Eksplikasi Kualitas Konten Peran Keluarga Pada Instagram @Kemenpppa

Penulis

  • Rustono Farady Marta Universitas Bunda Mulia
  • Joshua Fernando Universitas Bunda Mulia
  • Ruth Florencia Simanjuntak Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.21111/ejoc.v4i2.3702

Kata Kunci:

Analisis Konten, Mayring, Peran Keluarga, KPPPA, Content Analysis, Family Role

Abstrak

Abstrak Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi membuat lembaga pemerintah harus beradaptasi dengan cara penyebaran informasi kepada masyarakat. Media sosial Instagram menjadi alat pemerintah menggunakan media sosial sebagai layanan electronic goverment (E-Goverment) sebagai sarana dalam memberikan informasi yang baik serta bermanfaat untuk masyarakat. Keluarga merupakan forum pendidikan primer dalam kehidupan dan menjadi dasar penting bagi pembentukan karakter anak. Karakter yang kuat dan jiwa baik pada anak akan terbentuk dengan adanya peran keluarga yang harmonis dan dinamis. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) saat ini turut serta, selaku lembaga yang berkontribusi dalam mengedukasi masyarakat melalui media sosial Instagram @kemenpppa. Penelitian ini berusaha menganalisis layanan e-goverment KPPPA dalam upaya memberikan edukasi mengenai pentingnya peran keluarga melalui media sosial Instagram @KEMENPPPA periode Juli – Oktober 2019. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode analisis isi Mayring sebagai pisau analisis, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan teori Family Roles Communication perspektif Beth A. Le Poire untuk memahami layanan e-goverment KPPPA mengenai pentingnya peran keluarga dalam pemberdayaan anak dan perempuan Indonesia.Quality Explication Of Family Role Content Through Instagram @KEMENPPPA  Abstrack The development of communication and information technology makes government institutions have to adapt to the way of disseminating information to the public. Instagram social media is a tool for the government to use social media as an electronic government service (E-Government) as a means of providing good information that is beneficial to the community. The family is the primary education forum in life and is an important basis for the formation of children's character. Strong character and good soul in children will be formed with the existence of a harmonious and dynamic family role. The Ministry of Women's Empowerment and Child Protection (KPPPA) is currently participating as an institution that contributes to educating the public through the social media Instagram @KEMENPPPA. This study seeks to analyze the KPPPA e-government services in an effort to provide education about the importance of the role of the family through social media Instagram @kemenpppa for the period July - October 2019. This research uses the Mayring content analysis method as the analysis knife, the researcher uses a qualitative approach and the theory of Family Roles Communication Beth A. Le Poire's perspective to understand KPPPA e-government services regarding the important role of the family in empowering Indonesian children and women.

Referensi

Daftar PustakaAndini, I. (2014). KETAKSAAN TINDAK TUTUR DALAM WACANA HUMOR PADA ACARA SENTILAN SENTILUN DI METRO TV. Jurnal BAHTERA, (1), 11–19.Etikawati, A. I., Siregar, J. R., Widjaja, H., & Jatnika, R. (2019). Mengembangkan Konsep dan Pengukuran Pengasuhan dalam Perspektif Kontekstual Budaya. Buletin Psikologi, 27(1), 1. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.41079Evelyn. (2018). Komunikasi Interpersonal Antara Anak Agnostik dengan Orang Tua Beragama. Jurnal E-Komunikasi, 6(1), 1–10.F. Campbell Dale, C. J. K. (2001). INTRODUCTION TO SPECIAL ISSUE. Community College Journal of Research and Practice, 25(9), 667–673. https://doi.org/10.1080/106689201753199599Furqon, M. A., Hermansyah, D., Sari, S., Sukma, A., Akbar, Y., & Rakhmawati, N. A. (2018). Analisis Sosial Media Pemerintah Daerah di Indonesia Berdasarkan Respons Warganet. Jurnal Sosioteknologi, 17(2), 2–4.Hanitzsch, T. (2001). Teori Sistem Sosial dan Paradigma Konstruktivisme: Tantangan Keilmuan Jurnalistik di Era Informasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 2(2), 217–229.Hidayati, F., Kaloeti, D. V. S., & Karyono. (2015). Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 17(2), 81. https://doi.org/10.26486/psikologi.v17i2.687Kumalaningtyas, N., & Sadasri, L. M. (2018). CITRA TUBUH POSITIF PEREMPUAN DALAM IKLAN VIDEO DIGITAL (STUDI FEMVERTISING PADA IKLAN DOVE REAL BEAUTY). JURNAL DIAKOM, 1(2), 62–73.Marta, R. F., & Rieuwpassa, J. S. (2018). Identifikasi Nilai Kemajemukan Indonesia Sebagai Identitas Bangsa dalam Iklan Mixagrip Versi Keragaman Budaya. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 37. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.15416Mayring, P. (2014). Qualitative content analysis: theoretical foundation, basic procedures and software solution. In SAGE Open (Vol. 4). https://doi.org/10.1177/2158244014522633Mulyana, E. H., Gandana, G., & Muslim, M. Z. N. (2017). Kemampuan Anak Usia Dini Mengelola Emosi Diri Pada Kelompok B Di TK Pertiwi DWP Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 214–232.Poire, B. A. Le. (2005). Theoretical Approaches to Understanding Communication in the Family. Family Communication Nurturing and Control in Changing World, 53–82.Rahmawati, D., & Anindhita, W. (2016). Potensi Media Daring Menciptakan Komunitas Informasi. Jurnal Bakrie, 730–736.Ramadhani, R. F., Iswinarti, I., & Zulfiana, U. (2019). Pelatihan kontrol diri untuk mengurangi kecenderungan internet gaming disorder pada anak usia sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(1), 81. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i1.7837Retnowati, S., Widhiarso, W., & Rohmani, K. W. (2003). PERANAN KEBERFUNGSIAN KELUARGA PADA PEMAHAMAN DAN PENGUNGKAPAN EMOSI. Jurnal Psikologi, 30(2), 91–104. https://doi.org/10.22146/JPSI.7028Satya Yoga, D., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1241Setyaningsih, R. (2017). Literasi Media Mahasiswa Guru Pondok Modern Darussalam Gontor. ETTISAL Journal of Communication, 2(2), 1. https://doi.org/10.21111/ettisal.v2i2.1455Syukur, A. (n.d.). PERAN PENGASUH MEMBENTUK SIKAP SOSIO EMOSIONAL ANAK (Studi Kasus di Panti Asuhan). Jurnal Paud Trunojoyo, 2(1), 1–7.Yohana Susetyo Rini. (2014). Komunikasi Orangtua-Anak dalam Pengambilan Keputusan Pendidikan. JURNAL INTERAKSI, 3(2), 112–122. https://doi.org/10.14710/interaksi,3,2,112-122Yunita, N. P., & Aprianto, R. D. (2018). KONDISI TERKINI PERKEMBANGAN PELAKSANAAN E-GOVERNMENT DI INDONESIA : ANALISIS WEBSITE. Jurnal SENTIKA, 2018, 329–336.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-29