Pola Komunikasi Dinas Sosial Kota Yogyakarta Dalam Program Keluarga Harapan

Siti Noor Fauziah, Astri Wulandari

Abstract

Abstrak

Kemiskinan yang terjadi di negara ini masih menjadi masalah yang patut diperhatikan dan diperlukan adanya solusi untuk menanggulanginya. Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program penuntasan kemiskinan. Bentuk dari Program Keluarga Harapan sendiri yaitu dengan pemberian bantuan tunai bersyarat kepada Keluarga Sangat Miskin untuk meningkatkan kesadaran dalam bidang kesejahteraan masyarakat, kesehatan dan kemiskinan. Tujuan dari penelitian ini sendiri yaitu untuk mengetahui pola komunikasi Dinas Sosial Kota Yogyakarta dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Teknik analisis data yang digunakan ini adalah analisis kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian dari analisis Pola Komunikasi dan Kinerja Dinas Sosial Kota Yogyakarta dalam Program Keluarga Harapan yaitu pola komunikasi yang terjalin antara atasan dan bawahan sudah terjalin dengan baik. Begitu pula dengan kinerja pendamping yang sudah baik dalam melakukan pendampingan. Namun pada kenyataannya masih ditemui keluarga penerima manfaat yang kurang tepat sasaran. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan proses pengawasan pengawasan belum maksimal dikarenakan masih adanya penerima yang tidak tepat sasaran. Hasil penelitian diharapkan dapat berkontribusi terhadap pengembangan keilmuan Ilmu Komunikasi.

Abstract

Poverty in this country is still being problem with attention and solution to deal with it. The Keluarga Harapan Program is one of poverty alleviation program. The form of Keluarga Harapan Program is giving provison of Conditional Cash Transfers poornes family to increase awareness in the welfare community, health and proverty. The purpose of this research is to find out the communication pattern of the Yogyakarta City Social Service in the Keluarga Harapan Program. Data analysis technique used in this research is analistic in qualitative analysis. The result from the research is communication patterns that occurbetween the leader and employees in the social service has been established and are going well. It same with companion performance who did work. But in reality there are still families of beneficaries who are not on target. The conclusion in this study were in the impplementation of Keluarga Harapan Program the process has not been maximized because who are get the beneficiaries are not on target.

Keywords

Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan bersyarat, Keluarga Sangat Miskin, Conditional Cash Transfers, Keluarga Harapan Program, Leader and employee

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 4 times

References

Edi, S. (2009). Kemiskinan dan Perlindungan Sosial di Indonesia. Menggagas Model Jaminan Sosial Universal Bidang Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

J, M. L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

No Title. (n.d.-a).

No Title. (n.d.-b). Retrieved March 1, 2019, from dinsos.jogjaprov.go.id.

Sugiyon. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.