ini adalah kepala sekolah. Kepala sekolah adalah seorang manajer yang mengatur semua kegiatan pendidikan di sekolah tersebut. Mulai dari kegiatan akademik, kegiatan non academik, bahkan sampai bimbingan profesionalisme tenaga pendidik. Profesionalisme seorang guru dalam mengajar memang tidak hanya bergantung pada kepala sekolah saja, namun peran kepala sekolah dalam membimbing profesionalisme guru tidak bisa dianggap remeh. Kepala sekolah selaku pimpinan harius bertanggung jawab terhadap profesionalitas guru supaya kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat berjalan dengan lancar. Tulisan ini adalah hasil dari penelitian yang dilakukan penulis untung mengamati peranan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Tulisan ini diharapkan dapat membentu memahami kinerja manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui profesionalitas guru.Referensi
Hidayat, Ara dan Imam Machali, Pengelolaan Pendidikan, Yogyakarta: Kaukaba, 2012.
Mulyasa, E., 2007, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Rosda.
Mustaqim, 2001, Psikologi Pendidikan. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang bersama Pustaka Pelajar
Payong, Marselus R., 2011, Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: Indeks.
Rohiat, 2008, Manajemen Sekolah - Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiyono, 2009, Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2012, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahab, Abd. dan Umiarso, 2011, Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Wahjosumidjo, 2008, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
http://www.umm.ac.id/id/detail-235-pentingnya-penguasaan-kompetensi-kepribadian-bagi-guru-opini-umm.html
##submission.downloads##
Telah diserahkan
Diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




