ETIKA PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM BERKELANJUTAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Lovina Meyresta Wijaya
  • Muhammad Iqbal Fasa
  • prof. Suharto -

DOI:

https://doi.org/10.21111/jiep.v5i2.6804

Abstract

AbstrakEtika pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan bertujuan untuk terciptanyanya pengelola sumber daya alam secara arif dan bijaksana tanpa merusak alam sekitar, guna menopang kehidupan manusia di muka bumi ini agar kelangsungan sumber daya alam tersebut dapat menjadi koeksistensi secara suistainable dan saling menguntungkan antara sumber daya alam dan manusia sebagai pengguna. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui seberapa pentingnya penerapan etika pengelolaan sumber daya alam terhadap lingkungan dan bagaimana cara penerapan etika pengelolaan sumber daya alam tersebut, apakah telah sesuai dengan etika pengelolaan sumber daya alam dalam Islam. Sehingga nantinya, diharapkan hasil resume penelitian ini dapat diterapkan pada pengelolaan sumber daya alam pada lingkungan kehidupan manusia. Penelitian yang dilakukan berupa deskriptif menggunakan studi pustaka dan meresume dari hasil riset penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Hasilnya menunjukkan bahwa etika pengelolaan terhadap sumber daya alam sangat diperlukan untuk pembangunan berkelanjutan. Islam juga telah mengharuskan kita sebagai manusia untuk menjaga dan melestarikan alam untuk kesejahteraan umat manusia.  Dalam menerapan etika pengelolaan sumber daya alam diperlukannya beberapa prinsip, yaitu prinsip hormat atau menghargai alam, bertanggung jawab, solidaritas, kasih sayang, dan keseimbangan terhadap alam.  

References

Anam, M. S., Yulianti, W., Safitri, S. N., Qolifah, S. N., & Rosia, R. (2021). Konservasi Sumber Daya Alam dalam Perspektif Islam. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 2(1), 26–37.Asmaiyani, A., & Ismayani, I. (2021). Upaya Hukum Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dan Pengendalian Perusakan Lingkungan Hidup Terhadap Negara Berkembang. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 1(2), 15–23.Benson, G. (2021). African Traditional Religion and Natural Resource Management: The Role of Totems and Deity Worship in Ghana. American Journal of Environment Studies, 4(1), 13–37.Cholili, M. S. (2016). Konservasi Sumberdaya Alam Dalam Islam Sebagai Wujud Pendidikan dan Akhlaq Manusia terhadap Lingkungan. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 3(1), 74–86.Gosens, J., & Lu, Y. (2013). From lagging to leading? Technological innovation systems in emerging economies and the case of Chinese wind power. Energy Policy, 60, 234–250.Hanum, F., Nugrahani, E. H., & SUSANTI, S. (2015). Pemanfaatan Sumber Daya Alam Terbarukan dalam Model Sewa Ekonomi. Journal of Mathematics and Its Applications, 14(2), 57–69.Harahap, R. Z. (2015). Etika Islam dalam Mengelola Lingkungan Hidup. EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(01).Ilyas, R. (2015). Konsep Mashlahah dalam Konsumsi Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 1(1), 9–24.Iqbal, I. (2020). Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam Perspektif Ekonomi Islam. Al-Hisab: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 8–21.Jazuli, A. (2015). Dinamika hukum lingkungan hidup dan sumber daya alam dalam rangka pembangunan berkelanjutan. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 4(2), 181–197.Khalid, F. M., & Thani, A. K. (2008). Teachers guide book for Islamic environmental education. Islamic Foundation for Ecology and Environmental Sciences.Koval, V., Mikhno, I., Udovychenko, I., Gordiichuk, Y., & Kalina, I. (2021). Sustainable Natural Resource Management to Ensure Strategic Environmental Development. TEM Journal.Kurniawan, H., & Samiaji, M. H. (2017). Prinsip Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berbasis Biosentris Dalam Perspektif Islam. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 14(1), 91–102.Majid, N. (1999). Cita-cita politik Islam era reformasi. Paramadina.Mangunjaya, F. M. (2013). Islam and Natural Resource Management. Integrating Religion Within Conservation: Islamic Beliefs and Sumatran Forest Management, 11.Miao, C., Fang, D., Sun, L., & Luo, Q. (2017). Natural resources utilization efficiency under the influence of green technological innovation. Resources, Conservation and Recycling, 126, 153–161.Peck, P., & Parker, T. (2016). The ‘Sustainable Energy Concept’–making sense of norms and co-evolution within a large research facility’s energy strategy. Journal of Cleaner Production, 123, 137–154.Purba, B., Nainggolan, L. E., Siregar, R. T., Chaerul, M., Simarmata, M. M. T., Bachtiar, E., Rahmadana, M. F., Marzuki, I., & Meganingratna, A. (2020). Ekonomi Sumber Daya Alam: Sebuah Konsep, Fakta dan Gagasan. Yayasan Kita Menulis.Qur’an, A. A. (2017). Sumber Daya Alam Dalam Pembangunan Berkelanjutan Perspektif Islam. El-Jizya: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), 1–24.Rosen, M. A. (2013). Assessing global resource utilization efficiency in the industrial sector. Science of the Total Environment, 461, 804–807.Rosia, R., Amalia, A., Syarifah, A., Rahmawati, L., Syariah, N., & Miskiyah, Z. (2021). PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENCIPTAKAN HUMAN WELFARE (Perspektif Ekonomi Islam). Al Hisab: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 12–26.Sayem, M. A. (2021). Religions and Environmental Sustainability. Australian Journal of Islamic Studies, 6(1), 65–80.Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.Sonnenschein, J., & Mundaca, L. (2016). Decarbonization under green growth strategies? The case of South Korea. Journal of Cleaner Production, 123, 180–193.Wulandari, R. (2020). Metode kunjungan lapangan untuk menanamkan kepedulian terhadap lingkungan hidup. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 67–80.Yasien, M. (1996). The Definition of Fitrah. Fitrah: The Islamic Concept of Human Nature.

Downloads

Published

2022-03-17

Issue

Section

Articles