Aplikasi Registrasi Pasien Berbasis Web di Unit Gawat Darurat (Studi Kasus : Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang)

Authors

  • Hilyah Magdalena STMIK Atma Luhur Pangkalpinang
  • Fathul Choiri Ramadhan STMIK Atma Luhur Pangkalpinang

DOI:

https://doi.org/10.21111/fij.v3i2.2426

Keywords:

ER, Bakti Timah Pangkalpinang Hospital, OOAD, UML.

Abstract

UGD adalah unit yang memberikan tindakan medis yang dibutuhkan korban / pasien gawat darurat dalam waktu segera untuk menyelamatkan nyawa atau mencegah kecacatan. Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang sebagai salah satu rumah sakit kelas c yang ada di Ibukota Provinsi Kep.Bangka Belitung, mempunyai satu Unit Gawat Darurat yang melayani pasien dari berbagai daerah di Provinsi Bangka Belitung. Saat ini dengan semakin banyaknya pasien yang membutuhkan tindakan medis segera, maka pelayanan administrasi medis di UGD seringkali berebut waktu untuk diselesaikan. Agar fokus pelayanan medis lebih besar pada penanganan pasien gawat darurat, maka pelayanan administrasi dapat diselesaikan dengan menggunakan sistem berbasis web. Pegembangan sistem registrasi pasien UGD berbasis web di Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang ini dilakukan dengan tujuan meringankan tugas administrasi rekam medis pasien gawat darurat di UGD, baik itu pasien akan dirawat jalan ataupun harus di rawat inap. Pegembangan sistem registrasi pasien UGD berbasis web ini dilakukan dengan metode Object Oriented Analysis and Design (OOAD) dan digambarkan dengan beberapa diagram dalam bahasa Unified Modelling Language (UML). Sistem registrasi pasien UGD berbasis web ini membantu Petugas UGD untuk mendata pasien, menelusuri rekam medis, mempercepat verifikasi data diagnosa dari Dokter UGD, dan juga membantu pasien UGD untuk menyelesaikan administrasi rawat jalan maupun rawat inap.

References

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44

Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia

Nomor 69 Tahun 2014 tentang Kewajiban

Rumah Sakit Dan Kewajiban Pasien

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia

Nomor 19 Tahun 2016 tentang Sistem

Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu

Pedoman teknis banngunan rumah sakit dan Ruang Gawat Darurat Direktorat Bina Pelayanan

Penunjang Medik Dan Sarana Kesehatan Direktorat Bina Upaya Kesehatan Kementerian

Kesehatan RI Tahun 2012.

Darsunadicted, “Pedoman Pelayanan UGD RSBT, 2015. [Online]. Available: https://www.scribd.com/document/269099924/PEDOMAN-PELAYANAN-UGD-RSBT-doc

Bernd Bruegge & Allen H. Dutoit, Object-Oriented Software Engineering Using UML, Patterns, and Java™ Third Edition, Prentice Hall,

A. Dennis, B. H. Wixom, D. Tegarden, System Analysis Design Uml Version 2.0, An Object-Oriented Approach Fourth Edition, John Wiley & Sons, Inc. 2012

V. Y. Hendrawan1, S. Winardi, H. Surbakti, “Sistem Informasi Rekam Medis Rawat Jalan Dan Pemeriksaan Penunjang Diagnosa Berbasis Website (Studi Kasus : Rumah Sakit Khusus Bedah Klinik Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta)”, Jurnal Teknologi Informasi , Vol IX No.27, pp. 53-58, 2014

S. W. Nugraheni, “Evaluasi Sistem Informasi Rekam Medis di RSUD Kota Surakarta dalam Mendukung Rekam Kesehatan Elektronik”, IJMS – Indonesian Journal On Medical Science – Volume 4 No 1, pp. 33 – 43. 2017

T. Handayani, G. Feoh, “Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Web (Studi Kasus Di Klinik Bersalin Sriati Kota Sungai Penuh – Jambi)”, Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, Vol 2, No 2, pp.226-236, 2016

F. Deviantony, Ahsan, Srtyoadi, “Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Waktu Tunggu Pasien Setelah Keputusan Rawat Inap Diputuskan Di Zona Kuning Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Iskak Tulungagung”, NurseLine Journal Vol. 2 No. 2, pp. 109-116, 2017

Amriyanti, Y. Setyaningsih, “Analisis Praktik Lama Waktu Tindakan Perawat Pelaksana pada Pasien IGD Berdasarkan Klasifikasi Kegawatdaruratan di Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Jambi”, Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 8. No.2, pp. 111 – 120, 2013

G.Y.Sanjaya, N. Hanifah, H. K. Prakosa, L. Lazuardi, “Integrasi Sistem Informasi: Akses Informasi Sumber Daya Fasilitas Kesehatan dalam Pelayanan Rujukan”, Jurnal Sisfo Vol. 06 No. 01 pp. 49-62, 2016.

Downloads

Submitted

2018-09-10

Accepted

2018-11-12

Published

2018-11-10

Issue

Section

Articles