Pengaruh Kualitas Pelayanan Syariah Terhadap Kepuasan Konsumen

Authors

  • Yoyok Suyoto Arief
  • Muhammad Yusuf Alfarizy

DOI:

https://doi.org/10.21111/jiep.v2i03.3779

Abstract

Berkembangnya bisnis makanan yang semakin pesat di Indonesia menyebabkan persaingan yang meningkat. Sebagai salah satu gerai yang bergerak dibidang bisnis makanan, Warung makan Spesial Sambal SS harus memiliki keunggulan dalam bersaing untuk tetap dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencapai keunggulan tersebut adalah dengan menawarkan harga yang terjangkau, memberikan kualitas pelayanan yang baik serta menghasilkan produk-produk yang unggul sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kualitas Pelayanan Syariah dapat mempengaruhi Kepuasan  konsumen.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari kuesioner yang dibagikan kepada 60 responden konsumen Warung makan Spesial Sambal SS Muntilan dengan metode random sampling dan metode angket skala Likert. Di olah dengan metode regersi linear sederhana, meliputi uji t dan uji koefisien determinasi, untuk mengetahui pengaruh kualitas Pelayanan Syariah terhadap Kepuasan konsumen. Dan untuk mengetahui adanya variabel pengganggu, data diuji menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi, uji, autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian dengan menunjukkan bahwa variabel Kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel Kualitas Pelayanan Syariah sebesar 6,6 %, dan sisanya sebesar 93,4 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dicantumkan  dalam penelitian ini.

References

Adam,Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa, (Bandung: Alfabeta) .
Akhmad, Fauzan .2017. “Teori perilaku konsumen” Per 2 oktober 2017 <http://lppm.universitasazzahra.ac.id/ teori perilaku konsumen dalam perspektif ilmu ekonomi islam/> .
Harahap,Ramadhan. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Cepat Saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan” Jurnal Manajemen Tools Vol.7 No.1
Haryanto Avita Resty. 2013. “Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado” Jurnal Riset Ekonomi, Managemen, Bisnis, Vol.1,No.4.
Lupioyadi,Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa,(Jakarta:Salemba empat),
Pontoh Michael B., et. al. 2014. Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Cabang Manado, Jurnal Emba, Vol. 2 No. 3 September.
Putra Pratama Rizki dan Herianingrum Sri, 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Bri Syariah Surabaya Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Vol. 1 No. 9 September.
Rangkuti, 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan konsumen Pada bisnis Jasa Transportasi Gojek” Skripsi.
Tjiptono Fandy dan Diana Anastasia (ed.) 1996. Total Quality Management, (Yogyakarta: Andi Ofsee,).
Wigati Sri. 2011 "Perilaku Konsumen dalam perspektif islam " Jurnal Maliyah Vol.1 No.1.

Downloads

Published

2019-08-06

Issue

Section

Articles