Inggris

Penulis

  • Mardiyah Mardiyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • M. Yunus Abu Bakar Sunan Ampel Islamic State University, Surabaya. Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21111/attadib.v19i2.10268

Kata Kunci:

Supervisi SDM, Penilaian Kinerja Guru, Era revolusi industri 4.0. Era society 5.0

Abstrak

Upaya perbaikan di bidang pendidikan merupakan suatu keharusan untuk selalu dilaksanakan agar suatu bangsa dapat maju dan berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini sudah memasuki era revolusi industri 4.0 dan era society 5.0 dimana manusia dituntut untuk menyelesaikan permasalahan sosial dengan inovasi dan berpusat pada teknologi. Pembahasan  ini bertujuan untuk mengetahui teori-teori supervisi SDM yang tepat di era revolusi industri 4.0 dan era society 5.0 agar dapat meningkatkan kualitas guru yang semakin dituntut untuk menguasai teknologi. Penyusunan artikel ini dilakukan menggunakan metode library research yang terdiri dari, penentuan tema pembahasan, pencarian sumber referensi sesuai dengan tema pembahasan, penyusunan isi materi, dan penyimpulan hasil dari beberapa artikel referensi. Teori yang digunakan adalah hubungan antara fungsi supervisi SDM dengan kualitas guru di era revolusi industri 4.0 dan era  society 5.0. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa  di era sekarang harus melakukan pembeharuan sesuai kebutuhan, pendidikan dan pelatihan dikemas menjadi sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan pola pikir, inovasi baru, dan juga penguasaan teknologi para guru di sekolah, sehigga mampu menciptakan pembelajaran yang modern sesuai kebutuhan zaman.  

Referensi

Alwiyati, Alwiyati. ‘Penggunaan Supervisi Akademik Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (Tik) Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran Di Sdn Kuin Cerucuk 5 Banjarmasin’. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik 1, no. 2 (n.d.): 409645. https://www.julak.online/index.php/Jurnal/article/view/40.

Anggraini, Septin. ‘Peran Supervisi BK Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru BK’. In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1:332–41, 2017. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk.

Arifin, I. ‘Penguatan Literasi Humanistik Bidang Manajemen Pendidikan Menghadapi Tantangan Dan Peluang Era Revolusi Industri 4.0. Dan Society 5.0. Makalah Internasional Seminar Program 3 in 1’, n.d.

Astuti, P. ‘Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Di SD Negeri 3 Depok Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek’. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 2021. https://doi.org/10.28926/jpip.v1i2.183.

Danial, Adang, Mumu Mumu, and Dedi Nurjamil. ‘Model Supervisi Akademik Berbasis Digital Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD’. Jurnal Educatio FKIP UNMA 8, no. 4 (2022): 1514–21. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3922.

Danim, Sudarwan. Media Komunikasi Pendidikan: Pelayanan Profesional Pembelajaran Dan Mutu Hasil Belajar. Bumi Aksara, 1995.

Faisal, Eko. ‘Pengembangan Supervisi Akademik Model 212 Berbasis Digital’. Pelita Eduka 1, no. 1 (2021). https://doi.org/ISSN: 2797-8958, e-ISSN: 2798-4206.

Guntoro, David, and Achmad Rifai RC. ‘Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbantuan E-Supervision Berbasis Web’. Educational Management 5, no. 2 (2016): 122–28. https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/12967.

Halim, Abdul. ‘Pengembangan Kompetensi Guru Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi Abad-21’. Thesis Commons, 2022. http://dx.doi.org/10.31237/osf.io/9nxrw.

Haris, Ikhfan, Fory A Naway, and Wiwy T Pulukadang. ‘Technology Approaches to School Supervision: The Way to Improve School Supervision Practice in Remote/Disadvantaged Areas’. International Journal of Innovation, Creativity and Change 5, no. 5 (2019): 97–107. https://www.ijicc.net/index.php/volume-5-2019/148-vol-5-iss-5.

Ilham, Ilham. ‘Pendidikan Islam Di Madrash: Suatu Kajian Permasalahan Dan Solusi Pendidikan Madrasah Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam’. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 4, no. 2 (2020): 103–24. https://doi.org/10.52266/tadjid.v4i2.516.

Juwita, Juwita. ‘Mengembangkan Kompetensi Profesional Widyaiswara Dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh (E-Learning) Dimasa Pandemi Covid 19’. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 6, no. 4 (2021): 1754–72. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i4.2544.

Kristiawan, Muhammad, Irmi Suryanti, M Muntazir, Areli Ribuwati, and Agustina AJ. Inovasi Pendidikan. Jawa Timur: Wade Group National Publishing, 2018.

Kusumawati, Erna. ‘Analysis of the Relationship between the School Principal’s Visionary Leadership and Kindergarten Teachers’ Performance’. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research 4, no. 1 (2023): 89–97. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i1.526.

Leonard, Leonard. ‘Kompetensi Tenaga Pendidik Di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru Dan Solusi Perbaikannya’. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5, no. 3 (2016). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643.

Mariyamah, Mariyamah. ‘Penerapan Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Untuk Meningkatkan Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Di SD Negeri 170/Ix Marga Pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020’. Jurnal Literasiologi 3, no. 3 (2020). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i3.110.

Mastuhu. Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional Dalam Abad 21 (Cet. Ke4). Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2004.

Maulida, Hira, Muhamad Abid, Dede Andi, Melda Wiguna, and Irfan Rizka Akbar. ‘Memacu Kualitas SDM Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Rumah Tahfidz Al Hikam, Kel. Pondok Kacang Timur, Kec. Pondok Aren. Tangerang Selatan’. DEDIKASI PKM 2, no. 2 (2021): 233–38.

Meika, Nafa Nur. ‘Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Secara Daring Terhadap Kinerja Mengajar Guru Smp Negeri Di Kecamatan Cicendo Kota Bandung Pada Masa Pandemi Covid-19 COVID-19’. Thesis: Universitas Pendidikan Indonesia, 2021.

Miles, Matthew B, A Michael Huberman, and Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage publications, 2018.

Muklis, Muklis. ‘Supervisi Pendidikan Agama Islam Berbasis Aplikasi E-Pengawas Di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu’. Thesis: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021.

Nastiti, Faulinda Ely, and Aghni Rizqi Ni’mal ‘Abdu. ‘Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0’. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 5, no. 1 (2020): 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061.

Noor, Muhammad. ‘Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik’. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 1 (2018): 45–60. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v8i1.2177.

Oviyanti, Fitri. ‘Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan Di Era Global’. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2016): 267–82. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.562.

Patton, Michael Quinn. Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice. Sage publications, 2014.

Purnamawati, Risa Fahriyani, Rais Hidayat, and Henny Suharyati. ‘Development of Supervision Instrument Application Model through the Utilization of Android-Based Technology for School Heads’. International Journal of Global Operations Research 1, no. 4 (2020): 143–50. https://doi.org/10.47194/ijgor.v1i4.60.

Purpuniyanti, Menik, and Yari Dwikurnaningsih. ‘Supervisi Akademik Dengan Aplikasi Google Form Untuk Peningkatan Kreativitas Guru Dalam Pelaksanaan PJJ’. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 18–29, 2021. https://doi.org/10.33363/sn.v0i6.161.

Rahayu, Suciana, and Anita Sindar. ‘Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting’. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika 2, no. 2 (2022): 103–12. https://doi.org/10.54082/jiki.28.

Rini, Fitri Setyo, and Achmad farouq Abdullah. ‘Utilization of Visual Learning-Based Arabic Learning Multimedia to Improve Arabic Language Skills of Female Students at University of Darussalam Gontor’. At-Ta’dib 15, no. 2 (2020): 125–44. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v15i2.5121.

Rivai, Rivai, Mursalim Umar Gani, and Moh Zulkifli Murfat. ‘Organizational Culture and Organizational Climate as a Determinant of Motivation and Teacher Performance’. Advances in Social Sciences Research Journal 6, no. 2 (2019). https://doi.org/10,14738/assrj.

Rupiah, Rupiah. ‘Utilization Of Information And Communication Technology (Ict) In Academic Supervision During The Covid-19 Pandemic’. Jurnal As-Salam 5, no. 2 (2021): 120–28. https://doi.org/10.37249/assalam.v5i2.304.

Sahertian, Piet A. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Penerbit Rineka Cipta, 2000.

Sariani, Ni Luh Putu. ‘Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Bhr Law Office’. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 2, no. 2 (2020): 115. https://doi.org/10.38043/jimb.v2i2.2313.

Satria, Rachmat Rachmat, Rachmat Satria, and Mustiningsih Mustiningsih. ‘Supervisor in Era Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0’. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), 596–601. Atlantis Press, 2019. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.147.

Steinberg, Matthew P, and Lauren Sartain. ‘What Explains the Race Gap in Teacher Performance Ratings? Evidence from Chicago Public Schools’. Educational Evaluation and Policy Analysis 43, no. 1 (2021): 60–82. https://doi.org/10,3102/0162373720970204.

Sugiyono. ‘Memahami Penelitian Kualitatif’. Bandung: Alfabeta, 2015.

Sulastri, Sulastri. ‘Supervisi Akademik Berbasis TIK Di SDN 013 Bukit Bestari Tanjungpinang’. Indonesian Journal of Educational Development 2, no. 1 (2021): 88–97. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781861.

Suprananto, Kusaeri. ‘Pengukuran Dan Penilaian Pendidikan’. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Ar-Ruzz Media, 2013.

Sutiah, Sutiah, Slamet Slamet, Asmara Shafqat, and Supriyono Supriyono. ‘Implementation of Distance Learning during the Covid-19 Pandemic in Faculty of Education and Teacher Training’. Cypriot Journal of Educational Science 15, no. 1 (2020): 1204–14. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i5.5151.

Syaikhudin, Ahmad. ‘Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran’. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan 7, no. 2 (2013): 301–18. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/lisanalhal/article/view/66.

Syukri, Syukri. ‘Peningkvatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Di SMPN 8 Satu Atap Langgudu Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021’. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala 5, no. 6 (2020). http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1642.

Tamam, Badrut. ‘Reorientasi Pendanaan Pendidikan Dalam Membangun Mutu Sekolah’. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat 1, no. 2 (2018): 44–57. https://doi.org/10.24853/ma.1.2.44-57.

Ulfathmi, Ulfathmi, Yasir Arafat, and Andi Arif Setiawan. ‘The Influence of Principal Leadership and Work Motivation on Teacher Performance’. Journal of Social Work and Science Education 2, no. 2 (2021): 160–68. https://doi.org/10,52690/jswse.v2i2.238.

Wijayanti, Dian Marta. Guru Zaman Now (Guruku, Sahabatku). Semarang: Formaci, 2017.

Zarkasi, Taqiudin. ‘Supervisi Pendidikan Bebasis ICT (Supervisi Berbasis Internet)’. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2018): 17–25. https://doi.org/10.3454/at-tadbir.v1i2.3008.

Zubaidah, R A, Siswoyo Haryono, and Udin Udin. ‘The Effects of Principal Leadership and Teacher Competence on Teacher Performance: The Role of Work Motivation’. Calitatea 22, no. 180 (2021): 91–96.

Zulkifli, Zulkifli. ‘Analisis Kompetensi Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0’. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 4, no. 3 (2020). https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1286.

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2023-06-23

Diterima

2024-12-22

Diterbitkan

2024-12-25

Cara Mengutip

Mardiyah, M., & Abu Bakar, M. Y. . (2024). Inggris. At-Ta’dib, 19(2), 261–279. https://doi.org/10.21111/attadib.v19i2.10268