KELAYAKAN USAHA DAN PENERAPAN MARKETING MIX ISLAMI PADA CV. RUMAH WARNA YOGYAKARTA

Authors

  • Mufti Afif UNIDA Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/jiep.v2i04.4308

Abstract

Kegiatan usaha adalah kegiatan yang meliputi aspek perencanaan, inovasi, evaluasi dan target. Calon pengusaha untuk mencapai tahapan sukses perlu membekali diri dengan beberapa skill jiwa pengusaha; yaitu riset perilaku pasar dan kecenderungan minat pasar. Memenuhi kebutuhan pasar saja tidak cukup, tapi harus memahami karakter dan minat pasar, sehingga tujuan usaha tercapai. Strategi marketing mix Islam salah satu strategi mendistribusikan produk yang adil karena kehadiran produsen disamping sifatnya memehuni kebutuhan, juga melayani konsumen sesuai dengan siafat-sifat yang diatur dalam Quran dan Sunnah. Objek kajian dilakukan di CV. Rumah Warna yang berdiri sejak tahun 2000 dan kini telah memiliki mitra usaha waralaba lebih dari 40 tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Jenis kajian karya ini adalah kajian kualitatif yang bersifat lapangan, metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi, nara sumber adalah bagian produksi dan pemasar CV. Rumah Warna Yogyakarta. Hasil kajian menemukan bahwa analisis kelayakan usaha yang dilakukan CV. Rumah Warna sesuai dengan alur perencanaan usaha, yaitu meliputi tempat, bahan produk, alat produksi, dan segmen pasar. Sedangkan penerapan marketing mix Islami di Rumah Warna ditemukan sudah memenuhi standar strategi; yang diukur dari indikator 7P (kualitas produk, harga sesuai kualitas, jujur saat promosi, tempatnya sesuai segmen pasar, kecakapan SDM, pelayanan fisik memadai, dan ketelitian saat proses produksi).

References

A. Rusdiana, 2014, Kewirausahaan Teori dan Praktik, Bandung: CV. Pustaka Setia
Abdul Mannan, 1997, Teori dan Praktik Ekonomi Islam, Yogyakarta: PT Dana Bakti Wakaf
Purnamasari dan Hedrawan, 2013, Analisis Kelayakan Biasnis Usaha Roti Ceriwis sebagai Oleh-oleh Khas Kota Batam, Jurnal Akuntansi, EKonomi dan Manajemen Bisnis, Vol. 3, No. 1
Cooper and Schindler, 2006, Metode Riset Bisnis, Jakarta: PT. Media Global Edukasi
Faimah Qadarsih, 2017, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Franchise Rumah Warna di Samarinda, e-Journal Administrasi Bisnis, Vol. 5, No. 2
Fitri Nur Irfan, 2018, Analisis Pengawasan Kualitas Produk Pada Rumah Warna Yogyakarta, Jurnal UII Yogyakarta
Kartajaya dan Syakir Sula, 2006, Syariah Marketing, Bandung: Mizan Media Utama
Husein Umar, 2007, Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama, 2007
Irawan, el. all, 1998, Pemasaran Prinsip dan Kasus, Edisi 2, Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Ita Nurcholifah, 2014, Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah, Jurnal Khatulistiwa-Journal Of Islamic Studies, Vol. 4, No. 1
Iwan Purwanto, 2008, Manajemen Strategi, Bandung: Yrama Widya
Kasmir dan Jakfar, 2007, Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Kedua, Cetakan Keempat, Jakarta: Prenada Media Group
Kotler dan Amstong, 2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran, edisi VII, terjemahan Damos Sihombing, Jilid I, Jakarta, Erlangga
Kotler dan Amstrong, 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran, edisi 13, jilid 1, Jakarta: Erlangga
Mia Erisha dan Girang Razati, 2016, Pengaruh Kinerja People Dan Physical Evidence Terhadap Keputusan Menginap (Survei Terhadap Tamu Hotel Kampung Sumber Alam Garut), Journal of Business Management Education, Vol. 1, No. 2.
Mufti dan Isna, 2018, Analisis Kelayakkan Bisnis, Strategi Pemasaran dan Modal Reliji Pada Usaha Waroeng Spesial Sambal Yogyakarta, Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Vol. VIII, No. 1
Supriyanto dan Wiwoho, 2017, Studi Kelayakan Usaha Dan Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Lele Di Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan, Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi), Vol 2. No.1
Nilam Sari, 2012, Manajemen Marketing (Pemasaran) Produk Jasa Keuangan Perbankan Dalam Perspektif Islam, Jurnal Media Syariah, Vol. XIV No. 2
Nugroho Setiadi, 2003, Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta: Kencana
Philip Kotler dan Gary Amstrong, Dasar-Dasar Pemasaran, Terjemahan oleh: Alexander Sindoro, (Jakarta: indeks Gramedia, 2003), hlm. 8
Lupiyoadi dan Hamdani, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat
Solihin Ismail, 2007, Memahami Business Plan, Salemba Empat
Suryana, 2006, Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat
Gunara dan Hardiono Sudibyo, 2007, Marketing Muhammad, Bandung: Madani Prima
Uma Sekaran dan Bougie, 2010, Research Methods for Bussinnes : a skill building approach, Fifthi edition, West Sussex: John Wiley, and Sons, Ltd.
Umar, 2001, Strategic Management in Action, Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan Wheelan- Hunger, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Magdalena, Ingrit dan Wahyu Ario Pratomo. (2012). “Analisis Efektivitas Transmisi Kebijakan Moneter Ganda Di Indonesia” Journal of Economics and Finance Volume 2 No. 11
Mayo, Regina, et al. (2014).“ Efektivitas Jalur Kredit Dalam Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Di Indonesia” Journal of Finance and Banking Volume 18 No. 1 Januari
Metwally. (1995). “Teori dan Model Ekonomi Islam” Jakarta : Bangkit Daya Insani
Mishkin, Fraderic. (1995) “Symposium on the monetery transmission mecanisme” Journal of Economic Prespective Volume 9 Nomor 4 page 4 Fall
Mishkin, Frederic. (1998) “The Economics Of Money, Banking, And Financial Markets “ Columbia University Fourth Canadian Edition
Mna, Ali and Moheddine Younsi. (2018). “The Credit Channel Transmission of Monetary Policy in Tunisia” Munich Personal RePEc Archive No. 83519 5 January
Muhammad. (2018). “Ekonomi Moneter Islam” Yogyakarta UII press
Murni, Asfia. (2009). “Ekonomika Makro” , Bandung : PT. Refika Aditama
Natsir, Muhammad. (2014). "Ekonomi Moneter dan Kebank sentralan." Jakarta: Mitra Wacana Media.
Nopirin. (1998). “ Ekonomi Moneter” 1st Book Fourth Edition Yogyakarta : BPFE
Noviasari Anisa. (2012). “Efektivitas Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Ganda Di Indonesia” Media Economy Volume 20 No. 3 Desember
Nurul Huda. (2015). “Ekonomi Pembangunan Islam” Cetakan ke-1, Jakarta Prenadamedia group
Olisaemeka, Lawrence. (2000). “Effect Of Monetary Policy On Economic Growth In Nigeria : An Empirical Investigation” Economic Series Since Annals Of Spiru Haret University
Peter. (2006).“The Monetary Transmission Mechanism” Working Paper Volume 1 No. 6
Rosadi, Dedi. (2012). Ekonometrika dan Analisis Runtun Waktu Terapan dengan Eviews. Yogyakarta: andi offset
Rusydiana, Slamet Aam, (2009). “Mekanisme Transmisi Syari’ah Pada Sistem Moneter Ganda Di Indonesia” Journal of the Bulletin of Monetary and Banking Economics April
Safaah “Peran Perbankan Syari’ah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia” Forum Studi Ekonomi Equilibrium
Sudarsono, Heri. (2017). “Analisis Efektifitas Transmisi Kebijakan Moneter Konvensional Dan Syari’ah Dalam Mempengaruhi Tingkat Inflasi” Journal of Islamic Economics and Finance Volume 3 No. 2 July
Sugianto. (2015). “Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Di Indonesia Melalui Sistem Moneter Syariah” Journal of Human Falah Volume 2 No.1 January-Juny
Syafi’i, Antonio Muhammad. Bank Syariah. (2001). Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani
Taylor, John. (1995). “The Monetary Transmission Mechanism” Journal of Economic Prespectives Volume 9 No. 4
Terence, Mills .(2004). “Time Series Techniques for Economists”, retrieved from Gujarati, Basic Econometrics, Fourth Edition, New York: The McGraw
Umar, Riski. (2012). “Analisis Efektivitas Transmisi Kebijakan Moneter Syari’ah Terhadap Pembiayaan Bagi Hasil Perbankan Syari’ah Di Indonesia Pada Tahun 2007-2012” Journal of Economics and Finance Volume 4 No. 2 January
Vendula, Hynkova, Ph.D. (2008). “Monetary Policy” 13th Chapter London: London University
Warjiyo, Perry Dan Solikin. (2003).“Kebijakan Moneter Di Indonesia” The Central Bank Series No.6 December
Wibowo, Ghafur Muhammad and Ahmad Mubarok. (2017). “Analisis Efektivitas Transmisi Moneter Ganda Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia” Economic and development journal Vol. 25 No. 2
Widarjono, Agus. (2007). Ekonometrika: teori dan aplikasi untuk ekonomi dan bisnis. Yogyakarta: Ekonisia,
William. (2003). "Econometric Analysis", Fifth edition, Canada:Pearson Education
Winarno, Wing. (2007). Analisis ekonometrika dan statistika dengan Eviews. Yogyakarta: STIE YKPN
Wiratna, and Sujarweni. (2015). “Metode penelitianbisnis & ekonmi” Yogyakarta; pustaka baru press
Yeniwati, and Novya Zulva Riani. (2010). “Jalur Kredit Perbankan Dalam Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Di Indonesia” Tingkap journal Vol. 6 No.2
Zein, Syahuri Aliman. (2015). “Apa Dan Bagaimana: Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Syari’ah Di Indonesia ?” At-Tijaroh journal Volume 1 No. 1 January-Juny

Downloads

Published

2019-11-07

Issue

Section

Articles