IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DIRUMAH KERAJINAN KREATIF RIDAKA PEKALONGAN

Authors

  • Arie Rachmat Sunjoto Unida Gontor
  • Lalu Musa Dil Piero Unida Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/jiep.v2i04.4309

Abstract

Etika Bisnis Islam sangat penting sebagai suatu kebutuhan dalam bisnis, dan cara untuk mengembalikan nilai moralitas dan spiritualitas sekelompok bisnis untuk menjalankan bisnis sesuai dengan etika bisnis yang benar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui etika bisnis dalam Islam, dan menganalisa tentang implementasi etika bisnis Islam di Rumah Kerajinan Kreatif Ridaka Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah prinsip etika bisnis Islam yang mencangkup prinsip ‘ibadah, khalifah, shidq, ‘adl, ta’awun, ihsan. Ridaka Pekalongan telah menerapkan etika bisnis Islam. Terbukti dari visi, misi, serta tujuan Ridaka Pekalongan untuk menjadi sarana bisnis yang bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, sehingga bisa menurunkan tingkat kemiskinan khususnya didaerah Pekalongan dan menjadi sarana bisnis yang bermanfaat bagi ummat. Ridaka Pekalongan harus bisa memperluas jaringan bisnis, sehingga banyak masyarakat yang bisa ikut produktif dan bisa memperbaiki perekonomian daerah sesuai dengan etika bisnis Islam. Ridaka Pekalongan juga harus bisa memperhatikan aspek etika bisnis Islam lain seperti mewajibkan para karyawan untuk berbusana sesuai dengan syari’at Islam agar realisasi etika bisnis Islam di Ridaka Pekalongan dapat berjalan dengan optimal.

References

A.Kadir, Thurayya, interview by Lulu Musa Dil Piero. Etika Bisnis Islam (Oktober 15, 2019).
Abdurrahim, Ahim. 2017, Ekonomi dan Bisnis Islam. Depok: Rajawali Press
Aedy, Hasan. 2011, Etika Bisnis Islam. Bandung: Alfabeta
Alma, Buchari. 2016, Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta
Ardi, Mulia. "“Diskursus Etika Bisnis Islam dalam Bisnis Kontemporer"." Jurnal AN-NISBAH, Vol. 1, No. 2, 2015: 49.
Arjiyanto, Agus. 2012, Etika Bisnis bagi Pelaku Bisnis. Jakarta: Pt Grafindo Persada
Aziz, Abdul. 2014, Etika Bisnis Prespektif Islam. Bandung: Alfabeta
Aziz, Nashruddin dan Erwati. Etika Islam dalam Berbisnis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Bukhari, Bukhari dan Shahih. Riyadhu As-Shalihin 1412 H. Beirut, Damaskus, Oman: Al-Maktabi Al-Islami, 1412 H/1992 M.
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan. ”Pekalongan Kota Kreatif Dunia”, . April 4, 2014. www.cnnindonesia.com (accessed Juli 17, 2019).
Fahmi, Irfan. Etika Bisnis Teori dan Solusinya. Bandung: Alfabeta, 2015.
Hulaimi, Ahmad. "“Etika Bisnis Islam Pedagang Sapi dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Pedagang Dikecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur"." Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari’ah “Iqtlshadia”, Vol. 3, No. 2, 2016: 351.
K.Bertnes. 2013, Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisisus
Keraf, Sony. 1998, Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius,.
Rifa'i, Veitzhal. 2012 Islamic Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka
Sudaryono. 2015, Pengantar Bisnis (teori dan contoh kasus). Yogyakarta: Andi Offset
Trhargo, 2017 Gatot. Survai Fraud Indonesia 2016. Jakarta: ACFE Indonesia Chapter.

Downloads

Published

2019-11-07

Issue

Section

Articles