PENINGKATAN KUALITAS KARYA TULIS MAHASISWA PRODI PERBANDINGAN MAZHAB SEBAGAI UPAYA QUALITY IMPROVEMENT
DOI:
https://doi.org/10.21111/jicl.v8i1.13883Kata Kunci:
Karya tulis ilmiah mahasiswa, program studi perbandingan mazhab, peningkatan kualitasAbstrak
Karya tulis ilmiah yang dihasilkan mahasiswa dalam masa studinya di perguruan tinggi merupakan salah satu indikator penting untuk menilai kualitas sebuah program studi di perguruan tinggi. Jika kualitas karya ilmiah yang dihasilkan bagus, maka dapat dinilai bahwa semua unsur program studi memiliki kualitas yang bagus, pun begitu sebaliknya. Artikel ini ingin mengungkap strategi apa yang digunakan program studi perbandingan mazhab di beberapa kampus Indonesia untuk menungjang peningkatan kualitas karya tulis ilmiah mahasiswa. Artikel ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di empat program studi perbandingan mazhab di Indonesia. Artikel ini menggunakan metode kualitatif yang menyajian data bersifat deskriptif-komparatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik in-depth interview dan focus group discussion kepada narasumber yang merupakan pejabat di masing-masing program studi. Artikel ini menemukan bahwa prodi perbandingan mazhab di beberapa kampus menggunakan metode yang berbeda dalam rangka meningkatkan karya tulis mahasiswa. Kesimpulan dari artikel ini adalah, ada 4 strategi yang digunakan program studi perbandingan mazhab dalam peningkatan karya tulis mahasiswa, yaitu: penerapan kurikulum yang meningkatkan kualitas penulisan karya tulis mahasiswa, upaya konversi skripsi menjadi jurnal, mengadakan pelatihan yang dapat menunjang kemampuan menulis mahasiswa, dan menyediakan sarana dan prasarana jurnal berbasis OJS sebagai wadah yang menampung dan mempublikasikan artikel hasil konversi skripsi.Referensi
Al-Mazaahib, Editor. “Interview.†n.d.
Anwar, Rosyida Nurul, Syauzan Sabrina, and Arin Nur Cahyani. “Pelatihan Penggunaan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa.†An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2021): 1–6.
Arbie, Asri. “Pemetaan Dan Peningkatan Mutu Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo (Ketua).†Penelitian Pengambangan Fakultas Dan Keilmuan (BOPTN) 2, no. 811 (2014).
Dacholfany, M Ihsan. “Inisiasi Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Islami Di Indonesia Dalam Menghadapi Era Globalisasi.†At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 1, no. 01 (2017).
“Education Rankings by Country 2022,†n.d. https://worldpopulationreview.com/country-rankings/education-rankings-by-country.
Efendi, Arief. “Peran Strategis Lembaga Pendidikan Berbasis Islam Di Indonesia.†El-Tarbawi 1, no. 1 (2008): 1–12.
Faisal, Muhammad, Auliffi Ermian Challen, and Imelda Sari. “Meningkatkan Efektifitas Dan Kualitas Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Manajemen Referensi Bagi Dosen Dan Mahasiswa.†Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2020).
“Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Alauddin,†n.d. http://fsh.uin-alauddin.ac.id/.
Falah, Syaikhul. “Pelatihan Mendeley Dan Anti-Plagiat Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa.†The Community Engagement Journal 2, no. 2 (2019): 1–5.
Faridah, Faridah. “Kajian Relevansi Lulusan Jurusan Perbandingan Mazhab Dan Hukum Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam IAIN Antasari Banjarmasin (Dari Tahun 2002–2014),†2015.
Ginanjar, Asep. “Peningkatan Mutu Karya Tulis Dosen FIS Dengan Menggunakan Reference Manager Software Mendeley.†Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN 3, no. 2 (2018): 199–203.
Hadi, Sutrisno. “Strategi Peningkatan Kualitas Lulusan Program Studi Perbandingan Mazhab Berbasis Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).†Nurani: Jurnal Kajian Syari’ah Dan Masyarakat 19, no. 2 (2019): 315–28.
Hanafiah, Hanafiah, R Supyan Sauri, Dedi Mulyadi, and Opan Arifudin. “Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa.†Jurnal Karya Abdi Masyarakat 5, no. 2 (2021): 213–20.
Hasan, M Ali. “Perbandingan Mazhab.†Raja Grafindonesiao Persada, 2002.
Helmi, Dewilna, Asep Asep, and Paisal Ansiska. “Peningkatan Kualitas Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Melalui Pelatihan Manajemen Referensi Berbasis Mendeley.†PAKEM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2 (2022): 132–37.
Hukum, Fakultas Syari’ah dan. “Pedoman Penulisan Skripsi,†n.d. https://pm.uin-suka.ac.id/media/dokumen_akademik/36_20220311_Pedoman Penulisan Skripsi.pdf.
Idrus, Achmad Musyahid, Adriana Mustafa, and Mulham Jaki Asti. “Pengembangan Moderasi Mazhab Di Kalangan Mahasiswa Perbandingan Mazhab Dan Hukum UINAM: Relevansi Pemikiran Islam Moderat.†KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 15, no. 1 (2022): 138–58.
Isma, Andika, Masdar Ryketeng, and Ilma Wulansari Hasdiansa. “Pelatihan Aplikasi Mendeley Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa.†MALAQBIQ 1, no. 2 (2022): 1–9.
Jabri, Umiyati, and Ismail Ismail. “Dampak Peer Review Dan Lecturer Corrective Feedback Pada Kinerja Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa.†Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5, no. 2 (2021): 579–92.
Jakarta, Ketua Prodi Perbandingan Mazhab UIN Syarif Hidayatullah. “Interview.†n.d.
Kadi, Titi, and Robiatul Awwaliyah. “Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia.†Jurnal Islam Nusantara 1, no. 2 (2017).
“Kurikulum,†n.d. http://pm.uin-suka.ac.id/id/page/kurikulum#.
Kusuma, Adi Candra, Ida Afriliana, and Eko Budihartono. “Pengaruh Kurikulum, Motivasi Dan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Terhadap Penyelesaian Tugas Akhir (TA) Mahasiswa Prodi DIII Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama.†Cakrawala: Jurnal Pendidikan 12, no. 2 (2018): 183–96.
Ma’ruf, M Hasan, and Tira Nur Fitria. “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dari Skripsi Dan Tesis Untuk Mahasiswa Serta Cara Publikasinya Ke Jurnal Nasional.†Jurnal ABDAYA: Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 1, no. 1 (2021): 6–12.
Makassar., Ketua Prodi Perbandingan Mazhab STIBA. “Interview.†n.d.
Makassar, Ketua Prodi Perbandingan Mazhab Dan Hukum Uin Alauddin. “Interview.†n.d.
Muhsin, Abdul. “Program Studi Perbandingan Mazhab Dan Problematika Sepi Peminat.†taqnin: Jurnal Syariah Dan Hukum 1, no. 2 (2019).
Nasution, Mahyuddin K M. “Karya Ilmiah.†Teknik Penulisan Karya Ilmiah 2 (2017).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 17 Tahun 2010 (n.d.).
Pidarta, M. Landasan Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000.
“Profil Program Studi Perbandingan Mazhab,†n.d. https://pm.uin-suka.ac.id/id/page/prodi/2676-Profil-Program-Studi-Perbandingan-Mazhab.
“Program Sarjana,†n.d. https://www.uinjkt.ac.id/program-sarjana-2/.
“Program Studi,†n.d. https://syariah.uin-suka.ac.id/id/page/prodi/748-Program-Studi.
Salam, Rudi, Muhammad Akhyar, Abd Muhaimin Tayeb, and Risma Niswaty. “Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Mahasiswa Dalam Menunjang Daya Saing Perguruan Tinggi.†Jurnal Office 3, no. 1 (2017): 61–65.
Salle, Aguanitus, and Klara Wonar. “Pelatihan Aplikasi Warp Pls Dan Aplikasi Mendeley Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa.†Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat E-ISSN 2621 (2020): 6817.
“Sosialisasi Pembelajaran UIN Sunan Kalijaga.†n.d.
Sujana, I Wayan Cong. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.†Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2019): 29–39.
Syachbrani, Warka, and Rezky Amalia Hamka. “Pelatihan Konversi Skripsi Menjadi Artikel Ilmiah Dalam Meningkatkan Kemampuan Dan Minat Menulis Artikel Mahasiswa.†Jurnal Pemantik 1, no. 2 (2022): 115–24.
Syaharuddin, Syaharuddin, Vera Mandailina, Dewi Pramita, Rima Rahmaniah, Rosada Rosada, and Habib Ratu Perwira Negara. “Peningkatan Kualitas Publikasi Mahasiswa Dan Sitasi Karya Ilmiah Dosen Melalui Workshop Managemen Software Mendeley.†Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2021): 8–13.
“UIN Syarif Hidayatullah,†n.d. https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_prodi/RkRERkJCNTItRjAwNS00M0I4LUIyNkMtN0FGODFEMUI0QTMw/20211.
Umar, Mardan, and Feiby Ismail. “Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan ISLAM (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming Dan Joseph Juran).†Jurnal Ilmiah Iqra’ 11, no. 2 (2018).
UU No. 20 Tahun 2003. (n.d.).
“Visi Misi,†n.d. http://pmh.fsh.uin-alauddin.ac.id/visi.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The author whose published manuscript approved the following provisions:
- The right of publication of all material published in the journal / published in the JICL is held by the editorial board with the knowledge of the author (moral rights remain the author of the script).
- The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0), which means that JICL reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
- Printed and electronic published manuscripts are open access for educational, research and library purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.

