Etika Pemberitaan Aksi Penolakan Penghitungan Suara Pada Pilpres 2019
DOI:
https://doi.org/10.21111/ejoc.v5i1.4291Keywords:
Kode Etik Jurnalistik, Penghitungan Suara, KPU RI, Detik.com, Republika.co.id, Journalistic Code of Ethics, Election VoteAbstract
References
Ahmad, N. (2016) ‘Media Massa, Kepentingan Publik dan Kekerasan Atas Nama Agama’, Millah, XI(2), pp. 351–378. doi: 10.20885/millah.volxi.iss2.art2.Antara (2008) Setiap Hari Terbit Lima Media Massa Baru Pasca Reformasi, Antara.com.Arifin, M. and Qorib, F. (2017) ‘Analisis Framing Berita Keterlibatan Dahlan Iskan dalam Kasus Pelepasan Aset PT Panca Wira Usaha Jawa Timur di Harian Jawa Pos dan Tempo’, JISIP, 6(3), pp. 83–87.Creswell, J. W. (2016) Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. 4th Editio. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Eriyanto (2002) Analisis Framing. Yogyakarta: LKiS.Fadli, A. M. (2018) ‘Penerapan Kode Etik Dewan Pers di Media Siber (Studi Kasus Media Online Kabarmakassar)’, Jurnal Al-Khitabah, 4(1), pp. 161–174.Fuchs, C. (2020) ‘The Ethics of the Digital Commons’, Journal of Media Ethics: Exploring Questions of Media Morality. Routledge, 35(2), pp. 112–126. doi: 10.1080/23736992.2020.1736077.Habibie, D. K. (2018) ‘Dwi Fungsi Media Massa’, Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), p. 79. doi: 10.14710/interaksi.7.2.79-86.Hikmat, M. M. (2018) Jurnalistik: Literary Journalism. Bandung: Kencana.Hill, D. T. (2011) Pers di Masa Orde Baru. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.Juditha, C. (2016) ‘News Objectivity and Journalism Ethics in Online Media: Case on BUMN Employees Recruitment (Obyektivitas Berita dan Etika Jurnalistik di Media Online: Kasus Rekrutmen Karyawan BUMN)’, Journal Pekommas, 1(1), p. 1. doi: 10.30818/jpkm.2016.2010101.Lindawati, L. (2018) ‘Menakar Kepentingan Publik dalam Jurnalisme Online Berkualitas’, in Ambardi, K. (ed.) Kualitas Jurnalisme Publik di Media Online: Kasus Indonesia. Yogyakarta: UGM Press, p. 86.Manzilati, A. (2017) Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: UB Press.McQuail, D. (2017) Mass Communications Theory. 6th Editio. London: SAGE Publication Ltd.Murani, A. (2013) ‘Aspek Hukum dan Tanggung Jawab Pers’, Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 2(1), pp. 29–39. doi: 10.24002/jik.v2i1.251.Nugroho, B. and Samsuri (2013) Pers Berkualitas Masyarakat Cerdas. Jakarta: Dewan Pers.Oetama, J. (2001) Pers Indonesia: Berkomunikasi dalam Masyarakat Tidak Tulus. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.Panuju, R. (2018) ‘Etika Jurnalistik dan Jurnalisme Bencana pada Pemberitaan Gunung Agung di Portal Berita Balipost.com’, Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(2), p. 219. doi: 10.24002/jik.v15i2.1455.Prisgunanto, I. (2018) ‘Kode Etik Jurnalistik di Kalangan Wartawan Media Massa Cetak Islam’, Jurnal Komunikasi Global, 6(2), pp. 185–199.Pura, M. H. and Kartika, R. Y. (2018) ‘Efektifitas Penerapan Prinsip Asas Praduga Tidak Bersalah Atas Penggiringan Opini yang Dilakukan Perusahaan Pers Berdasarkan Pasal 5 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers’, Jurnal Hukum POSITUM, 3(1), pp. 71–90.Qorib, F. (2017) ‘Lompatan Budaya dan Berita Hoax (Jumping Culture and Hoax)’, in Fadeli, M., Dharmawan, A., and Nurudin (eds) Turnback Hoax; Tantangan Literasai Media Digital. Surabaya: Litera & ASPIKOM Jawa Timur, p. 37.Rianto, P. (2019) ‘Perbandingan Paradigma Otoritarianisme dan Demokrasi dalam Regulasi Media Massa di Indonesia (Comparing Authoritarianism and Democracy Paradigm in Mass Media Regulations in Indonesia)’, JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 21(2), p. 123. doi: 10.33164/iptekkom.21.2.2019.123-138.Sambo, M. (2019) Media Relations Kontemporer: Teori dan Praktik. Jakarta: Prenada Media.Sari, F. M. (2014) ‘Analisis Penerapan Kode Etik Jurnalistik pada Harian Serambi Indonesia’, Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), pp. 131–139. doi: 10.14710/interaksi,3,2,131-139.Sudibyo, A. (2014) 34 Prinsip Etis Jurnalisme Lingkungan. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.Sugiyono (2012) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alvabeta.Suhardi and Qorib, F. (2019) ‘Advokasi Wartawan Korban Kekerasan Di Aliansi Jurnalis Independen Malang’, Jurnal Komunikasi Nusantara, 1(1), pp. 10–17. doi: 10.33366/jkn.v1i1.4.Suharyanti, N. P. N. (2015) ‘Perspektif HAM Mengenai Penerapan Asas Praduga Tidak Bersalah dalam Kaitannya dengan Pemberitaan di Media Massa’, Jurnal Advokasi, 5(2), pp. 123–138.Susanto, E. H. (2017) ‘Media Massa, Pemerintah dan Pemilik Modal’, Jurnal ASPIKOM, 1(6), pp. 477–484. doi: 10.24329/aspikom.v1i6.53.Thomas, W. W. (2015) ‘Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik Dalam Berita Kampanye Pemilihan Umum Calon Kepala Daerah Jawa Timur Periode 2014-2019 di TVRI Jawa Timur’, Jurnal E-Komunikasi, 3(1), pp. 1–12.Wahid, A. and Pratomo, D. A. (2017) Masyarakat dan Teks Media. Malang: UB Press.Wahidin, S. (2012) Dimensi Etika dan Hukum Profesionalisme Pers. Surabaya: Pustaka Pelajar.Waluyo, D. (2018) ‘Kebebasan Pers Era Reformasi’, Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 14(1), pp. 1–10.Widodo, Y. (2017) ‘Menyoal Etika Jurnalisme Kontemporer: Belajar dari OhmyNews’, Jurnal ASPIKOM, 1(1), p. 41. doi: 10.24329/aspikom.v1i1.7.Winarni, N. and Lestari, R. D. (2019) ‘Netizen News Sources in the Journalistic Ethics Perspective (Case Study in Online Media Jogja.tribunnews.com)’, Journal Pekommas, 4(1), p. 85. doi: 10.30818/jpkm.2019.2040109.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Ettisal : Journal of Communication, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of received articles shall be assigned to [Ettisal : Journal of Communication] as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). [Ettisal : Journal of Communication] maintain the publishing rights to the published articles.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at [Ettisal : Journal of Communication]. authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from [Ettisal : Journal of Communication] with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA (Attribution & Non-Commercial-ShareAlike)