Strategi Bauran Promosi Kartu Perdana Smartfren sebagai Media Komunikasi di Masa Pandemi

Authors

  • Nuning Indah Pratiwi Universitas Pendidikan Nasional http://orcid.org/0000-0001-8022-3500
  • Putu Suparna Universitas Pendidikan Nasional
  • Wahyu Indra Satria Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Ni Luh Putu Melyana Putri Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.21111/ejoc.v7i2.8504

Keywords:

Promotional Mix, Smartfren SIM Card, Media Communication, Pandemic, bauran promosi, kartu perdana smartfren, media komunikasi, pandemi

Abstract

Abstrak Pada masa pandemi, pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan seperti pembatasan bersekala besar (PSBB), bekerja dari rumah, dan belajar daring. Kebijakan tersebut mengakibatkan meningkatnya kebutuhan internet (kuota) di masyarakat. Sehingga hal tersebut menimbulkan persaingan usaha telekomunikasi di Indonesia. Meski demikian, PT. Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) mampu bertumbuh dan secara konsisten meningkat pada masa pandemi di tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran promosi Smartfren sebagai media komunikasi kepada konsumen saat masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengkaji kedalaman topik penelitian. Data didapat melalui observasi, buku, jurnal ilmiah, dan mewawancara informan. Kriteria informannya yaitu pengguna baru kartu perdana Smartfen pada masa pandemi di kota Denpasar. Hasil penelitian menemukan bahwa PT. Smartfren Telecom Tbk (Smartfren)  telah menjalankan semua strategi promosi berdasarkan pada bauran promosi sebagai media komunikasi kepada masyarakat. Lebih lanjut, penelitian ini memaparkan srategi promosi yang dominan diimplementasikan oleh Smartfren, sehingga dapat berkembang di masa pandemi. Berdasarkan hasil penelitian menemukan bahwa pemasaran langsung dan digital merupakan bauran promosi yang paling mampu menarik minat calon konsumen untuk melakukan pembelian kartu perdana Smartfren yang juga sebagai media komunikasi pemasaran kepada konsumen.Abstract During the pandemic, the government issued policies such as large-scale restrictions (PSBB), working from home, and online learning. This policy has resulted in an increase in the need for internet/quota in the community. So that this causes competition for telecommunications businesses in Indonesia. However, PT. Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) was able to grow and consistently increase during the pandemic in 2020. This researchaims to find out smartfren's promotional mix strategy as a medium of communication to consumers during a pandemic. This research uses qualitative methods to examine the depth of the research topic. Data is obtained through observation, books, scientific journals, and interviewing informants. The criteria for informants are new users of Smartfen starter packs during the pandemic in the city of Denpasar. The results of the study found that PT. PT. Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) has carried out all promotional strategies based on the promotion mix as a medium of communication to the public. Furthermore, this study explainsthe dominant promotion strategy implemented by Smartfren, sothat it can develop during a pandemic. Based on the results of the study, it was found that direct and digital marketing is the most attractive promotional mix that is able to attract potential consumers to purchase Smartfren starter packs which are also a medium of marketing communication to consumers.

Author Biography

Nuning Indah Pratiwi, Universitas Pendidikan Nasional

Program Studi Ilmu Komunikasi

References

Arora, Sonia & Anupam Bawa. (2021). Response to Personalized Marketing Communication: An Empirical Investigation Comparing Users and Non -Users of Surrogate Shoppers. Journal of Internet Commerce, 21(2), 246–269. https://doi.org/10.1080/15332861.2021.1947741Brierley, Gerry, Wilson Ozuem & Geoff Lancaster. (2020). Subconscious Marketing Communication Techniques and Legal Implications. Journal of Decision System, 29(2), 69–78. https://doi.org/10.1080/12460125.2020.1752047Baltes, P. L. (2015). Content marketing - the fundamental tool of digital marketing. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Economic Sciences, 2(8), 111–118.Brengman, M., & Karimov, F. P. (2012). The effect of web communities on consumers’ initial trust in B2C e-commerce websites. Management Research Review, 35(9), 791–817. https://doi.org/10.1108/01409171211256569Carsana, Yudi, David Kevin. (2020). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki di PT. Arista Suskes Abadi Tanjung Pinang. Jurnal Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang, 3(1), 1–13.Christianto, H. (2020). Penggunaan Media Internet dalam Pemenuhan Hak atas Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Perspektif Hak Asasi Manusia dan Hukum Pidana. Jurnal HAM, 11(2), 239. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.239-253Dimara, A., Lahallo, F. F., & Manurung, T. (2019). Kinerja Keuangan Pada PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Periode 2012-2016. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 5(1), 43–54.Elhajjar, Samer. (2021). Digital Marketing Jobs: What Are Recruiters Looking For?. Journal of Education for Business, 97(1), 29–35. https://doi.org/10.1080/08832323.2021.1884520Hidayatullah, M. N. (2020). PENGARUH Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu As. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 101–120.Jasmani, J., & Sunarsi, D. (2020). The Influence of Product Mix, Promotion Mix and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Sari Roti Products in South Tangerang. PINISI Discretion Review, 1(1), 165. https://doi.org/10.26858/pdr.v1i1.13409Jordan, Z. (2016). The effect of promotion mix elements on Consumers Buying Decisions of Mobile Service : The case of Umniah Telecommunication Company at Zarqa City-Jordan. European Journal of Business and Management, 8(5), 94–100.Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). UCEM: Principles of Marketing, Global Edition (16th ed.).Kusumasondjaja, S., & Tjiptono, F. (2019). Endorsement and visual complexity in food advertising on Instagram. Internet Research, 29(4), 659–687. https://doi.org/10.1108/IntR-11-2017-0459Megalia, Sumarwan, U., & Saptono, I. T. (2018). Analisis Strategi Bauran Promosi terhadap Volume Penjualan Restoran XYZ. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 161. https://doi.org/10.29244/mikm.12.2.161-169Mungkasa, O. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi Covid 19. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 126–150. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.119P T Smartfren Telecom Tbk. (2020). Open s e i t i l i b i.Pratiwi, Nuning Indah. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1(2), 202–224. https://doi.org/10.38043/jids.v1i2Rifa’I, B., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet di Gallery Smartfren Denpasar. Emas, 1(1), 31–42.Shinta, A. (2011). Manajemen pemasaran. UB Press. Malang.Sintiawati, N. (2020). Perilaku Masyarakat Dalam Menggunakan Media Digital di Masa Pandemi. Jurnal Akrab, 11(2), 10–19. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v11i02.341Smartfren. (2021). Promotion - smartfren. Smartfren.Com.Susanti, E., & Oskar, D. P. (2019). Penerapan Bauran Promosi Pada Saluran Distribusi Bagi Produk UMKM di Kota Padang. Ekonomika Syariah : Journal of Economic Studies, 3(1), 56. https://doi.org/10.30983/es.v3i1.941Vinerean, S. (2017). Content Marketing Strategy. Definition, Objectives and Tactics. Expert Journal of Marketing, 5(2), 92–98.Wandikbo, Yakob, T. Tumbel, L.F., Tamengkel. (2013). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Sepeda Motor Honda Merek CBR 150cc Pada PT. Daya Adicipta Wisesa Kec. Kalawat Maumbi Kab. Minahasa Utara. Journal Acta Diurna, Edisi April, 1-7.Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085. https://doi.org/10.35794/emba.v3i2.9286We Are Social & Hootsuite. (2019). Digital 2019 Indonesia. We Are Social & Hootsuite, 76.We Are Social & Hootsuite. (2020). Indonesia Digital Report 2020. Global Digital Insights, 43.Zulfitria, Ansharullah, & Fadhillah, R. (2020). Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media.

Downloads

Published

2022-12-31