PEMETAAN KEHALALAN PRODUK PELAKU UMKM KECAMATAN SUKASARI KOTA BANDUNG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21111/atj.v7i1.9414

Keywords:

Sertifikasi Halal, UMKM, Bahan Baku

Abstract

Sertifikasi halal sangat penting dalam memastikan dan menjaga produk halal mulai dari produksi hingga konsumsi. Namun, dalam prosesnya memiliki beberapa kendala diantaranya pengetahuan yang belum begitu dipahami dan diterapkan khususnya bagi para pelaku UMKM, karena kurangnya perhatian dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pengetahuan halal produk dan bahan baku yang digunakan serta memberikan rekomendasi atau usulan penerapan konsep halal untuk mendapatkan sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Bandung dengan spesifik di wilayah Kecamatan Sukasari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif dengan studi pustaka, wawancara sebagai metode pengumpulan data dan studi kasus sebagai teknik analisis, serta dikaitkan dengan aturan dan kebijakan yang berlaku di Indonesia. Hasil penelitian dari jumlah 53 pelaku UMKM (10% dari populasi) di wilayah Sukasari menunjukkan bahwa bahan baku yang digunakan oleh para pelaku UMKM mayoritas menggunakan bahan baku yang memiliki sertifikasi halal, namun tidak semua yang berstandar halal. Meskipun semua pedagang mengetahui pentingnya sertifikasi produk halal, hanya sebagian kecil yang berusaha untuk menjaga kehalalan produknya, oleh karena itu diperlukan sinergi antara pelaku usaha, Pemerintah atau Lembaga terkait dan konsumen untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya produk halal.

References

Dinar Standard, & Salaam Gateway. (2019). State of the Global Islamic Economy Report. www.SalaamGateway.com/SGIE19-20

DISKOPUKM Kota Bandung. Sistem Informasi Pedagang Kaki Lima (SIPKL). [diakses pada 29 Januari 2023]. Tersedia dari: https://sipkl.bandung.go.id/statistik

Jaswir, I., A.Rahayu, E., Yuliana, N. D., & Roswiem, A. P. (2020). Daftar Referensi Bahan-bahan Yang Memiliki Titik Kritis Halal Dan Substitusi Bahan Non-Halal.

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 1360 Tahun 2021, (2021).

Munir, M., Hidayat, K., Fakhry, M., & Mu’tamar, M. F. F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Halal, Kesadaran Halal (Halal Awareness) Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Madura. Agroindustrial Technology Journal, 3(2), 95. https://doi.org/10.21111/atj.v3i2.3858

Nahara, A. R., Mahardika, G. B., & Gunawan, S. (2022). Titik kritis halal olahan produk alami sebagai bahan aditif pangan. Halal Research, 2(2), 112–119. https://doi.org/https://doi.org/10.12962/j22759970.v2i2.424

Nurani, N., Nursjanti, F., Munawar, F., & Widyatama Bandung, U. (2020). Penyuluhan Sertifikasi Halal Bagi UMKM Jawa Barat Pada Situasi Pandemi Covid-19. Madaniya, 1(3). https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/24

Open Data Kota Bandung. Tahun 2020 - Data Usaha Kecil Menengah (UKM). [diakses pada 29 Januari 2023]. Tersedia dari: http://satudata.bandung.go.id/

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2021, (2021).

Salam, D. Q. A., & Makhtum, A. (2022). Implementasi Jaminan Produk Halal Melalui Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman UMKM Di Kabupaten Sampang. Qawwam: The Leader’s Writing, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32939/qawwam.v2i2.110

Saribanon, E., Purba, O., & Agushinta, L. (2019). Efektifitas Pelaksanaan Logistik Halal. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik (JMBTL), 5(3). http://library.itl.ac.id/jurnal

Sazali, A. M., & Ligte, J. S. (2019). The Importance of Halal Logistics Implementation in Indonesia in Compliance with Domestics and Global Halal Market Requirements. Jurnal Transportasi Multimoda, 17(2), 17–26. https://doi.org/10.25104/mtm.v15i1.413

Syafrida. (2016). Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Memberi Perlindungan Dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim. ADIL: Jurnal Hukum, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33476/ajl.v7i2.353

Ibnu Katsir. (2022). Tafsir Ibnu Katsir (Vol. 3). Ummul Qura.

Yuwana, S. I. P., & Hasanah, H. (2021). Literasi Produk Bersertifikasi Halal Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(2), 104–112. https://doi.org/https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i2.44

Downloads

Published

2024-04-03