NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KONSEP YUSUF QARDHAWI
DOI:
https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1301Keywords:
Yusuf Al-Qardhawi, Pendidikan KarakterAbstract
Pendidikan akhlak (moral education) atau pendidikan karakter (character education) dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negara kita. Krisis tersebut tejadi karena proses pembelajaran cenderung mengajarkan pendidikan moral dan budi pekerti sebatas teks dan kurang mempersiapkan siswa untuk menyikapi dan menghadapi kehidupan yang kontradiktif. Dari alasan tersebut, peneliti tertarik menganalisis salah satu kitab yang dikarang oleh Yusuf Qardhawi yaitu Al-Khasais Al-’Ammah lil Islam. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan kajian pustaka (library research), maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan tehnik dokumentasi yaitu untuk membaca dan menggali dari data primer yaitu kitab Al-Khasais Al-’Ammah lil Islam dan sekunder yang berkaitan dengan penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis, yaitu mendeskripsikan gagasan manusia dengan menganalisis yang bersifat kritis. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa dalam kitab Al-Khasais Al-’Ammah lil Islam terdapat tujuh nilai-nilai pendidikan karakter yaitu: Ar-Rabbaniyyah, Al-Insaniyyah, As-Syumul, Al-Wasathiah, Al-Waqi’iyyah, Al-Wuduh, dan Al-Jam’u Baina As-Sabat Wal-Murunah. Nilai ini juga merupakan pilar-pilar pendidikan karakter menurut konsep Yusuf Al-Qardawi. Tujuan dari pendidikan Yusuf Al-Qardhawi ialah untuk menjadi manusia yang baik dalam hubungannya dengan Allah maupun manusia dan tercermin dalam kehidupan sehari-hari, melalui penanaman nilai dengan metode ibadah yaitu dengan membiasakan menjalankan kewajiban-kewajiban atau melakukan kebaikan.References
Al-Abd, Muhammad, al-khlÄq fi al-IslÄm, Cairo: al-Jami’ah al-Qahirah, t.t.
Al-Faruqi, Isma’il Raji and Abu Sulayman, 1989, Islamization Of Knowledge: General Principles And Workplan, second edition, Herndon; IIT
Al-Qardhawi, Yusuf, 1989, Al-Khasais al-‘Ammah lil Islam : cet IV. Kairo: Maktabah Wahbah.
As-Sanaky, Hujair, 2003, Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Safira Insani Press
Azizi, Qodri, 2003, Melawan Globalisasi; Reinterpretasi Ajaran Islam Persiapan SDM Dan Terciptanya Masyarakat Madani, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azra, Azyumardi dan Syafi’I Maarif, 2003, Ensiklopedi Tokoh Islam, Dari Abu Bakr Sampai Nashir dan Qardawi, Jakarta: Hikmah .
Darajat, Zakiah, 1992, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Imarah, Muhammad , 2004, Ma’rakah al-Mustahalahat Baina al-Garb wa al-Islam, cet. ke-2, Mesir: Nahdah.
Kassab, Syaikh Akram, 2010, Metode Dakwah Yusuf Al-Qardhawi, Terj. Muhyiddin Mas Rida, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar
Nata, Abudin, 2003, Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Bogor : Kencana
Zubaidi, 2011, Desain Pendidikan Karakter Jakarta: Prenada Media Group.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).




