Analisis Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Sarana Wisata Untuk Perancangan Strategi Pemasaran Pantai Kuwaru Kabupaten Bantul D.I Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21111/atj.v2i1.2816Keywords:
CSI, Importance-Performance Analysis, Kepuasan WisatawanAbstract
Pantai Kuwaru merupakan salah satu obyek wisata pantai di Kabupaten Bantul. Pantai Kuwaru memiliki potensi untuk menjadi obyek wisata unggulan Kabupaten Bantul dikarenakan panorama pantai yang masih alami dan adanya wisata penunjang pantai seperti kuliner. Dalam rangka pengembangan obyek wisata pantai Kuwaru, diperlukan strategi pemasaran yang didasarkan pada kepuasan yang telah dicapai oleh pengunjung. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner yang disebar ke 100 orang responden wisatawan dengan tingkat kepercayaan 95%. Analisis kepuasan wisatawan dilakukan dengan menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan secara keseluruhan. Sarana wisata Pantai Kuwaru dikelompokkan berdasarkan bauran pemasaran jasa yang meliputi product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence, selanjutnya nilai rata-rata untuk setiap atribut sarana wisata diplotkan ke dalam grafik IPA yang terdiri dari empat kuadran prioritas berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja. Dari hasil analisis, diperoleh 5 atribut yang memiliki prioritas utama untuk meningkatkan kepuasan wisatawan Pantai Kuwaru, antara lain: kebersihan area pantai, kebersihan sarana penunjang wisata pantai, kondisi jalan menuju pantai, kondisi rumah makan yang meliputi kelayakan bangunan dan kebersihan rumah makan serta tersedianya sarana pembuangan sampah di sekitar pantai. Nilai CSI sebesar 72,74 % menunjukkan secara umum wisatawan merasa puas dengan atribut sarana wisata yang ada di Pantai Kuwaru.References
Aigbedo, H., & Parameswaran, R. 2004. Importance-performance analysis for improving quality of campus food service. International Journal
of Quality & Reliability Management, 21(8), 876-896.
Alipour, M., & Darabi, E. 2011. The role of service marketing mix and its impact on marketing audit in engineering and technical service corporations. Global journal of management and business research, 11(6).
Brandt, D.R. 2000. “An “Outside-In” Approiach to Determining Customer-Driven Priorities for Improvement and Innovation”, White Paper Series, Volume 5 – 2004. http://www.burke.com/whitepapers/ Burke%20Overview%20v1%20pdf. pdf
Ciriković, E., 2014. Marketing mix in Tourism. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 3(2), p.111.
Nugraha, R., Harsono, A., & Adianto, H. 2014. Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa pada Bengkel “X” Berdasarkan Hasil Matrix Importance-Performance Analysis. REKA INTEGRA, 1(3).
Pemerintah Kabupaten Bantul. 2010. Laporan Akhir Studi Tata Ruang Pantai Kuwaru Kecamatan Srandakan, Pemerintah Kabupaten Bantul, DIY.
Zeithaml, V.A., and Mary J.B. 2003. Services Marketing. New York : McGraw-Hill Companies.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The author whose published manuscript approved the following provisions:
1. The right of publication of all material published in the journal / published in the Agroindustrial Technology Journal is held by the editorial board with the knowledge of the author (moral rights remain the author of the script).
2. The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0), which means that Agroindustrial Technology Journal reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
3. Printed and electronically published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.