في تطوير انضباط الطلاّب (Full day School) نظام المدرسة على المنهج المتكامل

Agus Budiman

Abstract


Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini ialah : 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem Full day school di SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan 2) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan kedisiplinan peserta didik sistem Full day School di SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sistem Full day school dalam pengembangan kedisiplinn peserta didik di SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, untuk mendapat data yang diperlukan, penulis menggunakan metode obsevasi, wawancara, serta dekomentasi sehingga mendapatkan keterangan yang jelas mengenai dasar pemikiran dan pelaksanaan sistem Full day school di SMP IT Al-Ikhlas Mantren Karangrejo Magetan. Sedangkan untuk mengelola data-data tersebut sehigga dapat mencapai pada kesimpulan yang sempurna maka penulis menggunakan teori miles dan huberman yaitu reduksi data, yang berarti penelitian merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan kepada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya, display data atau penyajian data yaitu dengan uraian-uraian singkat dan pengambilan kesimpulan dari data yang terkumpul yaitu verifikasi data.

               Dari hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa: 1) Bahwa pelaksanaan sistem Full day School di SMP IT Al-Ikhlas Mantren dengan menggunakan integrasi kurikulum Kementrian Pendidikan dengan kurikulum Kementrian Keagamaan. Dalam pelaksanaanya diisi dengan kegiatan yang dapat mengembangkan karakter peserta didik, tidak hanya dengan kegiatan akademik akan tetapi dengan kegiatan pembiasaan, kegiatan extrakulikuler seperti kepramukaan dan tahfidz Al-Qur’an. 2) Dalam pengembangan kedisiplinan siswa di SMP IT Al-Ikhlas dengan menggunakan kegiatan pembelajaran di kelas dengan mata pelajaran dan kegiatan ektrakulikler. Mata pelajaran yang mengembangkan kedisiplinan siswa ialah Matematika, Bahasa Jawa dan Ilmu Pendidikan sosial sedangkan kegiatan yang mengembangkan kedisiplinan siswa ialah kegiatan Pembiasaan, Kepramukaan, dan Tahfidz Qur’an. 3) Faktor yang mempengaruhi sistem Full day School dalam pengembangan kedisiplinan siswa SMP IT Al-Ikhlas, ialah sarana prasarana sekolah, lingkungan sekolah dan masyarakat sekolah yaitu siswa, dan wali siswa.

Dari hasil penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah dan wakil kepala kesiswaan dan kegiatan untuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas program dan kegiatan dalam Full day school secara profesional dengan bekerjasama dengan guru ekstrakulikuler sehingga dapat membentuk kepribadian siswa yang positif.


Keywords


full day school, disiplin , pendidikan agama islam

Full Text:

PDF

References


أحمد, أبو بكر بن عمرو بن عبج الخالق بن خالج بن عبيد الله العتكي المعروف بالبزار، مسند الالبزار باسم البحر الوخار، ط.1 ، ج.15 ، (مدينة: مكتبة العلوم والحكم، 2009)

Ansari, Muhammad Iqbal, Strategi Sistem Full Day School dalam Membentuk Empati Siswa, (Jurnal Muallimuna, Nomer 1 Volume I: 2015).

Dalvi, Penerapan Manajemen Kurikulum Pada Sekolah Full Day Di Sdit Cahaya Hati Kota Bukittinggi, (Jurnal Tamwil, Nomor 1 Volume I: 2015).

Echols, dan Hassan Shadily, Kamus Bahasa Inggris, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008).

Fachrudin, Fachri, Wacana Full Day School Kemendikbud, pada berita Trimbunnews (Online) http://solo.tribunnews.com/2016/08/09/ini-maksud-dan-tujuan-full-day-school-yang-jadi-wacana-mendikbud-bukan-berarti-belajar-seharian

Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya, (Bandung, Alfabeta 2012).

Hunowu, Momy A., Konsep Full Day School Dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan, (Jurnal Irfani, Nomor 1, Volume XII: 2016)

Iftayani, Itsna dkk, Self Concept, Self Esteem And School System: The Study Of Comparation Between Fullday School And Halfday School In Purworejo, (Journal of Guidance and Counseling, Nomer 1 Volume VI: 2016).

Kandi, Rosmiyati Dewi, Pengamat Pendidikan Setuju Gagasan Full Day School pada berita CNN Indonesia (Online) http://www.cnnindonesia.com /nasional /20160808150440-20-149926/pengamat-setuju-gagasan-full-day-school-dengan-catatan/

Mustari, Mohamad, Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan, (Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2014)

Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Nomer 20 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Nomer 20 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia. hlm.2

Saefudin, Full Day School Konsep dan Kurikulum Pembelajaran pada artikelnya (Online) http://www.jenterasemesta .or.id 2016/ 08/ full-day-school-konsep-dan- kurikulum.

Salahudin, Anas, Filsafat Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2011)

Setiyarini, Ida Nurhayati, Penerapan Sistem Pembelajaran Fun & Full Day School Untuk Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik Di Sdit Al Islam Kudus (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Nomor 2 Volume II: 2014).

Soapatty, Lisnawati, Pengaruh Sistem Sekolah Sehari Penuh Terhadap Prestasi Akademik Siswa Smp Jati Agung Sidoarjo (Jurnal Unessa Nomor 2 Volume 2 Tahun 2014).

Susiati, Purnama dkk, Pelaksanaan Full Day School Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Huda Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik, (Jurnal Studi Keislaman, Nomor 1 Volume I: 2015).

Tim Pengembang ilmu pedndidikan FIP-UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, (Imperial Bhakti, 2007).




DOI: http://dx.doi.org/10.21111/educan.v1i2.1425

Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF - 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Universitas Darussalam Gontor

Managed by the Islamic Education Department

Siman Street, Km 6, Siman Subdistrict, Ponorogo, East Java, Indonesia

Creative Commons Licence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

< View My Stats