PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN

Authors

  • Rahmat Sugiharto UIN SGD Bandung

DOI:

https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1299

Keywords:

Karakter keislaman, Metode Pembiasaan

Abstract

Pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin keberlangsungan hidup bernegara dan berbangsa. Maraknya berbagai macam tindak kejahatan, tawuran antar pelajar, kasus pencabulan anak dibawah umur, dan pemakaian obat-obatan terlarang, serta kasus korupsi yang semakin hari semakin menjadi-jadi merupakan indikasi kemerosotan akhlak atau kemerosotan moral. Oleh karena itu, pembentukan karakter dan kepribadian anak sesuai dengan nilai keagamaan menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan. Maka dari itu, penting sekali membentuk nilai-nilai karakter melalui metode pembiasaan, bila lingkungan madrasah, dan tempat tinggal mendukung dengan segala kebaikan, maka nilai-nilai karakter anak akan tumbuh dan berkembang secara positif sesuai ajaran pendidikan agama Islam. Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap pembentukan nilai-nilai karakter islami siswa melalui pembiasaan di MTs Ar-Roudloh terpadu Cileunyi Bandung, dengan sub fokus mencakup: (1) Tujan pembentukan nilai-nila karakter islami siswa melalui pembiasaan di MTs Ar-Roudloh terpadu Cileunyi Bandung. (2) Bagaimana bentuk pembiasaan dalam pembentukan nilai-nila karakter islami siswa di MTs terpadu Ar-Roudloh Cileunyi Bandung. (3) Bagaimana evaluasinya dan karakter-karakter apa saja yang terbentuk pada diri siswa melalui pembiasaan di MTs terpadu Ar-Roudloh Cileunyi Bandung. (4) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam pembentukan nilai-nilai karakter islami siswa melalui pembiasaan di MTs terpadu Ar-Roudloh Cileunyi Bandung.

References

Addimasyqi, Muh. Jamaluddin Al Aqasimi, 1975, Mauidzatul Mukminin, terj. Moh. Abda’I Rathomy, Bandung: CV Diponegoro.

Ahmadi, 1992, Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

Ali, Hery Noer, 1999, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Andayani, Dian, 2013, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung:PT Rosadakarya.

Arief, Armai, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, 2007, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Daradjat, Zakiah, Peranan Agama dalam Kesehatan Mental, Jakarta: Gunung Agung.

Daulay, Haidar Putra, 2007, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2002, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gunawan, Heri, 2012, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta.

Hereditas adalah pewarisan watak dari induk ke keturunannya baik secara biologis melalui gen (DNA) atau secara sosial melalui pewarisan gelar, atau status sosial. http://id.wikipedia.org/wiki/Hereditas.

Ihsan, Hamdani, 2002, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Kementerian Pendidikan Nasional, 2011, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter; Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, 2013, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mawardi Lubis, 2014, Evaluasi Pendidikan Nilai Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN, Bengkulu: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J, 2002, Metodologi Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E., 2013, Manajememen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Muslich, Masnur, 2011, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.

Nata, Abuddin, 1997, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Prayitno dan Belferik Manulang, 2011, Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa, Jakarta: PT Grasindo.

Purwanto, M. Ngalim, 1993, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Balai Pustaka.

Ramayulis, 2001, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia

________, 2004, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Samani, Muchlas dan Hariyanto, 2013, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT Rosdakarya.

Silalahi, Ulber, 2012, Metode Penelitian Sosial, Bandung: PT Refika Aditama.

Syah, Darwyn, 2007, Perencanaan Sistehm Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Gaung Persada Press.

Syah, Muhibbin, 2000, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ulwan, Abdullah Nasih, 1988, Tarbiyatul Aulad fil Islam, Terj. Saiful Kamali, Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, Bandung: Asy-Syifa’.

Yusuf, Syamsu, 2005, Psikologi Belajar Agama (Perspektif Agama Islam), Bandung: Anggota IKAPI.

Downloads

Published

2017-02-20

How to Cite

Sugiharto, R. (2017). PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN. EDUCAN : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 1(1). https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1299

Issue

Section

Articles