Strategi Komunikasi dalam Program Bekasi Smart City
DOI:
https://doi.org/10.21111/ejoc.v5i1.3454Keywords:
Program Komunikasi, Smart City, Strategi Komunikasi Pemerintah, Sosialisasi.Abstract
Smart City di susun Walikota Bekasi sebagai konsep kota cerdas yang bisa membantu masyarakat setempat mengelola sumber daya yang secara efektif dan efisien meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang tinggal di Wilayah Bekasi. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan strategi komunikasi pemerintah kota Bekasi dalam upaya menyukseskan Program Bekasi Smart City di Kota Bekasi. Konsep yang digunakan ialah program komunikasi dan strategi komunikasi. Metode yang digunakan yakni deskriptif kualitatif, dengan melakukan wawancara pada 5 informan, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi komunikasi pemerintah kota Bekasi menyukseskan program ialah melalui sosialisasi. Secara umum sosialisasi dilakukan (1) Pihak pemerintah kepada tim pelaksana, (2) Tim pelaksana kepada dinas terkait, (3) Dinas terkait kepada masyarakat. Meski upaya melalui strategi komunikasi sudah dilakukan, namun implementasi Program dinilai belum optimal. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman pihak terkait mengenai program Bekasi Smart City.References
Bekasi, P. K. (2017). ANALISIS STRATEGIS SMARTCITY KOTA BEKASI. Pemkot BekasiBungin, B. (2007a). Analisis data penelitian kualitatif. PT RajaGrafindo Persada.Bungin, B. (2007b). Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. (VOL. 2). KENCANA.Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Pustaka Pelajar.Devega, E. (2017). Langkah Menuju “100 Smart City.†Https://Kominfo.Go.Id/Content/Detail/11656/Langkah-Menuju-100-Smart-City/0/Sorotan_media. https://kominfo.go.id/content/detail/11656/langkah-menuju-100-smart-city/0/sorotan_mediaDiskominfo. (2017). BUKU III EXECUTIVE. Diskomstandi BekasiFirdaus, A. (2018, June 3). Transformasi Smart City Kota Bekasi. Https://Megapolitan.Antaranews.Com. https://megapolitan.antaranews.com/berita/40265/transformasi-smart-city-kota-bekasiHallahan, K., Holtzhausen, D., van Ruler, B., VerÄiÄ, D., & Sriramesh, K. (2007). Defining Strategic Communication. International Journal of Strategic Communication, 1(1), 3–35. https://doi.org/10.1080/15531180701285244Holtzhausen, D. (2011). Strategic communication. ACM International Conference Proceeding Series, 1–11. https://doi.org/10.1145/2000378.2000379Mael, M. Y. (2017). Implementasi Kebijakan Pemerintah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani melalui Program Padat Karya Pangan di Kecamatan Noemuti. Agrimor, 2(04), 48–49. https://doi.org/10.32938/ag.v2i04.321Maryuni, S. (2015). Implementation of The National Community Empowerment Program (PNPM) In Pontianak. Spirit Publik, 10(1), 19–30.Meijer, A., & BolÃvar, M. P. R. (2016). Governing the smart city: a review of the literature on smart urban governance. International Review of Administrative Sciences, 82(2), 392–408. https://doi.org/10.1177/0020852314564308Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.Mulyana, D. (2010). Metode Penelitian Komunikasi (Revisi (ed.)). PT. Remaja Rosdakarya.Mulyana, D. (2017). METODE PENELITIAN KUALITATTIF : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. PT Remaja Rosdakarya.Sandhu, S. (2009). Strategic Communication: An Institutional Perspective. International Journal of Strategic Communication, 3(2), 72–92. https://doi.org/10.1080/15531180902805429Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R and D. Penerbit Alvabeta.Tim, G. (2019). 7 Kota di Indonesia yang Mengaplikasikan Program Smart City. Https://Blog.Gamatechno.Com. https://blog.gamatechno.com/7-kota-yang-mengaplikasikan-program-smart-city/Yud. (2019). Program Smart City Kota Bekasi Dinilai Hanya Sebatas Wacana. Https://M.Radarnonstop.Co. https://m.radarnonstop.co/read/9979/Program-Smart-City-Kota-Bekasi-Dinilai-Hanya-Sebatas-WacanaZulaikha, Z., & Paribrata, A. I. (2017). Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik di Jawa Timur Tahun 2016. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 1(2), 131–162. https://doi.org/10.25139/jsk.v1i2.168
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors retain full copyright and grant Ettisal: Journal of Communication the right of first publication. The published work is simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution–NonCommercial–ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).
This license allows others to share and adapt the work for non-commercial purposes, provided proper credit is given to the author(s) and the journal, a link to the license is included, and any derivative works are distributed under the same license.
Additional Distribution Rights
Authors may enter into separate, non-exclusive agreements for the distribution of the journal’s published version of their work—such as depositing it in institutional repositories or including it in edited books—provided that the initial publication in Ettisal: Journal of Communication is acknowledged.
Pre- and Post-Publication Sharing
Authors are permitted and encouraged to share their work online (e.g., through institutional repositories, academic networking platforms, or personal websites) before, during, and after the submission process. Such practices promote scholarly exchange and can enhance the visibility and citation impact of the published work.
License Statement:
All articles published in Ettisal: Journal of Communication are licensed under the Creative Commons Attribution–NonCommercial–ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).

