Perilaku Konsumsi Muslim: Pengaruh Label Halal, Harga, dan Kualitas Produk di Kabupaten Takalar

Muslim Consumer Behavior: The Influence of Halal Label, Price, and Product Quality in Takalar Regency

Penulis

  • Nadial huda Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Najib Kasim Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.21111/jiep.v7i3.12713

Kata Kunci:

Halal Label, Price, Product Quality, Islamic Consumption Behavior

Abstrak

This research is motivated by the large number of packaged foods circulating among the Muslim community. The purpose of this research is to examines the Influence of Halal Labels, Prices, and Product Quality on Islamic Consumption Behavior on Packaged Food in Takalar Regency. This type of research is quantitative obtained from the questionnaire. The sampling technique uses simple Random Sampling. The number of samples used is 100 respondents obtained using the slovin formula. The data analysis technique used is multiple linear regression using SPSS 24. The results of the Halal Label study do not have a significant effect on Islamic consumption behavior on packaged food in Takalar Regency because the t-count value is 0.526 <t table of 1.984. Price has a positive and significant effect on Islamic consumption behavior on packaged food in Takalar Regency because the t-count value is 2.153> t table of 1.984. And Product Quality has a positive and significant influence on Islamic consumption behavior on packaged food in Takalar Regency because the t-count value is 5.932 > t-table of 1.984.

Referensi

Adenin, S. (2017). Makna Al-Dam menurut perspektif Al-Quran (Kajian Tafsir Tematik dan Kaitannya dengan Ilmu Kesehatan). UIN Suska Riau.

Adianti, S. N., & Ayuningrum, F. (2023). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Al-fatih Global Mulia, 5(1), 45-56.

Aisy, N. S. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Snack Kemasan (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(1).

Alim, S. A., Mawardi, M. K., & Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh persepsi label halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk fesyen muslim (survei pada pelanggan produk zoya muslim di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 62(1).

Akbar, A. S. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Mcdonald’s Lampung. Jurnal Ekobis Dewantara, 4(2), 59-68.

Amaliah, D., & Zulpawati, Z. (2024). Pengaruh Label Halal, Harga Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Kosmetik Skincare Melalui Aplikasi Tiktok Pada Masyarakat Di Kota Mataram. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 7(1), 703-713.

Anggraini, D. S. (2024). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan (Studi Kasus Mahasiswa Febi Uin Sts Jambi). Journal of Islamic Economy, 1(1).

Fajirin, F. B., & Indrarini, R. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Tingkat Pendapatan terhadap Perilaku Konsumsi Islami pada New Normal (Studi Kasus Masyarakat Muslim Usia Produktif di Surabaya). Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 4(2), 156-167.

Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2).

Hendarsono, G. (2013). Analisa pengaruh Experiential marketing terhadap minat beli ulang konsumen cafe buntos 99 Sidoarjo. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-8.

Iltiham, M. F., & Nizar, M. (2020). Pengaruh label halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), harga pada oleh-oleh makanan khas Pasuruan terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 11(2), 311-326.

Izzuddin, A. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal,dan Bahan Makanan terhadap Minat Beli Makanan Kuliner, Jurnal Penelitian Ipteks, 3(2), 100-114

Kahf, M. (2022). Ayat Dan Hadits Tentang Ekonomi. Komite Nasional dan Keuangan Syariah (KNES): Jakarta Pusat

Luthfatul, A., & Afandi, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Penggunaan Label Halal Serta BPOM Terhadap Minat Beli Skincare Wardah (Studi Kasus pada Mahasiswa di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(2), 336-347.

Kurniaputri, M. R. (2020). Brand equity dan labelisasi halal dalam pengaruhnya terhadap minat beli produk Lifebuoy. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 450-458.

Kurniawati, D., & Sumarji, S. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Persepsi, Sikap, Dan Norma Subyektif Terhadap Perilaku Konsumen Muslim Dalam Konsumsi Produk Pangan Halal Di Kabupaten Nganjuk. Manajemen Agribisnis: Jurnal Agribisnis, 18(1), 49-52.

Kusuma, A. M., Hikmah, M. A., & Marom, A. (2020). Pengaruh Islamic branding, kualitas produk, dan lifestyle terhadap minat pembelian produk skincare pada generasi millenial di Kabupaten Kudus. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 289-302.

Mega, A. (2018). Pengaruh Brand Image Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Baju Mulim Elzatta Ponorogo City Center (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Nafilah, K., Widarko, A., & ABS, M. K. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadapkeputusan Pembelian Dan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Study Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Yang Mengkonsumsi Mie Instan). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 8(16).

Parida, L., Arsa, A., & Subhan, M. (2023). Pengaruh Harga, Kemasan, Rasa, Variasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli (Studi Pada Usaha Gelamai Perentak Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin). Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(4), 112-126.

Purwanza, S. W. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi. CV. Media Sains Indonesia.

Rafikasari, E. F., & Fauzy, N. E. N. (2020). Pengaruh Harga, Kemasan, Kualitas Produk, Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Mahasiswa Pada Produk “Le Mineraleâ€. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(2), 266-284.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. KBM Indonesia, ban Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. bantul-yogyakarta

Shobri, H., Sugianto, S., & Harahap, M. I. (2023). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk dan Brand Awareness Terhadap Pembelian Produk Makanan Impor Kemasan. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(02).

Sihotang, M. K. (2020). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk (studi kasus pada konsumen produk PT. HNI HPAI). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Triangle, 1(2), 399-413.

Sopingi, I., Santoso, R. P., & Haryanti, P. (2023, October). Kualitas Produk Dan Harga Produk Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Dimoderasi Labelisasi Halal. In Prosiding Seminar Nasional Sainsteknopak (Vol. 7, No. 1, pp. 85-93).

Susanti, E., Sari, N., & Amri, K. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam). EKOBIS SYARIAH, 2(1), 44-50.

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96-102.

Qardhawi, Y. (1993). “Halal Haram dalam Islam.†Surakarta: Era Media

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2024-09-11

Diterima

2025-02-20

Diterbitkan

2025-02-25

Cara Mengutip

[1]
N. huda, M. N. Kasim, dan S. Wahyuni, “Perilaku Konsumsi Muslim: Pengaruh Label Halal, Harga, dan Kualitas Produk di Kabupaten Takalar: Muslim Consumer Behavior: The Influence of Halal Label, Price, and Product Quality in Takalar Regency”, JIEP, vol. 7, no. 3, hlm. 204–222, Feb 2025.

Terbitan

Bagian

Articles