Strategi Komunikasi Pemasaran Berjenjang Lifeforwin Di Era Digital

Authors

  • Raden Sumantri Raharjo Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21111/ejoc.v7i1.7427

Keywords:

Startegi Komunikasi, komunikasi pemasaran, pemasaran berjenjang, pemasaran digital, lifeforwin, Communication Strategy, marketing communication, multilevel marketing, digital marketing

Abstract

AbstrakInternet mempengaruhi semua aspek kehidupan termasuk pemasaran yang bergeser ke digital.  PT Graha Sukses Mendunia dengan Brand Lifeforwin menerapkan sistem pemasaran berjenjang secara digital. Pemasaran berjenjang melalui internet diharapkan akan mempermudah pemasaran produk mereka. Strategi pemasaran digital mereka siapkan untuk mencapai keberhasilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran berjenjang  Lifeforwin di era digital. Pengumpulan data Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan dengan observasi partisipatif dan non partisipatif di web resmi perusahaan, media sosial seperti facebook, youtube, serta grup-grup anggota seperti whatsapp dan telegram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lifeforwin menggunakan strategi mendorong (Push strategy) dan Strategi Menarik (pull Strategy) yang membuat seorang member memperoleh keuntungan dari sisi produk dan peluang bisnis. AbstractThe internet affects all aspects of life including marketing which is shifting to digital. PT Graha Sukses Mendunia with Brand Lifeforwin implements a digital multilevel marketing system. Multilevel marketing through the internet is expected to facilitate the marketing of their products. Their digital marketing strategy is prepared to achieve success. The purpose of this study was to determine Lifeforwin's multilevel marketing communication strategy in the digital era. Data collection of the qualitative descriptive study was conducted by means of participatory and non-participatory observations on the company's official website, social media such as facebook, youtube, and member groups such as whatsapp and telegram. The results of this study indicate that Lifeforwin uses a push strategy and a pull strategy which makes  member’s benefit from the product side and business opportunities. 

Author Biography

Raden Sumantri Raharjo, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta

Nama : Raden Sumantri RaharjoProdi : Hubungan MasyarakatPT : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta

References

Amin, M. (2016). Strategi Pemasaran Mlm ( Multi Level Marketing ) Perspektif Ekonomi Islam Jurusan Ekonomi Syari ’ Ah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Purwokerto. IAIN Purwokerto.Arifianto, S. ;Juditha ;Christiany. (2019). Media dan Perubahan Budaya Komunikasi. Aswaja Pressindo.Arnus, S. H. (2015). Computer Mediated Communication (CMC),Pola Baru Berkomunikasi. Al Munzir, 8, 275–288.Chaffey, D. F. E. (2016). Digital Marketing. Pearson.Dwityas, N. A., Mulyana, A., Hesti, S., Briandana, R., & Kurniasari, P. M. (2020). Digital marketing communication strategies: The case of Indonesian news’portals. International Journal of Economics and Business Administration, 8(3), 307–316. https://doi.org/10.35808/ijeba/517Endarwati, O. (2021). Belanja Online Makin Digemari, E-Commerce Tumbuh 40% di 2021 : Okezone Economy. Https://Economy.Okezone.Com/. https://economy.okezone.com/read/2022/01/21/455/2535696/belanja-online-makin-digemari-e-commerce-tumbuh-40-di-2021Fani, A. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Shop Babyeye_Id Melalui Aplikasi Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Produk. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.Febrian, A. (2020). Hingga Juli 2020, pendaftar bisnis online meningkat 38,3%. Https://Industri.Kontan.Co.Id/. https://industri.kontan.co.id/news/hingga-juli-2020-pendaftar-bisnis-online-meningkat-383Fioni, R. A., Ma’ani, B., & Muhammad, F. (2019). SISTEM BISNIS MULTI LEVEL MARKETING DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi PT. Melia Sehat Sejahtera Cabang Jambi) [Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin]. http://repository.uinjambi.ac.id/1625/Hamdani, T. (2020). Bisnis MLM Marak di Tengah Pandemi, Ada Apa? Https://Finance.Detik.Com/. https://finance.detik.com/moneter/d-5228765/bisnis-mlm-marak-di-tengah-pandemi-ada-apaHaryanto. (2015). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Komunitas Pustakawan Homogen Dalam Rangka Pemanfaatan Bersama Koleksi Antar Perguruan Tinggi. Edulib, 5(1), 83–89. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2305Jain, S., Singla, B. B., & Shashi, S. (2015). Motivational factors in multilevel marketing business: A confirmatory approach. Management Science Letters, 5, 903–914. https://doi.org/10.5267/j.msl.2015.8.006Juditha, C. (2015). Pola Komunikasi Dalam Cybercrime (Kasus Love Scams). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika, 6(2), 122582.Karman. (2013). Riset Penggunaan Media dan Perkembangannya Kini - Researches on Media Uses And Its Development. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 17(1), 103–121.Kartika, I. S. ; B. B. ; M. (2021). Business Center Pt Herba Penawar Alwahida Indonesia-Halal Network International ( Hni-Hpai ) Terhadap Konsumen Di. Komunika, 4(2).Karunianingsih, D. A. (2021). Konvergensi Media pada Podcast Radar Jogja Digital dalam Publikasi Berita dan Perluasan Segmentasi Audiens. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(1), 61–80. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3528Kaźmierczak, J., & Łabuz, A. (2018). Multi-Level Marketing. Features and Controversy. Annals of Marketing Management and Economics, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.22630/amme.2018.4.1.2Khulaifi ;Finnah Furqoniah;Sarwo Edy Wibowo. (2018). Analisis Komunikasi Pemasaran PT Melia Sehat Sejahtera Kaltim. Ilmu Komunikasi, 6(4), 149–163.Lestari, P. A. (2021). Peluang Bisnis Multi Level Marketing Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Imagine, 1(1), 38–43. https://doi.org/10.35886/imagine.v1i1.184Munir, M. H. (2017). Strategi Komunikasi Multilevel Marketing PT Melia Sehat Sejahtera dalam Mempromosikan Produknya. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber. Kencana.Nasrullah, R. (2015). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus YIN Dalam Penelitian Arsitektur dan Perilaku. INERSIA, XVI(1), 92–104.Prasetyo, W. D., & Palupi. (2017). Pola Komunikasi Komunitas Rumah Hebat Indonesia. The 5th Urecol Proceeding, 314–327.Raharjo, R. S. (2017). Strategi Komunikasi Lembaga Kemanusiaan dalam Menggalang Dana Masyarakat. . Jurnal IKON, 1(5), 42–58.Rohana, R., Agustini, & Ratnamulyani, I. (2015). Strategi Komunikasi Pemasaran Multilevel Marketing Oriflame Terhadap Kepercayaan Distributor Sebagai Mitra Usaha. Komunikatio, 1(2), 73–97. http://ojs.unida.ac.id/index.php/JK/article/download/169/309Rohimin. (2016). Network Marketing: Analisis terhadap Pemasaran Jejaring dalam Penjualan Langsung Berjenjang Syariah. AlIntaj, 2, 89–98.Salim, M., Dwi Sabna Rosdian, E., & Farady Marta, R. (2022). Crsl Store Digital Marketing Communication To Increase Fashion Brand Awareness. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 6(2), 245–262. https://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/8800Sarastuti, D. (2017). Sarastuti: Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Visi Komunikasi, 16(01), 71–90.Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi dan Contoh Penelitiannya. UTM Press.

Downloads

Published

2022-06-30