OPTIMIZATION OF MARKETING MIX TO INCREASE THE COMPETITIVENESS OF SAVIRA FROZEN FOOD IN THE LOCAL MARKET

Optimalisasi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Savira Frozen Food Di Pasar Lokal

Authors

  • Agustin Rani Nurfadila Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Arief Rahmawan Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Palmadi Putri Surya Negara Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Bayu Wahyudi Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
  • Much Taufik Ardani Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21111/atj.v8i2.12819

Abstract

Makanan beku adalah produk yang dibekukan untuk memperpanjang masa simpan. Saat ini, produk ini diminati banyak masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bauran pemasaran Savira Frozen Food dan menganalisis faktor internal serta eksternal dalam strategi pengembangan usahanya. Metode yang digunakan yaitu survei kualitatif dan wawancara secara langsung dengan pemilik usaha untuk mendapatkan data kualitatif pada usaha dan dianalisis menggunakan SWOT. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran 4P yang diterapkan oleh UMKM Savira Frozen Food Ponorogo seperti (a) produk yang dihasilkan berkualitas baik, (b) harga ditentukan oleh harga pesaing, (c) berlokasi di tempat strategis, dan (d) promosi yang telah diterapkan oleh UMKM Savira Frozen Food Ponorogo dilakukan dengan penjualan tatap muka dan penjualan perseorangan. Strategi pengembangan usaha ini yaitu pertama, mempertahankan varian dan kualitas produk sehingga konsumen lebih tertarik dengan produk yang dihasilkan; kedua, perubahan pola konsumsi masyarakat merupakan peluang yang harus dimanfaatkan; ketiga, memanfaatkan tempat pendingin sehingga dapat memenuhi keinginan konsumen; keempat, menambah jumlah karyawan dan membuat catatan keuangan dan adanya bahan baku yang mudah didapat sehingga produksi berjalan dengan lancar; kelima, menambah inovasi produk sehingga dapat mempertahankan daya saingnya di pasar dan konsumen leluasa dalam memilih produk; dan keenam, memperbanyak advertising dengan menggunakan social media sehingga dapat mempertahankan daya saingnya di pasar. Kata kunci: makanan beku; bauran pemasaran; SWOT.

Downloads

Published

2024-11-24