Analysis of the Influence Physical Education on Character Development of Elementary School Students

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9749

Kata Kunci:

pendidikan jasmani, karakter, siswa, sekolah dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan jasmani terhadap pembangunan karakter siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pendidikan jasmani dalam pembentukan karakter siswa di usia dini, mengingat karakter yang baik dapat membantu siswa dalam menghadapi tantangan dan situasi kehidupan di masa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dengan mengumpulkan data dari sumber-sumber terpercaya seperti jurnal ilmiah, buku, dan artikel terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik content analysis untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pengaruh pendidikan jasmani pada pembangunan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan jasmani dapat membantu siswa dalam membentuk karakter yang baik seperti disiplin, kerja keras, percaya diri, kerjasama, dan lain sebagainya. Selain itu, pendidikan jasmani juga dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental siswa. Berdasarkan hasil analisis, kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa pendidikan jasmani memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembangunan karakter siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, pendidikan jasmani harus diberikan dengan serius dan terintegrasi dengan kurikulum sekolah untuk memastikan bahwa siswa dapat mengembangkan karakter yang baik dan sehat secara holistik.

Referensi

Al-Muqsith. (2018). Somatotipe Dan Fisiologi Pemain Sepak Bola. AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 1(2), 57. https://doi.org/10.29103/averrous.v1i2.410

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: pedoman teoritis praktisi pendidikan.

H Herman. Riady. (2018). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani. Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 1. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1333

Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Pengembangan Model Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT Dalam Pembelajaran PJOK Pada Guru SD Negeri Se-Kecamatan Seluma. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14911

Hermawansyah, A., Sumaryanto, Ariestika, E., & Hita, I. P. A. D. (2021). Sport and well-being: Frequency of physical activity and life satisfaction. Journal Sport Area, 6(3), 377–384. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(3).6583

Hidayati, R. (2019). Peran Orang Tua : Komunikasi Tatap Muka Dalam Mengawal Dampak Gadget Pada Masa Golden Age. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.35308/source.v5i2.1396

Hita, I. P. A. D., Kushartanti, B. M. W., Ariestika, E., Widiyanto, & Nizeyumukiza, E. (2021). The Association Between Physical Activity and Self-Rated Health Among Older Adults. Journal of Population and Social Studies, 29, 450–458. https://doi.org/10.25133/JPSSv292021.028

Hita, I. P. A. D., Kushartanti, B. M. W., & Nanda, F. A. (2020). Physical Activity, Nutritional Status, Basal Metabolic Rate, and Total Energy Expenditure of Indonesia Migrant Workers during Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 122–128. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i2.26791

Iswati, Fauziah, N. S., & Rahmawati, H. (2018). Permainan Tradisional untuk Menguatkan Karakter Toleransi pada Siswa di Sekolah. April.

Junaedi, A. (2021). Perbedaan Minat Siswa dalam Pembelajaran PJOK antara Model Luring dan Daring di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.

Maesaroh, S., Hasna, A., DR, Y., & ZN, F. (2019). Penerapan Metode Cooperative Learning dengan Memanfaatkan Aplikasi Google Classroom sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Karakter Kebaikan Siswa Menengah Pertama. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 168–172.

Malik, A. A., & Rubiana, I. (2019). Kemampuan Teknik Dasar Bola Basket: Studi Deskriptif Pada Mahasiswa. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 79–84. https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1238

Miftachul. (2019). Penguatan Karakter Toleransi Melalui Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pjok Di Sekolah Dasar. 10, 130–145.

Norlena. (2017). Keadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 24 Tahun 2007. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2.

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 09(01), 511–519.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.

Suwandaru, C., & Hidayat, T. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Volume 09 Nomor 01 Tahun 2021, 113 – 119, 09, 113–119.

Trimantara, I. K. B. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Students Center Learning (SCL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2613-9693 2613-9685), 16–23.

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2023-03-27

Diterima

2023-06-09

Diterbitkan

2023-06-28

Cara Mengutip

Kamaruddin, I., Susanto, N., Hita, I. P. A. D., Pratiwi, E. Y. R., Abidin, D., & Laratmase, A. J. (2023). Analysis of the Influence Physical Education on Character Development of Elementary School Students. At-Ta’dib, 18(1), 10–17. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9749

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama