PENGARUH MEDIA EDUKASI BROSUR, KALENDER DAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN, AKTIVITAS FISIK DAN ASUPAN MAKANAN

Authors

  • Salma Yahya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ratih Kurniasari Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.21111/dnj.v9i1.13071

Keywords:

asupan gizi, aktivitas fisik, media gizi, pengetahuan gizi seimbang

Abstract

Latar belakang: Remaja mengalami berbagai perubahan fisik dan psikologis yang memengaruhi kesehatan. Banyak remaja yang cenderung mengonsumsi makanan tidak bergizi, berisiko terhadap masalah gizi seperti obesitas. Media edukasi tentang gizi seimbang menjadi penting untuk meningkatkan pengetahuan remaja obesitas. Tujuan: Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh media edukasi meliputi brosur, kalender dan video animasi terhadap pengetahuan, aktivitas fisik dan asupan remaja yang memliki status gizi overweight dan obesitas. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design, dan rancangan Pre-Post Test Design. Sampel terdiri dari 30 siswa SMAN 1 Telukjambe yang diambil secara purposive sampling. Terdapat tiga jenis media edukasi: brosur, kalender motivasi, dan video animasi. Data dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner pengetahuan gizi, kuesioner IPAQ untuk data aktivitas fisik, dan 24-H Recall untuk data asupan. Data dianalisis dengan menggunakan uji paired T-Test dan Wilcoxon Hasil: Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan terhadap pengetahuan gizi setelah pemberian edukasi dengan menggunakan media edukasi seperti brosur (p value = 0,04) dan video animasi (p value = 0,018) atau (p value < 0,05) sedangkan tidak ada peningkatan pengetahuan pada media kalender motivasi (p value > 0,05).  Tidak terdapat pengaruh pemberian media brosur, kalender dan video animasi terhadap peningkatan aktivitas fisik dan asupan (p value > 0,05). Kesimpulan: Media brosur dan animasi berpengaruh terhadap meningkatkan pengetahuan gizi remaja, tetapi tidak berpengaruh pada asupan dan aktivitas fisik. Media kalender edukasi tidak berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan, aktivitas fisik dan asupan.

References

Afifah A. P., & Sefrina, L. R. 2024. Pengaruh Media Poster Terhadap Pola Makan Dan Pola Tidur Dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja Di SMAN 1 Pedes. Journal of Social Science Research, 4, 9382–9393. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.12916

Adilah Pradipta Syahri, R. K. 2024. Pengaruh Pemberian Konseling Gizi terhadap Pemilihan Makan Remaja Obesitas : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 7(2), 307–312.

https://doi.org/https://doi.org/10.56338/ mppki.v7i2.4490

Andi, Paraqleta Nur Eli, Nurhikmawati, Irmayanti, Safei, I., & Syamsu, R. F. 2023. Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Overweight pada Tenaga Kependidikan di Universitas Muslim Indonesia. Fakumi Medical Journal: Jurnal Mahasiswa Kedokteran, 2(12), 914–922. https://doi.org/10.33096/fmj.v2i12.168

Aprilia Nur Rohmah, Inna Solihati Embrik, & Ayu Pratiwi. 2023. Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Mengenai Gizi Seimbang Dengan Angka Kejadian Obesitas Pada Siswa SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang. Jurnal Dunia Ilmu Kesehatan (JURDIKES), 1(2), 60–63. https://doi.org/10.59435/jurdikes.v1i2.152

Asyrofi, Ahmad., Arisdianai, Triana. 2024. Program Pengabdian masyarakat Untuk Mengatasi Obesitas di Kabupaten Kendal. Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(4)

Cholidhazia, P., Rahayu, K. M., & Supriyanto, A. 2024. Gerakan Pelestarian Lingkungan Digital Memanfaatkan Blog Dengan Platform Wix Pada Siswa Madrasah Aliyah Al Azhar Asy Syarif Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 3(1), 156. https://doi.org/10.36722/psn.v3i1.2566

Dong, X., Chen, L., Liu, Y., Zhao, L., & Wang, W. 2023. Effects of pocket money on weight status among junior high school students: A longitudinal study in China. Medicine (United States), 102(41), https://doi.org/10.1097/MD.0000000000034513

Femyliati, R., & Kurniasari, R. 2022. Pemanfaatan Media Kreatif Untuk

Edukasi Gizi ada Remaja (Literatur Review). Hearty Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 16–22.

Faizal, A. 2019. Gambaran Faktor - Faktor Penyebab Masalah Berat Badan ( Overweight ) Atlet Pencak Silat Pada Masa Kompetisi. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 1, 65–78.

Gifari, N., Nuzrina, R., Ronitawati, P., Sitoayu, L., & Kuswari, M. 2020. Edukasi gizi seimbang dan aktivitas fisik dalam upaya pencegahan obesitas

remaja. Jurnal Masyarakat Mandiri (1),55–62. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1749

Indayah, I., Hidayati, N., Santoso, E. B., Studi, P., Gizi, I., Kesehatan, I., Surabaya, B., & Keperawatan, I. 2022. Faktor Yang Berhubungan dengan Tingkat Obesitas Pada Remaja Akhir SMA X di Sidoarjo. Graha Medika Public Health Journal, 1(2), 2829–1956. https://journal.iktgm.ac.id/index.php/publichealth

Hanum, A. M. 2023. Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Obesitas Pada Remaja. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 9(2), 137–147. https://doi.org/10.22487/htj.v9i2.539

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Pedoman Gizi Seimbang

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Standar Antropometri Anak (Vol. 2507, Issue February)

Mahmudah, N. A., Luthfiya, L., Sari, F. K., Sabrina, K. F., & Syafitri, H. A. 2023. Penyuluhan Dan Pemberian Poster ‘Food Safety’ Untuk Peningkatan Pengetahuan, Sikap, Serta Perilaku Penjamah Makanan Di Universitas Pesantren. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1193–1199. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1047

Meidiana, R., Simbolon, D., & Wahyudi, A. 2018. Pengaruh Edukasi melalui Media Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Overweight. Jurnal Kesehatan, 9(3), 478. https://doi.org/10.26630/jk.v9i3.961

Nutrifiani, J., & Kurniasari, R. 2023. Edukasi Gizi Menggunakan Media Video Animasi dan Poster terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang pada Remaja. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(3), 503–506. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i3.2929

Prasetya, G., Nur Sartika, A., Eka Sari, A., Fadhilah, T. M., Noerfitri, N., & Rahmah Alamsyah, P. 2023. Edukasi Gizi Seimbang Dan Penilaian Status Gizi Pada Remaja Sma/Smk Di Kota/Kabupaten Bekasi. Jurnal Mitra Masyarakat, 4(1), 7–14. https://doi.org/10.47522/jmm.v4i1.159

Pibriyanti, K., Ayu Puspitarini, A., Luthfiya, L., bela Dyah Ajeng Panganti, O., Anggraini Lintang, E., Ningrum, R., & Wulan Safitri, R. 2023. Edukasi Keamanan Pangan Di Kantin Kampus Putri Unida Gontor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 721–727. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3716

Sabillah Leviana, Y. A. 2024. Analisis Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Siswa-Siswi Kelas V Di Sdn Jatiwaringin Xii Kota Bekasi. Malahayati Nursing Journal, 6, 1635–1656

Sembiring, B. A., Rosdewi, N. N., &

Yuningrum, H. 2022. Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Obesitas pada Remaja di SMA Swasta Cerdas Bangsa, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Medan. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 7(1), 87. https://doi.org/10.35842/formil.v7i1.421

Downloads

Submitted

2024-11-12

Accepted

2025-03-21

Published

2025-05-16

How to Cite

Yahya, S., & Kurniasari, R. (2025). PENGARUH MEDIA EDUKASI BROSUR, KALENDER DAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN, AKTIVITAS FISIK DAN ASUPAN MAKANAN. Darussalam Nutrition Journal, 9(1), 89–98. https://doi.org/10.21111/dnj.v9i1.13071