PENGAJARAN BAHASA DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF: Analisis atas Teori Transformatif-Generatif Noam Chomsky
DOI:
https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i1.569Kata Kunci:
Kompetensi Bahasa, Performansi Bahasa, Kompetensi KomunikatifAbstrak
Sebagai alat interaksi verbal, bahasa dapat dikaji secarainternal maupun secara eksternal. Secara internal kajian dilakukanterhadap struktur internal bahasa itu mulai dari strukturfonologi, morfologi, sintaksis, sampai struktur wacana. Kajiansecara eksternal berkaitan dengan hubungan bahasa denganfaktor-faktor atau hal-hal yang ada di luar bahasa, seperti faktirsosial, psikologi, seni dan sebagainya.Pembelajaran bahasa sebagai salah satu masalah komplekmanusia karena hal ini termasuk kajian bahasa internal maupuneksternal yang berkenaan dengan masalah bahasa dan kegiatanberbahasa. Sedangkan kegiatan berbahasa itu bukan hanyaberlangsung secara mekanistik tetapi juga secara mentalistik.Artikel ini mencoba menguraikan suatu bentuk pendekatankomunikatif yang diusung dalam teori transformativegeneratifmenurut Noam Chomsky, seorang linguis Amerika.Hal ini diharapan agar pembelajaran bahasa mampu memperkayapendekatan yang digunakan dalam pembelajaran bahasadan tidak terpaku pada satu jenis pendekatan yang selama inidigunakan. Sehingga mampu menghadirkan suasana belajarbahasa yang komunikatif dan mencapai sasaran.##submission.downloads##
Telah diserahkan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).

AT-TA'DIB: Journal of Pesantren Education Published by Faculty of Tarbiyah, University of Darussalam Gontor, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/index


