MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS MI PESANTREN ANAK SHOLEH BAITUL QUR’AN GONTOR DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.21111/ettisal.v3i1.1923Kata Kunci:
Manajemen, Public Relations, Pengembangan, Lembaga Pendidikan Islam, Management, Islamic Educational Institutions.Abstrak
AbstrakPenelitian berjudul “Manajemen Public Relations Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam di MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogoâ€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan dan menjelaskan tentang perencanaan, pengorganisasian, evaluasi, dan kepemimpinan bagian public relations dalam mengembangkan MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari kepala sekolah dan bagian public relations, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, literatur pendukung penelitian, dan studi kepustakaan yang lainnya. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan cara wawancara bebas terpimpin dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan program kerja bagian public relations, dilaksanakan dan disusun secara bersama dengan bagian-bagian yang lainnya, dalam kegiatan Musyawarah Kerja. (2) Pengorganisasian bagian public relations MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo, diselenggarakan dan dilaksanakan sesuai dengan struktur kelembagaan yang ada. (3) Evaluasi yang telah dilakukan oleh bagian public relations MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo dilakukan untuk melakukan perbaikan program kerja dalam bentuk penyesuaian dan penyempurnaan program. (4) Kepemimpinan bagian public relations MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo dalam mengembangkan MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur'an Gontor Ponorogo merupakan suatu upaya untuk memadukan dengan semua komponen yang ada, baik komunitas sekolah maupun masyarakat di luar sekolah, dalam harapan terciptanya suasana keluarga yang baik, dan dapat berpengaruh pada keberhasilan realisasi MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo. AbstractThe research entitled "Public Relations Management In Developing Islamic Education Institution in MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur'an Gontor Ponorogo". The purpose of this research is to describe and explain about planning, organizing, evaluation, and leadership of public relations department in developing MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur'an Gontor Ponorogo. The type of this research is qualitative descriptive research. Primary data were obtained from school principals and public relations departments, while secondary data were obtained from books, research supporting literature, and other literary studies. And Methods of collecting data of this research by way of free guided interviews and documentation. The results of this study are (1) Planning work program part of public relations, implemented and compiled together with other parts, in activities "Work Deliberation". (2) Organizing public relations section MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur'an Gontor Ponorogo, organized and implemented in accordance with existing institutional structures. (3) Evaluation is done by the public relations section of MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur'an Gontor Ponorogo done to make improvement of the work program in the form of adjustment and improvement program. (4) Leadership of public relations section MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur'an Gontor Ponorogo in developing MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur'an Gontor Ponorogo is an effort to integrate with all existing components, both school community and society outside school, in the hope of creating a good family atmosphere, and can affect the successful realization of MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur'an Gontor PonorogoÂReferensi
Buku/Artikel/Jurnal
Anggoro, M. Linggar. (2001). Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Bukhori, Muhammad. (2005). .Azas-Azas Manajemen. Yogyakarta: Aditya Media.
Bungin, Burhan. (2006). Pengantar Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Ramadina Prakarsa.
Effendy, Onong Uchjana. (1992). Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fattah, Nanang. (2006). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Khasali, Rhenald. (1998). Manajemen Public Relations. Jakarta: Rajawali.
Made Pidarta. (1988). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Bina Aksara.
Marno dan Supriyatno, Triyo. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nasution, Zulkarnain. (2006). Manajemen Hubungan Masyarakat Di Lembaga Pendidikan, Konsep, Fenomena, Dan Aplikasinya. Malang: UMM Press.
Purwanto, M. Ngalim. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ruslan, Rosady. (2014). Manajemen Public Relation & Media Komunikasi; Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajagrafindo.
Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Siswanto, B. (2008). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulthon, M dan Khusnuridlo, Moh. (2006). Manajemen Pesantren Dalam Prespektif Global. Yogyakarta: Laksbang.
Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zarkasyi, Abdullah Syukri. (2005). Manajemen Pesantren: Pengalaman Pondok Modern Gontor. Gontor: Trimurti Press.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Authors retain full copyright and grant Ettisal: Journal of Communication the right of first publication. The published work is simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution–NonCommercial–ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).
This license allows others to share and adapt the work for non-commercial purposes, provided proper credit is given to the author(s) and the journal, a link to the license is included, and any derivative works are distributed under the same license.
Additional Distribution Rights
Authors may enter into separate, non-exclusive agreements for the distribution of the journal’s published version of their work—such as depositing it in institutional repositories or including it in edited books—provided that the initial publication in Ettisal: Journal of Communication is acknowledged.
Pre- and Post-Publication Sharing
Authors are permitted and encouraged to share their work online (e.g., through institutional repositories, academic networking platforms, or personal websites) before, during, and after the submission process. Such practices promote scholarly exchange and can enhance the visibility and citation impact of the published work.
License Statement:
All articles published in Ettisal: Journal of Communication are licensed under the Creative Commons Attribution–NonCommercial–ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).

