OPTIMIZATION OF MARKETING MIX TO INCREASE THE COMPETITIVENESS OF SAVIRA FROZEN FOOD IN THE LOCAL MARKET
DOI:
https://doi.org/10.21111/atj.v8i2.12819Optimalisasi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Savira Frozen Food Di Pasar Lokal
Abstract
Makanan beku adalah produk yang dibekukan untuk memperpanjang masa simpan. Saat ini, produk ini diminati banyak masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bauran pemasaran Savira Frozen Food dan menganalisis faktor internal serta eksternal dalam strategi pengembangan usahanya. Metode yang digunakan yaitu survei kualitatif dan wawancara secara langsung dengan pemilik usaha untuk mendapatkan data kualitatif pada usaha dan dianalisis menggunakan SWOT. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran 4P yang diterapkan oleh UMKM Savira Frozen Food Ponorogo seperti (a) produk yang dihasilkan berkualitas baik, (b) harga ditentukan oleh harga pesaing, (c) berlokasi di tempat strategis, dan (d) promosi yang telah diterapkan oleh UMKM Savira Frozen Food Ponorogo dilakukan dengan penjualan tatap muka dan penjualan perseorangan. Strategi pengembangan usaha ini yaitu pertama, mempertahankan varian dan kualitas produk sehingga konsumen lebih tertarik dengan produk yang dihasilkan; kedua, perubahan pola konsumsi masyarakat merupakan peluang yang harus dimanfaatkan; ketiga, memanfaatkan tempat pendingin sehingga dapat memenuhi keinginan konsumen; keempat, menambah jumlah karyawan dan membuat catatan keuangan dan adanya bahan baku yang mudah didapat sehingga produksi berjalan dengan lancar; kelima, menambah inovasi produk sehingga dapat mempertahankan daya saingnya di pasar dan konsumen leluasa dalam memilih produk; dan keenam, memperbanyak advertising dengan menggunakan social media sehingga dapat mempertahankan daya saingnya di pasar. Kata kunci: makanan beku; bauran pemasaran; SWOT.Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author whose published manuscript approved the following provisions:
1. The right of publication of all material published in the journal / published in the Agroindustrial Technology Journal is held by the editorial board with the knowledge of the author (moral rights remain the author of the script).
2. The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0), which means that Agroindustrial Technology Journal reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
3. Printed and electronically published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.