PENGARUH MOTIVASI DAN MARKETING MIX ISLAMI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Waroeng Spesial Sambal SS Muntilan Jawa Tengah)
DOI:
https://doi.org/10.21111/jiep.v3i03.4806Abstract
Berkembangnya bisnis makanan yang semakin pesat di Indonesia menyebabkan persaingan yang meningkat. Sebagai salah satu gerai yang bergerak di bidang bisnis makanan, warung makan Spesial Sambal merupakan salah satu gerai warung makan yang selalu dipenuhi oleh pengunjung. Setiap hari total konsumennya bisa mencapai kisaran 70-80 orang. Dalam teori diungkapkan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencapai keunggulan tersebut salah satunya dengan meninjau teori pemasaran yang mencakup 7P yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidance, dan Process serta faktor motivasi yang menentukan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah motivasi dan marketing mix islami berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari kuesioner yang dibagikan kepada 61 responden konsumen Warung makan Spesial Sambal SS Cab. Muntilan dengan metode random sampling dan metode angket skala Likert. Diolah dengan metode regersi berganda, meliputi uji t dan uji koefisien determinasi, untuk mengetahui pengaruh motivasi dan marketing mix islami terhadap keputusan pembelian. Untuk mengetahui adanya variabel pengganggu, data diuji menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi, uji autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian dengan menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel motivasi sebesar 27,7% serta marketing mix islami sebesar 21 % sisanya sebesar 51,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dicantumkan.Kata Kunci : Waroeng Spesial Sambal (SS), Motivasi Islami, Marketing mix Islami
References
اللغة العربية
القرأن الكريم
الحديث
اللغة الإنجليزية
Ahmad Alserhan, Baker. 2015, The Principles of Islamic Marketing, (London and New York)
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, (Bandung, Alfabeta,).
American Marketing Association, 2004, dikutip dari Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Alih bahasa: Damos Sihombing, (Jakarta: Erlangga, 2001), Edisi 8, Jilid ke-1, p. 67
Dhika Amalia Kurniawan dan Mohammad Zaenal, 2018, Pengantar Pemasaran Islam, Unida Gontor Press.
Fandi Tjiptono., 1996. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Penerbit Andy, Yogyakarta.
Gunara, Thorik, and Utus Hardiono Sudibyo. "Marketing Muhammad: Strategi Bisnis nabi Muhammad dalam Memenangkan Persaingan Pasar." Bandung: Takbir Publishing House 2006
Halim, Abdul. 2007, Akuntansi Sektor Publik Akuntansi keuangan daerah”, Edisi pertama, Jakarta, Salemba Empat,
J Setiadi, Nugroho. 2003 Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, (Jakarta: Kencana,).
Jerome, McCarthy, and William D. Parreault Jr. 1996"Dasar-dasar Pemasaran." Edisi kelima (alih bahasa Agus Dharma). Penerbit Erlangga, Jakarta .
Kartajaya, Hermawan. dan M. Syakir Sula, 2006. Syariah Marketing, Bandung: Mizan Media Utama
Kotler Philip, Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Penerbit Erlangga
Kotler, Philip. dan Gary Amstrong, 2003 Dasar-Dasar Pemasaran, Terjemahan oleh: Alexander Sindoro, (Jakarta: indeks Gramedia,).
Kertajaya, Hermawan Dkk. 2006, Syariah Marketing, (PT Mizan Pustaka)
Kurniawan, Dhika Amalia. dan Mohammad Zaenal, Pengantar Pemasaran Islam, Unida Gontor Press 2018.
Lupiyoadi, Rambat. dan A Hamdani, 2006 Manajemen Pemasaran Jasa, (Jakarta: Salemba Empat,
Mamang, Sangadji Etta. sopiah, 2013, Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis, (Yogyakarta : Penerbit ANDI).
Mamang, Sangadji Etta. sopiah, 2013, Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis, (Yogyakarta : Penerbit ANDI).
Mannan, Abdul. Teori dan Praktik Ekonomi Islam, 1997, Yogyakarta: PT Dana Bakti Wakaf,
Natalia, Priccila, and Mumuh Mulyana. 2014 "Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian." Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan .
Nugroho, Setiadi. Perilaku Konsumen 2015: Persektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen, Jakarta:Prenadamedia Group
Putro, Shandy Widjoyo. 2014 "Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden." Jurnal Strategi Pemasaran 2.1
Raharjani, Jeni. 2005"Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan pasar swalayan sebagai tempat berbelanja (studi kasus pada pasar swalayan di kawasan seputar Simpang Lima Semarang)." Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi (JSMO) 2.Nomor 1
Rofiqo, Azidni. “Manajemen Pemasaran Hotel Syariah Dengan Pendekatan Maqashid Syariah (Studi Pada Hotel Syariah di Solo)”, AL-INTAJ, Vol.5, No.2, September 2019
Rosyidi, Suherman. 2006 "Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro dan Makro." Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Saleh, Abdul Rahman. 2008 “Psikologi Suatu pengantar dalam perspektif Islam.” Preneda Media, Jakarta.
Sari, Nilam. 2012 “ Manajemen Marketing (Pemasaran) Produk Jasa Keuangan Perbankan Dalam Perspektif Islam”, Redaksi Jurnal Media Syariah, Vol. XIV No. 2,.
Schiffman, Leon G. 1987 "Kanuk. LL 2000,Consumer Behavior, 7 th Edition, Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey”."
Selang, Christian AD. 2013 "Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1.3.
Setiadi, Nugroho J. 2003 "Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran." Jakarta: Prenada Media .
Sigit, Soehardi. 2002 "Pemasaran praktis, Edisi ketiga." Yogyakarta, BPFE, Yogyakarta .
Suhari, Yohanes. "Keputusan membeli secara online dan faktor-faktor yang mempengaruhinya." Dinamik 13.2.
Sumarwan, Ujang. 2011"Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran." Bogor: Ghalia Indonesia
Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen, 2014 . (Bogor: Ghalia Indonesia,)
Sunyoto, Danang. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Yogyakarta, CAPS, 2014 Cetakan 1
Swastha, Basu, and T. Hani Handoko. 2000 "Manajemen pemasaran: Analisa perilaku konsumen." BPFE, Yogyakarta.
Thorik Gunara dan Utus Hardiono Sudibyo, 2007 Marketing Muhammad, (Bandung: Madani Prima,).
Wahyuni, D.U. 2008. Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda di Surabaya Barat. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 10 (1).
Zikmun Babin, 2011. Riset Pemasaran. Edisi Sepuluh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta
القرأن الكريم
الحديث
اللغة الإنجليزية
Ahmad Alserhan, Baker. 2015, The Principles of Islamic Marketing, (London and New York)
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, (Bandung, Alfabeta,).
American Marketing Association, 2004, dikutip dari Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Alih bahasa: Damos Sihombing, (Jakarta: Erlangga, 2001), Edisi 8, Jilid ke-1, p. 67
Dhika Amalia Kurniawan dan Mohammad Zaenal, 2018, Pengantar Pemasaran Islam, Unida Gontor Press.
Fandi Tjiptono., 1996. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Penerbit Andy, Yogyakarta.
Gunara, Thorik, and Utus Hardiono Sudibyo. "Marketing Muhammad: Strategi Bisnis nabi Muhammad dalam Memenangkan Persaingan Pasar." Bandung: Takbir Publishing House 2006
Halim, Abdul. 2007, Akuntansi Sektor Publik Akuntansi keuangan daerah”, Edisi pertama, Jakarta, Salemba Empat,
J Setiadi, Nugroho. 2003 Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, (Jakarta: Kencana,).
Jerome, McCarthy, and William D. Parreault Jr. 1996"Dasar-dasar Pemasaran." Edisi kelima (alih bahasa Agus Dharma). Penerbit Erlangga, Jakarta .
Kartajaya, Hermawan. dan M. Syakir Sula, 2006. Syariah Marketing, Bandung: Mizan Media Utama
Kotler Philip, Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Penerbit Erlangga
Kotler, Philip. dan Gary Amstrong, 2003 Dasar-Dasar Pemasaran, Terjemahan oleh: Alexander Sindoro, (Jakarta: indeks Gramedia,).
Kertajaya, Hermawan Dkk. 2006, Syariah Marketing, (PT Mizan Pustaka)
Kurniawan, Dhika Amalia. dan Mohammad Zaenal, Pengantar Pemasaran Islam, Unida Gontor Press 2018.
Lupiyoadi, Rambat. dan A Hamdani, 2006 Manajemen Pemasaran Jasa, (Jakarta: Salemba Empat,
Mamang, Sangadji Etta. sopiah, 2013, Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis, (Yogyakarta : Penerbit ANDI).
Mamang, Sangadji Etta. sopiah, 2013, Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis, (Yogyakarta : Penerbit ANDI).
Mannan, Abdul. Teori dan Praktik Ekonomi Islam, 1997, Yogyakarta: PT Dana Bakti Wakaf,
Natalia, Priccila, and Mumuh Mulyana. 2014 "Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian." Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan .
Nugroho, Setiadi. Perilaku Konsumen 2015: Persektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen, Jakarta:Prenadamedia Group
Putro, Shandy Widjoyo. 2014 "Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden." Jurnal Strategi Pemasaran 2.1
Raharjani, Jeni. 2005"Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan pasar swalayan sebagai tempat berbelanja (studi kasus pada pasar swalayan di kawasan seputar Simpang Lima Semarang)." Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi (JSMO) 2.Nomor 1
Rofiqo, Azidni. “Manajemen Pemasaran Hotel Syariah Dengan Pendekatan Maqashid Syariah (Studi Pada Hotel Syariah di Solo)”, AL-INTAJ, Vol.5, No.2, September 2019
Rosyidi, Suherman. 2006 "Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro dan Makro." Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Saleh, Abdul Rahman. 2008 “Psikologi Suatu pengantar dalam perspektif Islam.” Preneda Media, Jakarta.
Sari, Nilam. 2012 “ Manajemen Marketing (Pemasaran) Produk Jasa Keuangan Perbankan Dalam Perspektif Islam”, Redaksi Jurnal Media Syariah, Vol. XIV No. 2,.
Schiffman, Leon G. 1987 "Kanuk. LL 2000,Consumer Behavior, 7 th Edition, Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey”."
Selang, Christian AD. 2013 "Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1.3.
Setiadi, Nugroho J. 2003 "Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran." Jakarta: Prenada Media .
Sigit, Soehardi. 2002 "Pemasaran praktis, Edisi ketiga." Yogyakarta, BPFE, Yogyakarta .
Suhari, Yohanes. "Keputusan membeli secara online dan faktor-faktor yang mempengaruhinya." Dinamik 13.2.
Sumarwan, Ujang. 2011"Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran." Bogor: Ghalia Indonesia
Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen, 2014 . (Bogor: Ghalia Indonesia,)
Sunyoto, Danang. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Yogyakarta, CAPS, 2014 Cetakan 1
Swastha, Basu, and T. Hani Handoko. 2000 "Manajemen pemasaran: Analisa perilaku konsumen." BPFE, Yogyakarta.
Thorik Gunara dan Utus Hardiono Sudibyo, 2007 Marketing Muhammad, (Bandung: Madani Prima,).
Wahyuni, D.U. 2008. Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda di Surabaya Barat. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 10 (1).
Zikmun Babin, 2011. Riset Pemasaran. Edisi Sepuluh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta