NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KONSEP YUSUF QARDHAWI

Authors

  • Samsirin Samsirin Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1301

Keywords:

Yusuf Al-Qardhawi, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan akhlak (moral education) atau pendidikan karakter (character education) dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negara kita. Krisis tersebut tejadi karena proses pembelajaran cenderung mengajarkan pendidikan moral dan budi pekerti sebatas teks dan kurang mempersiapkan siswa untuk menyikapi dan menghadapi kehidupan yang kontradiktif. Dari alasan tersebut, peneliti tertarik menganalisis salah satu kitab yang dikarang oleh Yusuf Qardhawi yaitu  Al-Khasais Al-’Ammah lil Islam. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan kajian pustaka (library research), maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan tehnik dokumentasi yaitu untuk membaca dan menggali dari data primer yaitu kitab Al-Khasais Al-’Ammah lil Islam dan sekunder yang berkaitan dengan penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis, yaitu mendeskripsikan gagasan manusia dengan menganalisis yang bersifat kritis. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa dalam kitab Al-Khasais Al-’Ammah lil Islam terdapat tujuh nilai-nilai pendidikan karakter yaitu: Ar-Rabbaniyyah, Al-Insaniyyah, As-Syumul, Al-Wasathiah, Al-Waqi’iyyah, Al-Wuduh, dan Al-Jam’u Baina As-Sabat Wal-Murunah. Nilai ini juga merupakan pilar-pilar pendidikan karakter menurut konsep Yusuf Al-Qardawi. Tujuan dari pendidikan Yusuf Al-Qardhawi ialah untuk menjadi manusia yang baik dalam hubungannya dengan Allah maupun manusia dan tercermin dalam kehidupan sehari-hari, melalui penanaman nilai dengan metode ibadah yaitu dengan membiasakan menjalankan kewajiban-kewajiban atau melakukan kebaikan.

References

Al-Abd, Muhammad, al-khlÄq fi al-IslÄm, Cairo: al-Jami’ah al-Qahirah, t.t.

Al-Faruqi, Isma’il Raji and Abu Sulayman, 1989, Islamization Of Knowledge: General Principles And Workplan, second edition, Herndon; IIT

Al-Qardhawi, Yusuf, 1989, Al-Khasais al-‘Ammah lil Islam : cet IV. Kairo: Maktabah Wahbah.

As-Sanaky, Hujair, 2003, Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Safira Insani Press

Azizi, Qodri, 2003, Melawan Globalisasi; Reinterpretasi Ajaran Islam Persiapan SDM Dan Terciptanya Masyarakat Madani, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azra, Azyumardi dan Syafi’I Maarif, 2003, Ensiklopedi Tokoh Islam, Dari Abu Bakr Sampai Nashir dan Qardawi, Jakarta: Hikmah .

Darajat, Zakiah, 1992, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara

Imarah, Muhammad , 2004, Ma’rakah al-Mustahalahat Baina al-Garb wa al-Islam, cet. ke-2, Mesir: Nahdah.

Kassab, Syaikh Akram, 2010, Metode Dakwah Yusuf Al-Qardhawi, Terj. Muhyiddin Mas Rida, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar

Nata, Abudin, 2003, Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Bogor : Kencana

Zubaidi, 2011, Desain Pendidikan Karakter Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Submitted

2017-11-15

Accepted

2017-11-26

Published

2017-02-20

How to Cite

Samsirin, S. (2017). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KONSEP YUSUF QARDHAWI. EDUCAN : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 1(1). https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1301

Issue

Section

Articles