ANALISIS PENERAPAN HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) PADA PROSES PRODUKSI ORIFLAKES DI PT SERELIA PRIMA NUTRISIA, YOGYAKARTA

Authors

  • Ika Dyah Kumalasari Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.21111/atj.v6i2.8471

Keywords:

CCP, HACCP, Mutu pangan, Keamanan pangan, Sereal

Abstract

PT Serelia Prima Nutrisia merupakan industri pangan yang memproduksi sereal dengan bahan baku pati umbi garut, yang memerlukan suatu sistem yang dapat menjamin mutu dan keamanan pangan di dalam industri pangan yaitu dengan adanya penerapan sistem HACCP. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan HACCP dan mengidentifikasi CCP pada proses produksi sereal umbi garut di PT Serelia Prima Nutrisia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data dengan melakukan observasi langsung dan wawancara terhadap Quality Control serta melakukan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu titik kritis atau Critical Control Point (CCP) pada proses pencampuran. Secara umum, penerapan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) pada produksi sereal di PT Serelia Prima Nutrisia sudah berjalan baik dengan adanya dokumentasi dan pencatatan seperti form monitoring setiap tahapan proses. 

References

Badan Standardisasi Nasional (BSN). 1998. Sistem Analisa Bahaya dan Pengendalian Titik Kritis (HACCP) Serta Pedoman Penerapannya Standar Nasional Indonesia. SNI 01-4852-1998.

Codex Alimentarius. 1997. HACCP System and guidelines for its Application, Annex to CACRCP I 1969 page 3 in Codex Alimentarius. Food Hygiene Basic Texts. Food and Agricultural Organization of The United Nation World Health Organization. Roma.

Dewanti, R. dan Hariyadi. 2013. Penerapan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) Pendekatan Sistematik Pengendalian Keamanan Pangan. Jakarta: Dian Rakyat.

Hazard Analysis and Critical Control Point Training Curriculu 5th Edition. 2011. National Seafood HACCP Alliance for Training and Education. Previous edition published as SGR 120. Additional copies are available through the UF/IFAS Extension Bookstrore, www.ifasbooks.com 1-800-22-1764.

Knechtges, P. 2014. Keamanan Pangan, Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Mutiara, Nugraheni. 2017. Keamanan Pangan, Sanitasi Hygiene dan Pengendalian Hama di Warung Makan Karangmalang Depok Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rani Gavrila. 2017. Analisis Indeks Glikemik dan Kandungan Gizi serta Uji Daya Terima Mie dari Beras Merah dengan Penambahan Umbi Garut. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Rauf, Rusdin. 2013. Sanitasi Pangan dan HACCP. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suromo, I., Sudibyo, A., & Waspodo, P. 2016. Pengantar Keamanan Pangan Untuk Industri Pangan. Yogyakarta: Deepublish.

Sutrisno, A. 2013. Analisis Strategi Penerapan Sistem Manajemen Keamanan Pangan HACCP di PT Sierad Produce tbk. Parung. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Wardani, A. K. 2015. Efektivitas Pelaksanaan Quality Control Pada Bagian Produksi di PT Indohamafish di Pengambenan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).

Downloads

Published

2022-11-30