Integrated Marketing Communication pada Penguatan Brand E-Commerce: Telaah IMC pada Platform Shopee Indonesia

Penulis

  • dita verolyna Institut Agama Islam Negeri Curup

DOI:

https://doi.org/10.21111/ejoc.v6i1.5103

Kata Kunci:

E-commerce, IMC, Komunikasi, Pemasaran, Shopee

Abstrak

Perkembangan teknologi membuat adanya perubahan di seluruh aspek kehidupan manusia, salah satunya adala cara berbelanja. Perilaku konsumen generasi muda mulai menyukai tradisi berbelanja secara online. Peluang ini dimanfaatkan kaum kapitalis untuk membuat platform digital yang dapat memfasilitasi perbelanjaan secara elektronik, setidaknya tercatat 10 e-commerce raksasa dan Platform Shopee menduduki peringkat popular. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana penguatan Brand E-commerce Shopee dengan Integratd Marketing Communication. Penulisan artikel ini menggunakan metode kajian literatur. Berdasarkan data yang dihimpun didapatkan hasil bahwa dalam mempertahankan 94 juta pengguna, Shopee menggunaka Integrated Marketing Communication untuk memperkuat Brand. Pemanfaatan kemajuan teknologi yang sesuai dengan target market dan kemajuan zaman menampilkan fitur yang canggih pada Platform Shopee. Selain itu pemeliharaan komunikasi timbal balik antara Shopee dan pengguna melalui media dan semua saluran komunikasi

Biografi Penulis

dita verolyna, Institut Agama Islam Negeri Curup

Dosen Komunikasi dan penyiaran Islan IAIN Curup, bengkulu, Indonesia

Referensi

Bolton, R. N., Parasuraman, A., Hoefnagels, A., Migchels, N., Kabadayi, S., Gruber, T., Loureiro, Y. K., & Solnet, D. (2013). Understanding Generation Y and their use of social media: A review and research agenda. Journal of Service Management, 24(3), 245–267. https://doi.org/10.1108/09564231311326987 Estriana, V., Vera, N., Magister, D., Komunikasi, I., Luhur, U. B., Raya, J. C., & Utara, P. (1979). Analisa Strategi Ecommerce Indonesia dalam Penerapan Integrated Marketing Communication. 9, 17–24. Fansuri, H. (2017). Konsumerisme dan Hegemoni Barat terhadap Masyarakat Negara Berkembang: Perspektif Antonio Gramsci. Journal of Integrative International Relations, 3(November), 31–49. Fitriyadi, E. (2019). Masyarakat Industri 4 . 0. Journal Teknologi Dan Informasi ESIT, XIV(11), 34–39. Iskandar, I. (2016). Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(1), 23–34. https://doi.org/10.24252/kah.v4i1a2 Juliswara, V. (2019). Relasi Kuasa Bisnis Daring Menghadapi Hegemoni Pasar Modern di Indonesia. Simulacra, 2(2), 209–221. https://doi.org/10.21107/sml.v2i2.6053 Mellyan, M. (2020). SOCIAL MEDIA MARKETING; STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS ERA DIGITAL (Studi Analisis Portal TaniFund.com). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 22. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.350 Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9. Sheung, C. T. (2014). E-Business; The New Strategies Ande-Business Ethics, that Leads Organizations to Success. Global Journal of Management and Business Research: A Administration and Management, 14(8), 8–14. Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29. http://52.221.78.156/index.php/linimasa/article/view/2754 Tapscott, D. (2013). Grown Up Digital: Yang Muda Yang Mengubah Dunia (Fajarianto (ed.)). PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta Website https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/diakses pada 22 Oktober 2020 https://genbest.kompas.com/read/2019/12/10/110500326/terus-tumbuh-signifikan-begini-masa-depan-e-commerce-di-indonesia diakses pada 23 Oktober 2020

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-30