Komodifikasi Bahasa Lokal Sebagai Simulakra: Studi Kasus Pojok Kampung JTV
DOI:
https://doi.org/10.21111/ejoc.v10i1.13388Keywords:
Simulakra, Bahasa Lokal, Komodifikasi, JTV, HiperrealitasAbstract
Perubahan pola konsumsi media akibat disrupsi digital telah menyebabkan banyak media konvensional mengalami krisis eksistensi. Di tengah fenomena ini, Jawa Pos Televisi (JTV) Surabaya mempertahankan eksistensinya sebagai media lokal melalui strategi simbolik, yaitu komodifikasi bahasa lokal Suroboyoan dalam program Pojok Kampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana bahasa lokal diposisikan sebagai simulacra dalam proses produksi berita dan bagaimana komodifikasi terjadi dalam ruang redaksi. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan analisis perspektif Jean Baudrillard, data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap produser, presenter, dan audiens program. Hasil menunjukkan bahwa bahasa Suroboyoan telah kehilangan referensi aslinya dan menjadi bentuk representasi hiperrealitas, praktik ini membentuk realitas simbolik dalam ruang redaksi yang sesuai dengan konsep simulacra dan simulasi dari Jean Baudrillard yang berfungsi sebagai strategi membentuk persepsi dan mempertahankan keterikatan audiens lokal. Strategi ini membuktikan bahwa simbol budaya lokal dapat direkonstruksi sebagai alat resistensi media terhadap hegemoni digital. Temuan ini menunjukkan bahwa media lokal tidak hanya memproduksi informasi, tetapi juga membentuk persepsi melalui konstruksi simbolik bahasa.References
Afwan, M. (2010). Bahasa Siaran Berita Pojok Kampung di JTV dalam Tinjauan Undang-undang Penyiaran nomor 12 Tahun 2002 (Ananlisis Isi atas Penggunaan Bahasa Suroboyoan dalam siaran berita Pojok Kampung di JTV). Muhamamdiyah Malang University.
Amanda, L. (2021). Komodifikasi Berita dalam Program Hiburan di Televisi (Studi Kasus dalam Program On The Spot Trans 7 Segmen Now On Socmed). Univeristas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Baudrillard, J. (1983). Simulations (P. Foss, P. Patton, & P. Beitchman, Eds.). New York: Semiotext(e).
Baudrillard, J. (1998). Consumer Society. London: Sage Publications.
Chistyakov, D. (2020). Media Construction of Social Reality and Communication Impact on an Individual. Proceedings of 5th International Conference on Contemporary Education, Social Sciences and Humanities - Philosophy of Being Human as the Core of Interdisciplinary Research (ICCESSH 2020), 141–144. Moscow: Atlantis Pfress.
Dharma, F. A. (2018). Komodifikasi Folklor dan Konsumsi Pariwisata di Indonesia. BioKultur, VII(1), 1–15.
Fadillah, R. S., Abdullah, A., & Besman, A. (2022). Adaptation of Convergence by Local Media Pikiran Rakyat and AyoBandung.com. Jurnal Kajian Jurnalisme, 6(1), 45. https://doi.org/10.24198/jkj.v6i1.39193
Farida, K. (2025, May 1). Daftar Perusahaan Media yang Melakukan PHK Karyawan hingga Awal 2025. Retrieved May 5, 2025, from Lombok Post website: https://lombokpost.jawapos.com/aneka/1505956274/daftar-perusahaan-media-yang-melakukan-phk-karyawan-hingga-awal-2025
Fitrianti, R. (2017). Simulacrum Media di Era Postmoern (Analisis Semiotika Jean Baudrillard dalam Narasi Iklan Kecantikan Dove Edisi ‘Dove Real Beauty Sketches’). Universitas Mercu Buana.
Harahap, H., Mazdalifah, ., & Hanim, F. (2020). Local Content Program on Television. 3rd International Conference on Social and Political Development (ICOSOP 3 2019) - Social Engineering Governance for the People, Technology and Infrastructure in Revolution Industry 4.0, 368–372. Medan: Scitepress. https://doi.org/10.5220/0010033803680372
Hariyanto, D. (2018). Komodifikasi Ibadah Umrah di Jawa Timur dalam Perspektif Baudrillard (Disertasi). Universitas Airlangga Surabaya.
Hariyanto, D., & Difa, M. F. A. (2021). Communication of Opinion Leader in Commodifying Contract Marriage in Siri Marriage Village in Pasuruan. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.21070/kanal.v9i3.1574
Hutomo, D. P., & Jusnita, R. A. E. (2020). Efektivitas Penggunaan Bahasa Suroboyoan dalam Penyampaian Berita Pojok Kampung JTV Bagi Masyarakat Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya. SOETOMO COMMUNICATION AND HUMANITIES, 01(02), 73–86. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/sch.v1i2.3109
Kasiyan. (2008). Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Yogyakarta: Ombak.
Kellner, M., Gigi, D., & Douglas, M. (2006). Media and Cultural Studies Revition Edition. Hongkong: Blackwell Publishing.
Kholifah, A. N., Sholikhah, I. M., & Wardani, E. (2021). Power and Branding: Language Commodification of Tourist Resorts. Humanus, 20(1), 21. https://doi.org/10.24036/humanus.v20i1.111026
Khusbiya, N. L. (2016). Festival Ken-Duren (Studi tentang Komodifikasi Kenduri Durian di 3wqKecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang). Universitas Jember.
Kisyani-Laksono. (2002). Bahasa Jawa Di Jawa Timur Bagian Utara dan Blambangan: Kajian Dialektologis. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Krisdinanto, N. (2017). Runtuh dari Dalam, Tekanan Komersialisasi terhadap Pagar Api Jurnalistik di Indonesia Surabaya. Tangerang: Marjin Kiri.
Liu, Y. (2022). Commodification of the Chinese language: investigating language ideology in the Chinese complementary schools’ online discourse. Current Issues in Language Planning, 23(3), 319–342. https://doi.org/10.1080/14664208.2022.2037290
Manggaga, I. P. (2018). Komodifikasi Konten Televisi Dalam Perspektif Ekonomi Politik Media. Jurnal Tabligh, 19(2), 257–276.
Mansur, S., Saragih, N., Novianti, W., Istiyanto, S. B., & Mahligai, U. (2022). Commodification of Betawi Culture of Palang Pintu festival. Informasi, 52(1), 97–118. https://doi.org/10.21831/informasi.v52i1.48825
Maryani, E., Rahmawan, D., & Karlinah, S. (2020). The implications of social media on local media business: Case studies in Palembang, Manado and Bandung. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(1), 317–333. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2020-3601-18
Miles, M. B., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). London: Sage Publication Ltd.
Mosco, V. (2009). The Political of Communication (2nd ed.). London: SAGE Publications.
Muktiyo, W. (2015a). Komodifikasi Budaya dalam Konstruksi Realitas Media Massa. MIMBAR, 31(1), 113–122.
Muktiyo, W. (2015b). Komodifikasi Budaya Dalam Konstruksi Realitas Media Massa. MIMBAR, 31(1), 113. https://doi.org/10.29313/mimbar.v31i1.1262
Musthofa, A. (2012). Komodifikasi Kemiskinan Oleh Media Televisi. Jurnal Ilmiah Komunikasi |
MAKNA, 3(1), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jikm.3.1.1-14
Muth, S., & Del Percio, A. (2018). Policing for commodification: turning communicative resources into commodities. Language Policy, 17(2), 129–135. https://doi.org/10.1007/s10993-017-9441-7
Pavlik, J. (2001). Journalism and New Media. New York: Columbia University Press.
Piliang, Y. A. (1999). Hiper-Realitas Kebudayaan. Yogyakarta: LKIS.
Purwono, N. (2020). Personal Interview. Surabaya.
Raharjo, S. (2011). Komodifikasi Budaya Dalam Televisi: Studi Wacana Kritis Komodifikasi
Pangkur Jenggleng (Universitas Sebelas Maret). Universitas Sebelas Maret, Surakarta. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol5.iss2.art7
Sumartono. (2016). Komodifikasi Media dan Budaya Kohe. THE MESSENGER, 02(VIII), 43–51.
Sutiyono, B. (2020). Personal Interview. Surabaya.
Suyasa, I. M., & Sedana, I. N. (2020). Mempertahankan Eksistensi Media Cetak Di Tengah Gempuran Media Online. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 1(1), 56–64. https://doi.org/10.54895/jkb.v1i1.314
Trisnanto, R. W. (2015). Analisis Resepsi Masyarakat terhadap Program Berita Pojok Kampung di JTV (Studi Masyarakat Jawa Timur terhadap Bahasa Suroboyoan dalam Program berita Pojok Kampung JTV). IAIN Jember.
Wahyudin, A. (2017). Commodification Broadcast Television Program on Local Television in Bandung, West Java. International Conference on Communication and Media: An International Communication Association Regional Conference (i-COME’16), 33, 00069. Kuala Lumpur: SHS Web of Conferences. https://doi.org/10.1051/shsconf/20173300069
Winiasih, T. (2010). Pisuhan dalam “bahasa Suroboyoan” Kajian Sosiolinguistik. Sebelas Maret University
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors retain full copyright and grant Ettisal: Journal of Communication the right of first publication. The published work is simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution–NonCommercial–ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).
This license allows others to share and adapt the work for non-commercial purposes, provided proper credit is given to the author(s) and the journal, a link to the license is included, and any derivative works are distributed under the same license.
Additional Distribution Rights
Authors may enter into separate, non-exclusive agreements for the distribution of the journal’s published version of their work—such as depositing it in institutional repositories or including it in edited books—provided that the initial publication in Ettisal: Journal of Communication is acknowledged.
Pre- and Post-Publication Sharing
Authors are permitted and encouraged to share their work online (e.g., through institutional repositories, academic networking platforms, or personal websites) before, during, and after the submission process. Such practices promote scholarly exchange and can enhance the visibility and citation impact of the published work.
License Statement:
All articles published in Ettisal: Journal of Communication are licensed under the Creative Commons Attribution–NonCommercial–ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).


