Manajemen Redaksi Media Lokal dalam Pemberitaan Haji

Authors

  • Narayana Mahendra Prastya Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia
  • Ida Nuraini Dewi Kodrat Ningsih Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21111/ejoc.v6i1.5780

Keywords:

berita haji, manajemen redaksi, media lokal

Abstract

Abstrak Haji merupakan peristiwa yang memiliki nilai berita tinggi, sehingga media massa memberitakan rukun Islam kelima tersebut secara intens, di sisi lain tidak setiap tahun media massa dapat memberangkatkan wartawan ke Arab Saudi untuk meliput haji karena ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi dan pembatasan kuota wartawan peliput di setiap tahunnya. Berdasarkan data dari Kementerian Agama Republik Indonesia, liputan haji secara langsung cenderung dilakukan oleh media level nasional. Lantas bagiamana media lokal?  Tulisan ini bertujuan membahas mengenai manajemen redaksi media massa lokal dalam pemberitaan haji. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terhadap perwakilan redaksi dari empat media lokal yakni Kedaulatan Rakyat Group (Yoygakarta), Solopos (Solo), Radar Cirebon (Cirebon) dan SuaraNTB (Nusa Tenggara Barat). Hasil penelitian adalah tema berita berkaitan dengan kebijakan pemerintah mengenai haji, persiapan keberangkatan, jadwal kepulangan, dan kondisi jamaah haji asal wilayah tersebut selama berada di Tanah Suci. Narasumber informasi berasal dari otoritas haji di tingkat lokal dan jamaah haji yang berasal dari wilayah yang sama dengan tempat media tersebut berada. Media memanfaatkan relasi dengan jamaah untuk memperoleh informasi secara langsung selama pelaksanaan ibadah haji.  Teknik pengumpulan informasi media menggunakan cara liputan langsung utamanya di embarkasi/debarkasi serta kantor otoritas lokal haji di kota masing-masing, menggunakan website resmi Kementerian Agama, dan mengutip dari kantor berita lain.Kata kunci : berita haji, manajemen redaksi, media lokalAbstractHajj is an event that has high news value, so the mass media give intensive reports on it. On the other hand, not every year the mass media can delegate journalists to Saudi Arabia to cover the hajj event, because there are a number of requirements that must be met and quota limitation on the journalist in covering hajj news. Based on the data from Ministry of Religion Republic of Indonesia, there is a trend that the mass media at the national level often get the opportunity to cover Hajj directly. So how about the local media? This paper aims to discuss the editorial management of the local mass media in reporting the hajj. The data collection technique used interviews with editorial representatives from four local media namely Kedaulatan Rakyat Group (Yogyakarta), Solopos (Solo), Radar Cirebon (Cirebon) and SuaraNTB (West Nusa Tenggara). The research results are  the theme of news related to government policies regarding Hajj, preparation for departure, schedule for returning home, and the condition of pilgrims from the region while in the Holy Land. Local media use the local pilgrimage authorities and pilgrims from the same region where the media is located as the news sources. The media use the relationship with the pilgrims to obtain information directly during the haj pilgrimage. Media uses direct coverage, especially in embarkation / debarkation and local Hajj authority offices in each city, citing the official website of the Ministry of Religion, and/or from other news agencies as the news gathering process.Keywords: hajj news, local media, newsroom management

Author Biographies

Narayana Mahendra Prastya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia

Lecturer from Communication Department, Faculty of Psychology and Socio-Cultural Sciences, Universitas Islam Indonesia. Teach about journalism and crisis management

Ida Nuraini Dewi Kodrat Ningsih, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia

Lecturer from Communication Department, Faculty of Psychology and Socio-Cultural Sciences, Universitas Islam Indonesia. Teach about journalism and media

References

Alnajrani, H., Bajnaid, A., Elyas, T., & Masa’deh, R. (2018). Exploring the Transitional Era in Saudi Arabia Journalism Discourse and the Path towards the Right to Freedom of Expression. Modern Applied Science. https://doi.org/10.5539/mas.v12n10p1 Dewi, M. (2012). Media Relations 2.0. Jurnal Komunikasi, 7(1), 17–28. https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6396/0 Fikri, M. A., & Hardi, E. (2019). Berita Koerai: Media Penghubung Masyarakat Koerai Kampung dan Rantau 1938-1941. Galanggang Sajarah, 1(3), 408–420. https://doi.org/10.5281/zenodo.3515510 Hadi, S. (2014). Fungsi Watchdog Media Massa dalam Pemberitaan Penyelenggaraan Haji pada SKH Banjarmasin Post dan Republika tahun 2012. Master Tesis [Universitas Gadjah Mada Yogyakarta]. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/68275 Hadi, S. (2015). Komodifikasi Berita Penyelenggaraan Ibadah Haji di SKH Republika. 14(27), 51–55. http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v14i27.1226 Junaedi, F. (2014). Manajemen Media : Teori, Aplikasi, dan Riset. Yogyakarta : Penerbit Buku Litera. Kasman, S. (2019). Tradisi Jamaah Haji Orang Bugis Sepulang Dari Tanah Suci Mekah (Perspektif Kompas TV Makassar). Jurnalisa, 05(2), 241–261. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v5i2.11958 Kasman, Suf. (2020). "Potret Pelaksanaan Ibadah Haji 2020 di Tengah Pandemi Virus Corona" Jurnal Al-Mizab, Vol.1, No.1. Link : http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/almizab/article/view/16526 Kementerian Agama Republik Indonesia. (2015). Haji dalam Angka : Jumlah Jemaah Haji Indonesia dalam Seabad Lebih. https://haji.kemenag.go.id/v4/haji-dalam-angka-jumlah-jemaah-haji-indonesia-dalam-seabad-lebih Kementerian Agama Republik Indonesia. (2017). Penetapan Hasil Seleksi Calon Anggota Media Center Haji (MCH) serta Pemanggilan Pelatihan dan Pembekalan Petugas PPIH Arab Saudi Tahun 2017. Tautan : https://www2.kemenag.go.id/files/www/file/file/InfoPenting/170609_Pengumuman_MCH_2017_-_fixed.pdf Kementerian Agama Republik Indonesia (2018). Penetapan Hasil Seleksi Calon Anggota Media Center Haji (MCH) serta Pemanggilan Pelatihan dan Pembekalan Petugas PPIH Arab Saudi Tahun 2018. Tautan : https://adminku.kemenag.go.id/public/data/files/users/5/Pengumuman%20Hasil%20Seleksi%20Calon%20Anggota%20Media%20Center%20Haji%20PPIH%20Arab%20Saudi%201439H.pdf Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Penetapan Hasil Seleksi Calon Anggota Media Center Haji (MCH) serta Pemanggilan Pelatihan dan Pembekalan Petugas PPIH Arab Saudi Tahun 2019. Tautan : https://adminku.kemenag.go.id/public/data/files/users/1/files/190412_pengumuman peserta MCH 2019 (1).pdf Kementerian Agama Republik Indonesia (2020) Hasil Seleksi Paparan Program Calon Anggota Media Center Haji Kementerian Agama Tahun 1441H/2020 M. Tautan : https://adminku.kemenag.go.id/public/data/files/users/1/files/Pengumuman%20dan%20Lampiran%20Hasil%20Seleksi%20Paparan%20Program.pdf Khadziq, K. (2016). KONVERGENSI MEDIA SURAT KABAR LOKAL (Studi Deskriptif Pemanfaatan Internet pada Koran Tribun Jogja dalam Membangun Industri Media Cetak Lokal). Profetik: Jurnal Komunikasi, 10(1). https://doi.org/10.14421/pjk.v9i1.1187 Mitchell, A.; Simmons, K.; Matsa, K.E; Silver, L (2018) "Publics around the world follow national and local news more closely than international" . Tautan : https://www.pewresearch.org/global/2018/01/11/publics-around-the-world-follow-national-and-local-news-more-closely-than-international/ Ningsih, I. N. D. K., & Prastya, N. M. (2020). Kebijakan redaksi media di Indonesia dalam pemberitaan haji tahun 2020. Islamic Communication Journal, 5(2), 185–202. https://doi.org/10.21580/icj.2020.5.2.6434 Pareno, S. A. (2003). Manajemen Berita antara Idealisme dan Realita. Surabaya : Papyrus. Rahayu. (2017). Ekonomi dan Manajemen Media : Perkembangan Kajian, Otokritik, dan Eksplorasi terhadap Isu Lokalitas" dalam Manajemen Media di Indonesia (Diyah Hayu Rahmitasari (ed.)). Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Sambo, M., & Jafaruddin, Y. (2017). Pengantar Jurnalisme Multiplatform. Depok: Prenadamedia Group. Supratman, F. R. (2020). Analyzing Information about a Hajj Pilgrimage in Indonesia in the Rare Newspaper Collection of The National Library of Indonesia. Record and Library Journal, 6(2), 189–198. https://doi.org/10.20473/rlj.v6-i2.2020.189-198 Sutrisno, P. S. (2011). Fenomena Kebangkitan Industri Pers Daerah/Media Lokal. Jurnal Dewan Pers, 5, 77–90. https://dewanpers.or.id/assets/ebook/jurnal/ok_jurnal 4.pdf Tejomukti, R. A. (2017). Jamaah Haji Waiting List Capai 3.419.162 orang. https://ihram.co.id/berita/owxpdj438 Tejomukti, R. A. (2021). Tiga Negara akan Geser Indonesia Jadi Negara Muslim Terbesar. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/qnkb90430/tiga-negara-akan-geser-indonesia-jadi-negara-muslim-terbesar Tim Media Center Haji. (2014). (Jangan) Panggil Saya Haji : Catatan Haji Jurnalis di Tanah Suci. Bandung: Ruang Kata. Trianton, T. (2016). Jurnalistik Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Downloads

Published

2021-06-30