Pengaruh Word of Mouth, Electronic Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Andri Astuti Itasari Universitas Slamet Riyadi
  • Nurnawati Hindra Hastuti Universitas Slamet Riyadi
  • Agus Supriyadi Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.21111/ejoc.v5i2.5069

Keywords:

Word Of Mouth, Electronic Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Desa Wisata Sidowayah Klaten, Quality Of Services, Customers’ Satisfaction, Tourism Village Sidowayah Klaten

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, electronic word of mouth dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di desa wisata Sidowayah, Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif yaitu menjelaskan generalisasi sampel terhadap populasinya, serta untuk mengetahui hubungan atau pengaruh variabel satu dengan variabel yang lainnya. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif eksplanatif dengan penelitian survei. Populasi penelitian merupakan responden yang berkunjung di desa wisata, sedangkan teknik pengambilan sampel secara nonprobabilitas dengan menggunakan accidental sampling atau convinance sampling dengan total 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai data primer dan data sekunder didapatkan dari data arsip dan dokumen. Uji Validitas Data menggunakan Uji Product Moment dan Uji Reliabilitas Data menggunakan Uji Cronbach Alpha. Sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara uji serentak yaitu word of mouth, electronic word of mouth dan kualitas pelayanan secara bersamasama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di desa wisata Sidowayah, Klaten. Sedangkan secara individual dengan menggunakan uji parsial menunjukkan bahwa variabel word of mouth, electronic word of mouth dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dengan masingmasing nilai probabilitas sebesar 0,005 (p<0,05), 0,001 (p<0,05 dan 0,000 (p<0,05).AbstractThe aims of this research are to know how big the influence word of mouth, electronic of mouth, and quality of services toward customer’s satisfaction in tourism village of Sidowayah, Klaten. This research is a quantity explanation research; explain the generalization sample to its population and to know the relationship or influence by one variable to another. The method used is quantitaif explanatif survey research. Research population is responds who visit tourism village, Sidowayah, Klaten, and the technique of taking sample is nonprobability by using accidental sampling or convinance sampling with 96 responds. The technique of collecting data is by questionnaire as a primer data and files or documents as a seconder data. Test the validity of data is by using Testing of Product Moment and the test of reliability of data is by using Testing of Cronbach Alpha. Then, the analysis technique uses analysis double regression. The result of the research shows that test all in at once of word of mouth, electronic word of mouth and quality of services having significant influence to customer’s satisfaction in tourism village in Sidowayah, Katen. Meanwhile, individually test using partial test shows that the variable of word of mouth, electronic word of mouth and quality of services have significant influence in each value of probability in 0,005 (p<0,05), 0,001 (p<0,05 dan 0,000 (p<0,05)

References

Dash, G., Kiefer, K., & Paul, J. (2021). M a r k e t i n g - t o - M i l l e n n i a l s : Marketing 4.0, customer satisfaction and purchase intention. Journal of Business Research, 122(October 2020), 60820. https://doi. org/10.1016/j.jbusres.2020.10.016Hamdani, N. A., & Zaman, M. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasaan Konsumen Pada Pizza Express Jakarta Nizar. Jurnal Wacana Ekonomi, 16(02), 1–7.Herlambang, S. (2014). Dasar - Dasar Marketing Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta: Gosyeng Publishing.Kotler, P, Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi Keti). Jakarta: PT. Erlangga.Lavenia, B. C., Iqbal, M., & Irawan, A. (2018). Pengaruh Technology Acceptance Model (Tam) Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Go-Jek Di Kota Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis, 60(3), 52–61.Prastiyani, I., Paramita, P. D., & Fathoni, A. (2016). Pengaruh Word Of Mouth, Brand Image, Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Di SPBU 44.513.20 Campurejo Boja. Journal Of Management, 2(2), 1–20.Putranti, H. R. D., & Pradana, F. D. (2015). Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Kepuasan Konsumen dan Pengaruh Langsung dan Tak Langsung terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Mahasiswa FEB Untag di Semarang). Media Ekonomi Dan Manajemen, 30(1), 101–113.Qin, H., & Prybutok, V. R. (2009). Service quality, customer satisfaction, and behavioral intentions in fastfood restaurants. International Journal of Quality and Service Sciences, 1(1), 7895. https://doi. org/10.1108/17566690910945886Seo, E. J., Park, J. W., & Choi, Y. J. (2020). The effect of social media usage characteristics on e-WOM, trust, and brand equity: Focusing on users of airline social media. Sustainability (Switzerland), 12(4), 1–18. https://doi.org/10.3390/ su12041691Shah, F. T., Syed, Z., Imam, A., & Raza, A. (2020). The impact of airline service quality on passengers’ behavioral intentions using passenger satisfaction as a mediator. Journal of Air Transport Management, 85(April 2017), 101815. https:// doi.org/10.1016/j.jairtraman. 2020.101815Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.Sumadi. (2015). PENGARUH KUALITAS P E L AYA N A N T E R H A D A P K E P U A S A N K O N S U M E N DENGAN WORD OF MOUTH POSITIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Sumadi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(1), 10–18.Wang, C., & Teo, T. S. H. (2020). Online service quality and perceived value in mobile government success: An empirical study of mobile police in China. International J o u r n a l o f I n f o r m a t i o n Management, 52( July 2019), 102076. https://doi.org/10.1016/j. ijinfomgt.2020.102076Widarjono. (2010). Analisis Statistika Multivariat. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen, YKPN.

Downloads

Published

2021-01-04