STUDENT PERCEPTIONS OF SAVINGS PRODUCTS IN SHARIA BANKING (Case Study Student University of Darussalam Gontor Campus 6, Magelang)

Authors

  • Hisyam Armana Linggawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21111/jiep.v2i03.3778

Abstract

Dengan tujuan untuk ikut andil dalam perkembangan perbankan Syariah di indonesia, maka perspsi terhadap perbankan Syariahpun harus ikut dibenahi, faktanya adalah pengetahuan dan persepsi masyarakat terhadap perbankan syariah masih keliru, bukan hanya dikalangan masyarakat umum tetapi juga dikalangan pelajar, pengusaha, ulama, dan pemuda atau para mahasiswa bahkan ummat islam sendiri. Untuk ikut andil dalam pertumbuhan perbankan Syariah yang juga merupakah perintah agama islam yang tidak lain adalah bentuk ketaatan menjalankan syariat dan untuk menjauhi transaksi-transaksi haram. perlu bagi kita untuk meluruskan persepsi bahwa keputusan menggunakan perbankan Syariah bukanlah hanya karna alasan hal-hal duniawi maupun untung-rugi semata tetapi juga merupakan suatu bentuk ketaatan pada rabb-Nya yakni syariat islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap produk tabungan di perbankan Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Teknik pengambilan data observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan 38 responden yang akan diolah dengan metode pengolahan data Model Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian tersebut peneliti berkesimpulan bahwa persepsi mahasiswa terhadap produk simpanan di perbankan Syariah terbangun oleh latar belakang dan pengalaman serta pemahaman tentang produk tabungan perbankan Syariah diperkuliahan.

References

القرآن الكريم

Antonio, Muhammad, Syafi’I. 2001. Bank Syariah Dari Teori ke Praktek. Jakarta: Gema Insani.
Dayshandi, Dody. 2015. Pengaruh Persepsi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Pragram Studi Perpajakan Untuk Berkarir Dibidang Perpajakan.” in Jurnal Perpajakan, Vol.1, No.1.
Fajaruddin, Ahmad. 2016. Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap konsumen terhadap Keputusan Pembelian.” in islamic economics journal, Vol. 2, No.1.
Ghoni, Abdul. 2011. The Influence of Factor Of Cultural, Social, Personality And Psychology On Customer Behavior Studies In Real Estate Main Griya Banjardowo Semarang.
Hadi, Sutrisno. 2016. Metodologi Reset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husein, Yunus, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan Sebagaimana Telah Diubah Dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998”, Direktur Direktorat Hukum Bank Indonesia.
Indrianto, Nur. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Edisi Pertam.
Jalal al-Din Abd al-Rahman Ibnu Abi Bakr al-Suyuthi. 1987. al-Asybah wa al-Nazha'ir fi Qawa'id wa Furu' Fiqh al-Syafi'iyyah. Beirut: Dar al-Kitab al-'Arabi.
Junaidi. 2015. Persepsi Masyarakat untuk Memilih dan Tidak Memilih Bank Syariah (Studi Kota Palopo).” in Jurnal Fokus Bisnis, Vol. 14, No. 2.
Karim, Adiwarman. 2004. Bank Islam Ananlisis Fiqih Dan Keuangan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Kasmir. 2000. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (Edisi Baru). PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Kurniati. 2012. Analisis Persepsi dan Preferensi Nasabah Muslim dan Nasabah Non-Muslim Dalam Keputusan Memilih Perbankan Syariah di Provinsi DIY”, in Jurnal Ekonomi syariah indonesia, Vol.2 No.2.
Maisya, Fitri. 2012. Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan Dan Hubungan Masyarakat Terhadap Keputusan Menabung Di PT. Bank Negara Indonesia, Tbk. Cabang Bukit Tinggi.
Martadi, Indiana, Farid. 2006. Persepsi akuntan, Mahasiswa Akuntansi, Dan Karyawan Bagian Akutansi Dipandang Dari Segi Gender Terhadap Etika Bisnis Dan Etika Profesi (Studi Di Wilayah Surakarta).” in Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.
Maski, Ghozali. 2010. Analisa keputusan nasabah menabung: Pendekatan Komponen dan Model Logistik Studi Pada Bank Syariah di Malang”, in Journal of Indonesian Applied Economics, Vol. 4, No.1.
Maulidizen, Ahmad. 2016. Riba, Gharar Dan Moral Ekonomi Islam Dalam Perspektif Sejarah Dan Komparatif: Satu Sorotan Literatur”, in Jurnal Ekonomi Islam, Vol.7 No.2.
Pertiwi, Dita. 2012. Analisis Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Muamalat di Kota Kisaran”, in Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol.1 No.1.
Prasanjaya, Yogi. 2013. Analisis Pengaruh Rasio Car, Bopo, Ldr Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Bank Yang Terdaftar Di Bei”, in E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4.1.
Putra, Firmansyah. 2017. Pengaruh Perkembangan Bank Umum Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode 2010-2015”, in Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, Vol. 4 No.12.
Rahmawati, Nur. 2013. Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Dalam Iklan Sabun Mandi Lux Terhadap Perilaku Konsumen di Kelurahan Sungai Dama Samarinda.” in Journal Ilmu Komunikasi, Vol. 1, No.1.
Regar, Rifka. 2016. Analisis Pemberian Kredit Mikro Terhadap Peningkatan Nasabah Studi Pada Pt. Bank Sulutgo Cabang Manado”, in Jurnal Administrasi.
Rusdianto, Hutomo. 2016. Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating Di Pati”, in Jurnal Ekonomi Syariah, Vol.4.
Rusdianto, Hutomo. 2016. Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating Di Pati.” in Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 4, No. 1.

Downloads

Published

2019-08-06

Issue

Section

Articles