Konsep Mutu dan Kepuasan Pelanggan dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Samsirin . Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v10i1.336

Keywords:

Mutu, Kepuasan Pelanggan, TQM, Pendidikan Islam

Abstract

Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan ke sistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satu cara yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negaranegara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu. Dan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan cara memperhatikan Total Quality Management (TQM) . Sistem Total Quality Management merupakan strategi manajemen yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi. Maka diharapkan pendidikan Islam mengimplementasikan konsep TQM yang sesuai dan cocok dengan tujuan dan filosofi pendidikan Islam untuk meningkatan kualitas layanan pendidikan yang berwawasan bermutu sehingga akan mampu bertahan sesuai dengan kebutuhan masyarakat tanpa menghilangkan tujuan utama pendidikan Islam.

Downloads

Published

2016-01-26

How to Cite

., S. (2016). Konsep Mutu dan Kepuasan Pelanggan dalam Pendidikan Islam. At-Ta’dib, 10(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v10i1.336