Marketing Mix Kantin Parklatz Unit Usaha Universitas Darussalam Gontor dalam Meningkatkan Minat Konsumen (Ditinjau dari Perspektif Islam)

Authors

  • Imam Haryadi UNIDA
  • Fajar Shodiq UNIDA

DOI:

https://doi.org/10.21111/jiep.v4i03.6575

Abstract

The marketing mix will be the basis for every business actor to maintain the success of the business. The main problem in this research is the application of the marketing mix of the Parklatz Canteen in increasing consumer interest at the University of Darussalam Gontor based on an Islamic perspective. So in this study aims to determine the application of the marketing mix of Kantin Parklatz in increasing consumer interest at the University of Darussalam Gontor based on an Islamic perspective. In this study, researchers used a qualitative descriptive study, the data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. Meanwhile, data analysis used data analysis model of Miles and Huberman which includes three steps, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research, that in the application of the marketing mix of Kantin Parklatz is quite effective in increasing consumer interest. Therefore, all the existing marketing mix variables have been implemented well. However, overall the application of the marketing mix has not applied it. So that in the end it affects the marketing mix related to prices and promotions, namely that there are still unsatisfactory services such as during the payment process.

References

http://unida.gontor.ac.id/unida-gontor-mendirikan-unit-usaha-dalam-kampus/ at [22.00] viewed on 2020.
Antonio, Muhammad Syafi’I. 2004, Bisnis Cara Rasulullah (Jakarta: Republika)
Ardietya. 2017, “Perilaku Konsumtif Remaja Penkmat Warung Kopi”, Jurnal Sosiologi Delima, Vol.32, No.1, (Surakarta: Universitas Sebelas).
As Shan’ani, Subulus Salam 111, terj. Abu Bakar Muhammad, Surabaya: Al Ikhlas, 1995, Cet. Ke-1.
Ayuningtyas, dan Hazami. 2018, “Strategi Marketing Mix Prespektif Ekonomi Islam pada Hotel Semesta di Kota Semarang”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.13, No.2.
Hamdani, Lupiyoadi. 2013, Manajemen Pemasaran Jasa, (Jakarta: Salemba Empat)
Hasan, Ali. 2014, Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan buku ke 1 cet ke.2 (Yogyakarta: Penerbit, CAPS)
Hasim Dinar, Nurhadi Kusumo, Sugiyanto. 2019, “Pengaruh Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Konsumen pada S Plus Indonesia”, Jurnal Prosiding Seminar Nasional Humanis, 7 Desember.
Hidayah, Nur. 2017, “Menggagas Pendidikan Berwawasan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi Islam”, Jurnal Alqalam, Vol.34, No.1, Januari-Juni.
HR. Ibnu Majah (no.2139), al-hakim (no. 2139) dan ad-daraquthni (no. 17), dalam sanadnya ada kelemahan akan tetapi ada hadits lain yang menguatkannya, dari Abu Sa’id al-khudri radhiallahu’anhu, HR. at-tirmidzi (no.1209). Oleh karena itu, hadits dinyatakan baik sanadnya oleh imam adz-dzahabi dan syaikh al-albani.
Kertajaya, Hermawan. 2005, Marketing Syari’ah, (Jakarta: Bumi Aksara)
_________________. Muhammad syakir sula. 2006, Syariah Marketing, (Bandung: PT. Mizan)
Khotler, Philip. 2010, Manajemen Pemasaran Edisi 13 (Jakarta: Erlangga)
Kurniawan, Dhika Amalia. 2018, Pengantar Pemasaran Islam, (Unida Gontor)
________________. Faisal Setiawan Fajri. 2019, “Analisis Implementasi Islamic Store Attributes dan Bauran Pemasaran dalam Perspektif Islam (Survey pada La-Tansa Gontor Departement Store Ponorogo)”, JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), Vol.4, No.2.
Lestari, Warni. Sitti Musyahidah, dan Rabaniah Istiqomah 2019 “Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Usaha Percetakan pada CV. Tinta Kaili dalam Prespektif Ekonomi Islam”, (Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol.1, No.1).
Luthfiah, A.. 2019, Marketing Mix Café Carlos dalam Peningkatan Minat Konsumen di Kota Parepare Prespektif Etika Bisnis Islam. (Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum Islam/Institut Agama Islam Negeri/Parepare).
Muhammad. 2004, Etika Bisnis Islami, (Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN)
Mulyadi, Pengakuan Dokter Briptu Yusril Sudah Tak Bernyawa Saat Tiba di RSUD Andi Makassar, at [21.49], https;//Makassar.tribunnews.com/2018/02/27/ diakses 9 Oktober 2018.
Nasuka, Moh. 2020, “Konsep Marketing Mix Dalam Prespektif Islam: Suatu Pendekatan Maksimalisasi Nilai”, (Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.5, No.1 Juni).
Nurcholifah, Ita. 2014, “Strategi Marketing Mix dalam Prespektif Islam”, Jurnal khatulistiwa-Journal Of Islamic Studies, Vol.4,No.1, Maret.
Pratiwi, Rosaria Ika. Adila Prabasiwi. 2018, “Implementasi strategi bauran pemasaran (marketing mix) pada obat bebas apotek nurbunda dari prespektif etika kefarmasian”, Jurnal Para Pemikir Vol.7, No.1, Januari.
Rachmawati, Rina. 2011, “Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran)”, Jurnal Kompetensi Teknik, Vol.2, No.1, Mei.
Rahmania, Nurul. Ahdi Topan Sofyan 2019, “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Unit Usaha Koperasi Al-Ikhlas Mart pondok pesantren Al-Ikhlas Taliwang.” (Jurnal Modal Sosial dan Ekonomi, Vol.3, No.1.
Rihmatillah, Mamlukhah. rebut Suprapto, Uliya. 2019, “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Santri Baru Pondok Pesantren Full Day Sunan Ampel,” (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, Vol.1, No.1 September).
Ruhamak, Muhammad Dian, Evi Husniati Sya’idah. 2018, “Pengaruh Word Of Mouth, Minat Konsumen dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus di Area Kampung Inggris Pare Kediri)”. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, Vol. 3, No. 2, September.
Saryono. 2013, Mekar Dwi Anggraeni, Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan, (Yogyakarta: Nuha Medika).
Silalahi Ulber. 2009, Metode Penelitian Sosial, (Bandung: Refika Aditama).
Sugiyono. 2017, Metode Penelitian Bisnin, Edisi Ketiga, cetakan kesatu, (Bandung: Alfabeta)
Syukur, Patah Abdul dan Fahmi Syahbudin. 2017, “Konsep Marketing Mix Syari’ah”, (Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari’ah, Vol.5, No.1)

Downloads

Published

2022-08-22

Issue

Section

Articles