التأصيل الفقهي لباب الزكاة عند إمام زركشي

Authors

  • Khurun’in Zahro’ Universitas Darussalam Gontor
  • Sunan Autad Sarjana Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/jicl.v4i1.6409

Abstract

Ajaran Ilmu Fiqih KH Imam Zarkasyi meliputi aspek konten kurikulum dengan tema pengembangan  kurikulum pendidikan Islam multikultural, yang telah mengembangkan kurikulum  kitab fiqih dari kajian pada madzhab Syafi’i, teologi serta tasawuf, yang diperluas dan diperdalam dengan kajian kitab fiqih lintas madzhab juga penguasaan bahasa Arab sebagai alat bantu untuk memahaminya. Dengan ini, kajian partikular seperti fiqih lintas madzhab membentuk pola pikir yang kritis, sikap terbuka, toleran dan demokratis dalam memahami ajaran Islam secara universal kontekstual. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana asal usul Ilmu Fiqh KH. Imam  Zarkasyi tentang Bab Zakat. Penelitian ini merupakan penelitian literatur (Library Research), dengan metode kualitatif, dengan pengumpulan data. Peneliti menggunakan metode pengolaan data untuk menganalisa. Penulis menggunakan metode pengumpulan data melalui dokumentasi untuk mengetahui Asal Usul Fiqh KH. Imam Zarkasyi tentang bab zakat. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku fiqh karya KH Imam Zarkasyi mencankup pendapat dari imam empat mazhab, yang merupakan rujukan dasar ilmu-ilmu fiqih dan banyak mengambil dari kitab dari mazhab Syafi'i yang sesuai dengan keadaan masyarakat pada umumnya,  sehingga dapat digunakan bagi para guru di Kulliyatul Mu’aliimin al-Islamiyah.Kata Kunci: Ilmu Fiqih, KH Imam Zarkasyi, Zakat.

References

البغدادي، علي بن مُحَمَّد بن حبيب بو الحسن علي محمد بن محمد بن حبيب البصري. النكت والعيون تفسير بو الحسن علي محمد بن محمد بن حبيب البصري البغدادي، دار الكتب العلمية، بيروت.

البكري، أبو بكر. 1997. إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين هو حاشية على فتح المعين بشرح قرة العين بمهمات الدين، الجزء الثاني، طبعة الأولى،دار الفكر للطباعة والنشر والتوريع.

تايعلى، القاضي أبو، الأحكام السلطانية للفراء. 2000. بيروت: دار الكتب العلمية.

الجواهري. 1999. معجم اللغة، تحقيق: إميل بديع، الجزء.الأول، طبعة.الأولى، دارالكتب العاميةبيروت.

الحافظ، عبد الله، الإمام. 1998. صحيح البخاري، بيت الأفكار الدولية للنش، رياض.

الخن، مصطفى. 2012. الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي رحمه الله تعالى، الجزء الأول، طبعة الثالث عشر، دمشق: دارالقلم.

الدريني، فتح. بحوث مقارنة في الفقه الإسلامي و أصوله، مؤسسى الرسالة ناشرون، دمشق.

السّهارنفوري، الإمام المحدّث الكبيرالشّيخ خليل أحمد. 2006. بدل المجهود فيحلّ سنن أبي داود في كتاب الزكاة، الجزء السادس، مركزالشيخ أبي الحسن الندوي، الهند.

الشوكاني، إرشاد الفحول، الجزءالأول.

العاتيبي، خالد شجاع. 2019. احكام وفتاوى الزكاة والصدقات النذور والكفارات، طبعة 13، مكتب الشئون الشرعية،كويت.

عبد الرحمن، الشيخ عمر محمد عمر. تكسير كتاب الزكاة في افقه الإسلامي، شبكة الألوكة قسم الكتب.

العقل، ناصر بن عبد الكريم العلي. مجمل أصول أهل السنة، دروس صوتية بتفريغها موقع الشبكة الإسلامية الجزءالثاني.

Published

2021-08-16

How to Cite

Zahro’, K., & Sarjana, S. A. (2021). التأصيل الفقهي لباب الزكاة عند إمام زركشي. Journal of Indonesian Comparative of Syari’ah Law, 4(1), 108–123. https://doi.org/10.21111/jicl.v4i1.6409