PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PELAKU USAHA PADA TRANSAKSI BISNIS SOCIAL COMMERCE TIKTOK SHOP (PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM)

Authors

  • Widadatul Ulya Universitas Perwira Purbalingga

DOI:

https://doi.org/10.21111/jicl.v6i1.9746

Abstract

Social commerce merupakan media transaksi bisnis melalui sistem elektronik yang dikembangkan dalam aplikasi social media. TikTok Shop menjadi social commerce yang tumbuh akif sejak tahun 2020 dan diminati konsumen. Transaksi bisnis menggunakan aplikasi social commerce tidak memerlukan adanya tatap muka ataupun prosedur know your customer berdampak pada kemudahan munculnya tindak pidana, seperti penipuan dan pencurian data pribadi yang mengancam pelaku usaha (seller). Oleh sebab itu, sangat penting dilakukan analisis bentuk perlindungan hukum bagi pelaku usaha dalam transaksi bisnis social commerce, khususnya TikTok Shop. Penelitian dengan jenis kualitatif ini menggunakan metode kepustakaan dan pendekatan yuridis normatif. Data sekunder yang terkumpul dianalisis dan diuraikan secara deskriptif untuk memberikan pemahaman yang komprehensif. Penelitian ini menarik kesimpulan bahwa bentuk perlindungan hukum bagi pelaku usaha secara preventif termuat dalam KUH Pidana, UUPK, UU ITE, PP PMSE dan Permendag No. 50/2020, dimana pelaku usaha berhak atas perlindungan hukum dari tindakan konsumen yang beritikad tidak baik. Jika terjadi tindak pidana penipuan oleh konsumen, maka konsumen dapat dihukum pidana maksimal 4 tahun. Menurut perspektif hukum Islam pelaku usaha dapat menerapkan prinsip kehati-hatian, agar terhindar dari maysir, gharar dan riba’, sehingga tercipta iklim persaingan usaha yang adil dan sehat.

References

Alfaqiih, Abdurrahman. “Prinsip-Prinsip Praktik Bisnis Dalam Islam Bagi Pelaku Usaha Muslim.” Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM 24, no. 3 (July 2017): 448–66. https://doi.org/10.20885/iustum.vol24.iss3.art6.

Azazy, Yusup. “Prinsip Bisnis dalam Perspektif Hukum Ekonomi Islam,” 2018.

Barkatullah, Abdul Halim. Framework Sistem Perlindungan Hukum Bagi Konsumen di Indonesia. Bandung: Nusa Media, 2017.

Berata, Bagus Made Bama Anandika, and I.G.N Parikesit Widiatedja. “Perlindungan Hukum Terhadap Pelaku Usaha Terkait Wanprestasi Yang Dilakukan Konsumen Dengan Cara Hit and Run.” Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, 4, no. 3 (February 2016). https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/18932.

Brammantyo, RizkiYudha, and Irham Rahman. “Legal Protection of E-Commerce Consumers in Online Transactions in Indonesia.” American Journal of Social Sciences and Humanities 4, no. 2 (2019): 358–68. https://doi.org/10.20448/801.42.358.368.

Bukit, Jonneri, Made Warka, and Krisnadi Nasution. “Eksistensi Asas Keseimbangan Pada Kontrak Konsumen Di Indonesia.” DiH Jurnal Ilmu Hukum 14, no. 28 (Agustus 2018): 24–32.

Dihni, Vika Azkiya. “Pengguna TikTok Terus Bertambah Sampai Kuartal I 2022.” https://databoks.katadata.co.id, July 19, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/pengguna-tiktok-terus-bertambah-sampai-kuartal-i-2022.

Fitria, Tira Nur. “Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara.” JURNAL ILMIAH EKONOMI ISLAM 3, no. 01 (March 31, 2017): 52. https://doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99.

Ghofur, Abdul. “Konsep Riba dalam Al-Qur’an.” Economica: Jurnal Ekonomi Islam 7, no. 1 (May 31, 2016): 1–26. https://doi.org/10.21580/economica.2016.7.1.1030.

Habiburrahman, Rudi Arahman, and Siti Lamusiah. “Transaksi yang Mengandung Unsur Riba, Maysir, dan Gharar dalam Kajian Tindak Tutur.” Jurnal Ilmiah Telaah 5, no. 2 (July 2020): 28–35.

Hernawati, Hernawati, and Istiqamah Istiqamah. “Implementasi Prinsip-Prinsip Hukum Islam dalam Praktik Sewa Guna Usaha (Leasing).” Qadauna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Keluarga Islam 2, no. 1 (January 2, 2021): 51–68. https://doi.org/10.24252/qadauna.v2i1.15987.

Idris, Muhammad Anwar. “Transaksi Jual Beli Online Dalam Perspektif Hadis (Kajian Holistik Antaradhin).” Qawãnïn Journal of Economic Syaria Law 6, no. 1 (August 12, 2022): 107–23. https://doi.org/10.30762/qawanin.v6i1.79.

K, Sangeetha M., and Suchitra R. “The Study of E-Commerce Security Issues and Solutions.” International Journal of Engineering Research 4, no. 27 (2016).

Michael, G, A R Arunachalam, and S Srigowthem. “ECOMMERCE TRANSACTION SECURITY CHALLENGES AND PREVENTION METHODS- NEW APPROACH.” International Journal of Pure and Applied Mathematics 116, no. 13 (2017). http://www.ijpam.eu.

Muchtar, Evan Hamzah. “Konsep Hukum Bisnis Syariah dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah (2) Ayat 168-169 (Kajian Tematis Mencari Rezeki Halal).” Ad Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 2, no. 02 (December 30, 2018): 156. https://doi.org/10.30868/ad.v2i02.354.

Nalurita, Wening, Nynda Fatmawati Octarina, and Abdul Talib Bon. “Legality of Electronic Business Actor Registration Regulations (E-Commerce).” Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Riyadh,Saudi Arabia, 26/11 2019.

Populix. “The Social Commerce Lanscape in Indonesia.” Populix, September 9, 2022. https://info.populix.co/report/the-social-commerce-in-indonesia/.

Pradana, Mahir. “Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia.” MODUS 27, no. 2 (March 20, 2016): 163. https://doi.org/10.24002/modus.v27i2.554.

Ruhiatudin, Budi. Pengantar Ilmu Hukum. Yogyakarta: Cakrawala Media, 2013.

Sandrina, Gusti Ayu, and I. Made Dedy Priyanto. “Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Ketidaksesuaian Kualitas Barang Yang Dibeli Pada Aplikasi Belanja TikTok Shop.” Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum 11, no. 3 (January 30, 2023): 487–97. https://doi.org/10.24843/KS.2023.v11.i03.p.03.

Santoso, Vira Aprillia. “Legal Protection on E-Commerce Transactions: Problems and Challenges in Global Business.” Semarang State University Undergraduate Law and Society Review 1, no. 2 (July 31, 2021): 101–12. https://doi.org/10.15294/lsr.v1i2.50552.

Setiadi, Ahmad. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi.” Cakrawala : Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika 16, no. 2 (September 9, 2016). https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/1283.

Siregar, Padian Adi Salamat. “Keabsahan Jual Beli Melalui Internet Ditinjau Dari Hukum Islam.” Jurnal EduTech 5, no. 1 (2019). https://media.neliti.com/media/publications/379329-none-6dbf3098.pdf.

The Ecomonic Times News. “TikTok Faces Ban in Universities in US. Here’s Why, Check Full List.” Https://Economictimes.Indiatimes.Com/, January 19, 2023. https://economictimes.indiatimes.com/news/international/us/tiktok-faces-ban-in-universities-in-us-heres-why-check-full-list/articleshow/97144812.cms?utm_source=contentofinterest&utm_medium=text&utm_campaign=cppst.

Ulya, Widadatul. “Tabungan Emas Digital di E-Commerce Tokopedia Ditinjau dari Perspektif Hukum Bisnis Syariah.” Repository, Universitas Jenderal Soedirman, 2021. http://repository.unsoed.ac.id/11931/.

———. “Tinjauan Hukum Perjanjian Islam Dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Klausula Baku Pada Uang Elektronik (Studi Pada E-Money Bank X).” Az-Zarqa-Jurnal Hukum Bisnis Islam 10, no. 2 (2018): 253–77.

———. “Tinjauan Hukum Perlindungan Konsumen dan Persaongan usaha dalam Pemanfaatan BIg Data Marketplace Di Indonesia.” HUKUM DAN DINAMIKA MASYARAKAT 20, no. 2 (December 23, 2022): 15. https://doi.org/10.56444/hdm.v20i2.3552.

Welle, Deutsche. “New Zealand Bans TikTok from Lawmakers’ Phones.” Https://Www.Rtvonline.Com/. March 17, 2023. https://www.rtvonline.com/english/international/10363/New-Zealand-bans-TikTok-from-lawmakers-phones.

Published

2024-01-22

How to Cite

Ulya, W. (2024). PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PELAKU USAHA PADA TRANSAKSI BISNIS SOCIAL COMMERCE TIKTOK SHOP (PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM). Journal of Indonesian Comparative of Syari’ah Law, 6(1), 18–34. https://doi.org/10.21111/jicl.v6i1.9746

Issue

Section

Ilmu Hukum