Dakwah Digital: Eksplorasi Gerakan Filantropi Muhamamdiyah Selama Covid-19 Di Media Sosial Twitter ‘@muhammadiyah’

Al Fauzi Rahmat

Abstract

Abstrak

Tren dakwah digital di media sosial akhir-akhir ini banyak menyita perhatian beberapa organisasi Islam, termasuk Muhammadiyah sebagai organisasi Islam moderat dalam mengamalkan dakwahnya melalui twitter. Dakwah digital termasuk penyiaran terkait gerakan filantropi telah lama disiarkan melalui kanal twitternya. Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi gerakan filantropi dalam penanganan wabah Covid-19 dari tweet yang disiarkannya pada periode Maret 2020 hingga Agustus 2020. Selanjutnya, metode kualitatif eksploratif telah digunakan dalam tulisan ini. Kemudian, alat analisis penelitian menggunakan perangkat lunak NVivo 12 plus untuk menangkap intensitas 'tweet' dan mengeksplorasi tweet dakwah berbasis gerakan filantropi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Muhammadiyah sebagai organisasi Islam moderat menjunjung tinggi gerakan sosial yang tercermin dari keterlibatannya dalam upaya penanggulangan Covid-19 dengan menyebarkan praktik dakwah berbasis gerakan filantropi. Gerakan filantropi yang dilakukan oleh Muhammadiyah telah ditangkap melalui media sosial Twitternya yaitu ‘@muhammadiyah’. Tweet yang dihasilkan telah banyak menyalurkan informasi tentang kegiatan dan program yang telah dan sedang dilakukan serta menghimpun berbagai aktor yang turut andil dalam penanganannya wabah Covid-19. Muhamamdiyah telah bekerjasama dengan pemerintah pusat dan beberapa pemerintah daerah, LSM, dan pemerintah luar negeri yaitu Australia melalui Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT). Berdasarkan variabel yang diteliti menunjukkan bahwa Advokasi dan Pemberdayaan untuk dakwah berbasis filantropi Muhammadiyah memiliki 164 tweet. Variabel asosiasi memiliki intensitas 100 tweet, variabel pemberian memiliki intensitas 96 tweet, dan terakhir variabel pelayanan 210 tweet. Dengan demikian, hal ini menandakan bahwa Muhamamdiyah merupakan organisasi yang menjunjung tinggi rasa kemanusiaan melalui praktik-praktik filantropinya, terlebih pada saat wabah Covid-19 merebak.

 

Abstract

The trend of digital da'wah on social media lately has confiscated several Islamic organizations' attention, including Muhammadiyah as a moderate Islamic organization in practicing its da'wah via twitter. Digital da'wah, including broadcasts related to the philanthropic movement has long been broadcasted through its twitter channel. This paper aims to explore the philanthropic movement in handling the Covid-19 outbreak from the tweets it broadcast in March 2020 to August 2020. Furthermore, qualitative exploratory methods have been used in this paper. Then, the research analysis tool use NVivo 12 plus software to capture the intensity of the 'tweet' and explore the da'wah tweets based on the philanthropic movement. The results showed that Muhammadiyah, as a moderate Islamic organization, upholds social movements as reflected in its involvement in the effort to tackle Covid-19 by spreading the practice of da'wah based on the philanthropic movement. The philanthropic movement carried out by Muhammadiyah has been captured through its Twitter social media, namely '@muhammadiyah'. The resulting tweets have channeled much information about the activities and programs that have been carried out and brought together various actors who took part in handling the Covid-19 outbreak. Muhamamdiyah has collaborated with the central government and several local governments, NGOs and foreign governments, namely Australia, through the Australian Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT). The variables studied show that Advocacy and Empowerment for Muhammadiyah philanthropy-based da'wah have 164 tweets. The Association variable has an intensity of 100 tweets, the Giving variable has an intensity of 96 tweets, and finally, the Service variable has 210 tweets. Thus, this indicates that Muhamamdiyah is an organization that upholds humanity through its philanthropic practices, especially when the Covid-19 outbreak.

Keywords

Dakwah Digital, Filantropi, Twitter, Covid-19, Muhammadiyah, Digital Da'wah, Philanthropy, Twitter, Covid-19, Muhammadiyah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

References

Alven, A. K., & Sadasri, L. M. (2019). Relasi Antara Filantropi Melalui Crowdfunding dengan Nilai Selebritas. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 41. https://doi.org/10.24002/jik.v16i1.1860

Arfandi, H. (2020). Motif dan Strategi Gerakan Filantropi Muhammadiyah. Jurnal Muhammadiyah Studies, 1(1), 127–155. https://doi.org/10.22219/jms.v1i1.11413

Budiantoro, W. (2018). Dakwah di Era Digital. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 263–281. https://doi.org/10.24090/komunika.v11i2.1369

Don, A. G., Puteh, A., Muhamat, R., & Nasir, B. M. (2020). Pendekatan Filantropi Dakwah Dalam Membangun Kesejahteraan Masyarakat. AZKA International Journal Of Zakat & Social Finance, 1(1), 44–56. https://doi.org/https://doi.org/10.51377/azjaf.vol1no01.9

Edhlund, B., & McDougall, A. (2019). NVivo 12 Essentials. Form & Kunskap AB.

Feriyansyah, F., Iqbal, M., & Simarmata, J. (2019). Kewargaan Digital: Warga Digital Dalam Kepungan Hiperkoneksi (1st ed.). Medan: Yayasan Kita Menulis.

Fitriani, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial sebagai Sarana Penyebaran Informasi bagi Masyarakat. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 19(2), 148–152. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/2120

Harapan, H., Itoh, N., Yufika, A., Winardi, W., Keam, S., Te, H., … Mudatsir, M. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19 ): A literature review. Journal of Infection and Public Health, 13(5), 667–673. https://doi.org/10.1016/j.jiph.2020.03.019

Herlina, S. (2020). Nusantara Aplikasi Filantropi Dalam Ekonomi Islam. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(4), 186–195.

Hew, W. W. (2018). THE ART OF DAKWAH: social media, visual persuasion and the Islamist propagation of Felix Siauw. Indonesia and the Malay World, 46(134), 61–79. https://doi.org/10.1080/13639811.2018.1416757

Hidayatullah, A. F. (2016). Twitter Sebagai Media Dakwah. Teknoin, 22(1), 38–43.

Huda, T. N. (2020). Filantropi Kebudayaan. In Praktik Filantropi Sosial. Yogyakarta: Buana Grafika.

Huseng, M. (2020). Strategi Dakwah Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Di Masa Covid-19.

Ichsan, M. (2020). Islamic Philantrophy and Muhammadiyah’s Contribution to the Covid-19 Control In Indonesia. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 16(1), 114–130.

Kamarudin, M. A., Kamal, M., Syakir, M., & Safar, J. (2019). Media Sosial dan Dakwah Menurut Islam. 1(1999). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/287744111.pdf

Karim, A. (2016). Dakwah Melalui Media: Sebuah Tantangan Dan Peluang. At-Tabsyir, 4(1,Juni), 157–172.

Kurniasih, N. (2016). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial untuk Perpustakaan. Prosiding Makalah Seminar Nasional “Komunikasi, Informasi Dan Perpustakaan Di Era Global,” 1–10. Bandung: Fikiom Unpad.

Makhrus, M. (2018). Social Media Based Islamic Philanthropy To Develop Philanthropy Awareness In Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 231, 231(Amca), 365–368. https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.100

Martha, J. (2020). Pemanfaatan Diplomasi Publik oleh Indonesia dalam Krisis Covid-19. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 7(April), 121–130.

Mizanie, D., & Irwansyah. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Kehumasan Digital DI Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Komunikasi, 14(2), 149–164.

Muhaemin, E. (2017). Dakwah Digital Akademisi Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 341–356. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i2.1906

Muhammad, F. (2019). Diseminasi Dakwah Era Disrupsi 4.0 dan Literasi Media Sosial (Perspektif Jurnalisme Profetik). Jurnal Jurnalisa, 05(November 2019), 196–210. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jurnalisa/article/view/11454

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 2(1). https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial (Lutfiah, ed.). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Putra, S. D., Eldiana, T. F., & Aryani, D. (2020). Model Pengembangan Aplikasi Mobile E-Dakwah Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Prototyping Jisicom. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 4(1), 116–121.

Putri, S. I., & Anulus, A. (2020). Preventive actions to minimizing the coronavirus disease 19 ( COVID-19 ) transmissions among health workers : a systematic review. Journal of the Medical Sciences, 52(3), 110–119. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19106/JMedSciSI005203202012

Rahmat, A. F., & Purnomo, E. P. (2020). Twitter Media Platform to Set-Up Political Branding: Analyzing @Kiyai_Marufamin in 2019 Presidential Election Campaign. Nyimak: Journal of Communication, 4(1), 73–88. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v4i1.2268

Rahmawati, Y. (2019). E-filantropi : Studi Media Pergeseran Altruisme Islam Tradisional Menuju Filantropi Online Integratif Pendahuluan. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(2), 167–186.

Rizal, F., & Mukaromah, H. (2021). Filantropi Islam Solusi Atas Masalah Kemiskinan Akibat Pandemi Covid-19. Al-Manhaj: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 3(1), 35–66. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/almanhaj.v3i1.631

Rohani, & Syahrudin. (2020). Tantangan Dan Strategi Dakwah Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Ponorogo. Journal Bimbingan Konseling Dan Dakwah, 1(2).

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (First Edit). Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.

Sadly, E. (2018). Manajemen Dakwah Media Sosial : Telaah Terhadap Perkembangan Metode Dakwah Islam. Riset Manajemen & Bisnis (JRMB), 3(2), 44–50.

Sari, D. C., Purba, D. W., & Hasibuan, M. S. (2019). Inovasi Pendidikan Lewat Transformasi Digital. Yayasan Kita Menulis.

Sarmiasih, M. (2020). Politik Kesejahteraan Berbasis Filantropi Di Indonesia (Pertama; D. Efendi, ed.). Yogyakarta: Simpang Nusantara.

Sartika, D. (2020). Islam Moderat antara Konsep dan Praksis di Indonesia. Tsamratul -Fikr, 14(2), 183–198.

Suherdiana, D., & Muhaemin, E. (2018). The Da’wah of Nahdlatul Ulama and Muhammadiyah in Social Media of Facebook. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(2), 187–200. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.617

Sumadi, E. (2016). Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1), 173–190. Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/viewFile/2912/2083

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan (First Edit). Bandung: Nilacakra Publishing House.

Thaib, E. J. (2019). Problems o f Da ’wah in Social Media in Gorontalo City Communities. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 13(34), 37–53. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.4412

Wajdi, M. B. N., Iwan Kuswandi, Umar Al Faruq, Zulhijra, Z., Khairudin, K., & Khoiriyah, K. (2020). Education Policy Overcome Coronavirus, A Study of Indonesians. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 3(2), 96–106. https://doi.org/10.29062/edu.v3i2.42

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083

Zaharah, Kirilova, G. I., & Windarti, A. (2020). Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(3), 269–282. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.