Systematic Literature Review: Interpersonal Communication Problems In Hearing Children From Deaf Parents

Penulis

  • Santi Setyaningsih Universitas Sebelas Maret
  • Prahastiwi Utari Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Ignatius Agung Satyawan Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.21111/ejoc.v9i2.12315

Kata Kunci:

Systematic Literature Review, Deaf Parents, Hearing Children, Interpersonal Communication

Abstrak

Abstrak Masalah utama dalam keluarga didalamnya ada orang tua Tuli dengan anak Dengar adalah permasalahan komunilkasi baik secara verbal maupun bahasa isyarat. Anak dengar dengan orang tua Tuli mampu berkomunikasi dengan dua cara baik berkomunikasi secara verbal dengan orang non Tuli maupun berbahasa isyarat dengan orang Tuli. Komunikasi anak dengan orang tua Tuli merupakan masalah penting dalam perkembangan sosial dan emosional mereka. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah komunikasi yang muncul antara anak dengan orang tua Tuli. Fokus utama adalah mengeksplorasi hambatan – hambatan yang dialami anak dalam memahami dan menyampaikan pesan orang tua mereka yang mengalami gangguan pendengaran. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Peneliti menemukan 127 artikel Scopus dalam pencarian menggunakan Science Direct dan dengan bantuan Mendeley dan VOSViewer yang kemudian disaring menjadi 18 artikel untuk dianalisis secara deskriptif. Temuan menunjukan kurangnya komunikasi tidak boleh menjadi alasan mengapa orang tua Tuli tidak dapat mempunyai akses atau informasi mengenai anak mereka. Dan menghargai bahwa anak dengar atau Children of Deaf Adults atau CODA mempunyai cara berkomunikasi yang berbeda dengan orang tua Tuli, komunitas Tuli dan komunitas pendengaran atau non Tuli. Kata Kunci         : systematic literature review, orang tua Tuli, Anak Dengar, komunikasi antarpribadi Keyword              : systematic literature review, deaf parents, hearing children, interpersonal communication.

Referensi

Journal

A.C. Jones, R. Gutierrez, A.K.Ludlow. (2021). Emotion production of facial exxpressions: A comparison of deaf and hearing children. Journal Communication Disorder 92 (2021) 106113

Ayu Zulia, Suheri Harahap, Anang Anas Azhar. POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SLB DALAM MEMPERKENALKAN PENDIDIKAN SEKSUAL DI SLB NEGERI AUTIS SUMATERA UTARA. SIBATIK JOURNAL |VOLUME 2 NO.3 ( FEBRUARY 2023). 953-962

Bernadette A.M. Vermejj dkk (2023). Effects in language development of young children with language delay during early intervention. Journal of Communication Disorder 103 (2023) 10632

Grandon, Benedicte and Anne Vilain. (2020). Development of fricative in French speaking school aged children using cochlear implants and children with normal hearing. Journal of Communication Disorder 86 (2020) 1055996.

Gumelar, Gilang; Hanny Hafiar; Priyo Subekti. (2018). Bahasa Isyarat Indonesia sebagai Budaya Tuli Melalui Pemaknaan Anggota Gerakan Untuk Kesejahhteraan Tunarungu. Kajian Ilmu Komunikasi 48 No. 1 (2018) : 65-78. Doi: http://dx.doi.org/10.21831/informasi.v48i1.17727

Harrison, Jane dkk. (2019). Views from the borderline: Extracts from my life as a coloured child of Deaf adults, growing up in apartheid South Africa. African Journal of Disability.

Heffernan, Georgina. Nixon, Elizabeth. (2023) Experiences of Hearing Children of Deaf Parents in Ireland. Journal of Deaf Studies and Deaf Education 2023, 28, 399-407.

Kamaruzzaman. (2016). Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang 2(2). Doi: 10.24176/JKG.V212.744

Licthtif, Ida dkk (2020). Assesing deaf and hearing children’s communication in Brasil. Journal Communication Disorder 44 (2020) 223-235.

Merchan, Ana, dkk. (2022). Executive functions in deaf and hearing children: The mediating role of language skills in inhibitory control. Journal of Experimental Child Psychologu 2018 (2022) 105374.

M. Harwansyah Putra Sinaga,Annisya Rahma Simanullang, Alimatuk Sakdiyah Pulungan,Mutiara Harahap. Deskripsi Masalah Anak Tuna Rungu di SD Swasta At-Taufiq. Al-Hayat: Natural Sciences, Health & Environment Journal. Volume 1 No 2 (2023) 80-88.

Naomi Caseli, Phd. Dkk. (2021). Deaf Children of Hearing Parents Have Age – Level Vocabulary Growth When Exposed to American Sign Language by 6 Months of Age. The Journal of Pediatrics 2021:232:229-36.

Nomfundo F. Moroe dkk. (2018). Hearing children of Deaf Parents: Gender and birth order in the delegations of the interpreterrolein culturally Deaf Families. African Journal of Disability.

Ormel A. Ellen, Martine A.R. Gijsel dkk. (2020). Semantic categorization: A Comparison between deaf and hearing children. Journal of Communication Disorder 43 (2020) 347-360.

Sebastioan V. Funk Runa dkk. (2023). Representasi Masyarakat yang Inklusif dan Ekslusif dalam Film CODA. Journal Mahasiswa Komunikasi, Volume 3 No, 2 Oktober 2023 hal. 204-2015

Sinha Dutta, Shancari. (2023). Hearing Children with Deaf Parents : Growing Up with Unique Communication Challenges. Journal Medical Life Science

Singleton, Jenny L., and Matthew D. Tittle. (2020). Deaf Parents and Their Hearing Children. The Journal of Deaf Studies Education 5(3):221-36.

Sutrisnadipraja, Grace; Nathasya Shesilia; Sheila Putri F; Weny Pandia Sembiring. (2019). Intervensi Psikoedukasi dalam Mengatasi Stigma dan dalam Gerkatin Kepemudaan. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 2(1).

Yuswati, Hanifah. Agus Setiawati, Farida. (2022). Peran Orang Tua dalam mengembangkan Bahasa Anak Pada Usia 5 6 Tahun. Journal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 6 Issue 5 (2022) Hal: 5029-5040.

Undang- Undang

[UU] UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas

Website

kemendikbud.go.id. 2023. Hari Disabilitas Internasional 2023: Kemendikbud Menggaungkan Semangat dan iklim Inklusivitas. Diakses pada tanggal 7 Januari 2024. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/hari-disabilitas-internasional-2023-kemendikbudristek-menggaungkan-semangat-dan-iklim-inklusivitas

Pusat Bahasa Isyarat Indonesia

Diterbitkan

2024-12-22